WhatsApp-Button
Sistem Administrasi Pasien Rumah Sakit

Sistem Administrasi Pasien Rumah Sakit

  2020-02-20 16:38:03     Ulti Desi Arni     Dibaca 454 kali

Dalam sebuah bidang kerja pelayanan seperti rumah sakit, selain keselamatan hal lainnya yang harus diperhatikan adalah terkait pelayanan. Dimana pelayanan ini juga mempengaruhi terhadap keselamatan pasien, contoh sederhana ketika ada pasien darurat namun pelayanan tidak baik dan petugasnya tidak sigap tentu saja akan berdampak kepada jiwa pasien. Bisa dengan administrasi yang lama ini malah membuat pasien harus kehilangan nyawanya.

Selain itu, terkait pelayanan yang lama dan tidak bagus bisa saja memperparah penyakit pasien. Karena mereka merasa kecewa dengan pelayanan terlebih lagi persoalan administrasi pasien yang begitu rumit serta membutuhkan waktu lama. Administrasi Pasien di Rumah sakit merupakan bagian dari pelayanan. Baiknya sebuah pelayanan administrasi bisa mencerminkan kualitas rumah sakit tersebut.

Kita tahu bahwa pasien yang datang tidak sedikit setiap harinya, dan setiap pasien yang datang tersebut harus melewati proses administrasi terlebih dahulu sebelum di ambil tindakan. Administrasi ini berlaku untuk pasien lama atau pasien baru hanya saja alurnya berbeda, pasien baru tentu memiliki alur lebih panjang dibanding pasien lama.

Secara sederhana proses pendaftaran ini, pasien datang mengambil no antrian, kemudian pasien menunggu antrian. Setelah mendapatkan no antrian maka menunggu petugas pendaftaran memanggil no antrian.

Pada proses pendaftaran biasnya petugas akan menanyakan apakah sebelumnya pasien pernah mengalami penyakit yang sama atau belum. Lalu diminta melengkapi data diri pasien baik itu Kartu Berobat / KTP / KK / identitas lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Evaluasi Online Sekolah Smart School

Jika Pasien belum pernah berobat atau pasien baru maka petugas pendaftaran mendaftarkan data diri pasien dan mencetak data tersebut untuk mendapatkan tanda tangan formulir persetujuan pemberian data diri pasien. Setelah data pasien baru berhasil didapatkan, berikutnya adalah proses pendaftaran ke pelayanan yang dituju. Untuk pasien lama juga langsung ke proses pendaftaran ke pelayanan yang dituju bisa itu Rawat Jalan Medical Checkup, Penunjang Medis atau Rawat Inap dan bisanya petugas akan mencari berkas riwayat medis sebelumnya.

Sebenarnya tidak berhenti disana saja, setelah pasien melakukan pendaftaran ke pelayanan dituju langkah selanjutnya pihak pendaftaran juga akan meminta informasi terkait pembayaran yang akan digunakan. Bisa pembayaran pribadi atau menggunakan asuransi kesehatan. Jika pembayaran langsung tanpa asuransi mungkin proses tidak terlalu rumit, karena setelah mendapatkan data pasien bisa langsung menjalani pelayanan kesehatan yang dituju.

Berbeda halnya jika dengan pasien asuransi, mereka harus menyerahkan persyaratan sebagai bahan bukti asuransi. Nah, semua data itu tentu saja sifatnya sangat penting dan jika disimpan secara manual dalam tumpukan kertas saja maka akan sangat rentan sekali dan juga kurang efektif.

Bisa saja berkas yang sudah diminta bercampur antara satu pasien dengan pasien lainnya, atau rentan rusak dan kemungkinan terburuk lainnya. Selain itu, sebagai wadah penyimpanan semua data tersebut membutuhkan space ruangan yang banyak. Semakin banyak pasien maka semakin banyak map kabinet yang dibutuhkan untuk menyimpan data tersebut.

Semua itu tentu saja akan berbeda jika rumah sakit menggunakan Sistem Administrasi Pasien. Sebagaimana kita tahu, bahwa teknologi digital yang hadir saat ini memberikan banyak sekali kemudahan dalam beberapa aspek kehidupan. Digitalisasi bisa meringkas alur yang lama menjadi singkat, pekerjaan rumit jadi mudah. Salah satunya dalam bidang kesehatan ini.

Menggunakan Sistem Administrasi Pasien ini tentu saja semua data pasien akan tersimpan dalam satu database dan pastinya tidak membutuhkan banyak ruangan penyimpanan. Selain itu jika pasien lama, bagian pendaftaran cukup memverifikasi dengan mencari data pasien lalu mengklik pada menu pilihan tujuan perawatan sehingga poli yang dituju langsung mendapatkan informasi akan ada pasien butuh perawatan. Tidak ada lagi namanya perawat mondar mandir mengantarkan berkas pasien.

Di dalam sistem Administrasi Pasien dalam SIM RS ini terdapat beberapa menu yang mendukung kemudahan tersebut.

  • Pendaftaran dan Administrasi Pasien

Pada menu ini dapat langsung menginputkan langsung data pasien dan data tersebut akan tersimpan otomatis ke dalam sistem.

  • Master Data Pasien

Semua data pasien yang sudah terdaftar akan mudah ditemukan pada data master, disini akan muncul jumlah pasien dan bisa dicari berdasarkan nama atau indeks lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Beasiswa Online Sekolah Smart School

  • Penjadwalan Dokter

Memudahkan dalam proses perawatan, sistem juga menyediakan jadwal dokter agar pasien tidak berlama-lama menunggu ketidakpastian dokter yang memiliki jadwal praktek.

  • Tujuan (Poly, Laboratorium, Radiologi atau unit layanan lainnya)

Ketika pasien datang pada proses administrasi ini, petugas bisa langsung memilih unit pelayanan hendak dituju pasien dan data pasien langsung terkirim ke unit tersebut bahkan juga bisa dibaca oleh dokter yang akan menangani pasien.

  • Pembayaran

Pada menu ini, petugas bisa memilih cara pembayaran yang akan dilakukan pasien apakah pakai BPJS, Asuransi atau secara mandiri untuk memudahkan pada penagihan nantinya.

  • Manajemen Farmasi

Sistem manajemen Inventaris dan Farmasi yang terintegrasi penuh.

Fitur-fitur di atas adalah sebagian kecil dari fitur lainnya yang tentu saja akan menjadi solusi tepat terkait permasalahan rumah sakit dalam pendaftaran ini. Sistem Administrasi Pasien Rumah sakit ini bisa anda dapatkan dari Garuda Cyber Indonesia.

Garuda Cyber adalah perusahaan IT sekaligus konsultan IT yang siap menjadi partner dalam permasalahan IT rumah sakit anda dengan produk unggulan mereka yaitu Smart Medical. Sesuai namanya, Smart Medical adalah sistem manajemen rumah sakit yang saling terintegrasi yang mendukung rumah sakit untuk bisa cerdas dalam banyak hal. Cerdas dalam meningkatkan pelayanan hingga cerdas dalam memanajemen waktu.

Banyak keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh Garuda Cyber untuk kemudahan rumah sakit anda, apalagi sebelum membangun aplikasi yang dibutuhkan anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait permasalahan kepada tim Garuda Cyber. Garuda Cyber adalah mitra tepat dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan rumah sakit anda.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia