WhatsApp-Button
Strategi yang Efektif dalam Online Marketing untuk Brand

Strategi yang Efektif dalam Online Marketing untuk Brand

  2020-02-20 15:09:43     Ulti Desi Arni     Dibaca 98 kali

Dalam memasarkan sebuah brand secara online tentu saja anda membutuhkan strategi marketing online yang efektif untuk mendatang banyak pelanggan. Tidak hanya sekedar membeli satu kali saja namun sekaligus berhasil membeli produk yang anda tawarkan secara berlangganan.

Jika kamu menggunakan strategi yang tepat dalam memasarkan produk kamu secara online maka besar peluang bahwa brand kamu untuk dikenal oleh orang banyak bahkan bisa saja brand kamu terkenal. Tentu saja memasarkan produk secara online saat ini dapat kita katakan cara yang cukup efektif, pasalnya hampir seluruh penduduk di dunia tidak terlepas dari yang namanya gadget dan internet.

Mereka menggunakan smartphone mereka untuk berselancar di dunia maya, baik itu mencari sebuah informasi atau untuk bermedia sosial. Apalagi banyak sekali media sosial hadir yang menambah sebagian besar orang lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya ketimbang di dunia nyata. Melihat fakta yang ada tersebut, tentu saja itu bisa menjadi peluang untuk kamu dalam mengatur strategi marketing untuk produk kamu.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba dalam memasarkan brand secara online baik itu bisnis kamu skala besar ataupun kecil.

Baca Juga : Aplikasi Rapor Online Sekolah Smart School

Matangkan strategi SEO Anda

Agar halaman situs anda mendapatkan posisi pertama pada mesin pencarian, penting sekali anda memperhatikan strategi SEO ini. Jika SEO ini bagus tentu saja traffic kunjungan orang ke halaman anda juga akan meningkat. Untuk memantau SEO ini, kamu bisa menggunakan beberapa tools gratis yang tersedia. Salah satunya menggunakan tools pembanding dengan kompetitor kamu.

Remarketing

Setiap konten yang dimuat tentu saja ada masanya, dimana akan ada waktunya konten tersebut menjadi pusat perhatian orang dan adakalanya akan redup dengan hadirnya konten baru yang lebih interaktif. Meskipun demikian, kamu bisa menaikan lagi konten lama kamu yang sudah redup tersebut dengan strategi remarketing. Dimana strategi ini mencari audiens baru yang bisa jadi belum pernah melihatnya. Namun, untuk melakukan ini carilah konten yang memang memiliki daya tarik tinggi lalu manfaatkan ragam media sosial dalam mendukung itu semua.

Riset kata kunci tidak boleh putus

Dalam melakukan pemasaran baik itu offline maupun online, riset adalah bagian yang penting dan harus diperhatikan. Kalau pemasaran online, riset mesti anda lakukan yaitu terkait kata kunci dan itu dilakukan secara terus menerus tidak cukup hanya satu kali atau dua saja. Lalu, gunakanlah kata kunci yang selalu menjadi tren terbaru agar konten anda banyak dilihat oleh audien. Untuk melakukan riset terkait keyword ini bisa kamu gunakan Keyword Planner Tool atau Ahrefs untuk Google.

Mulailah membuat blog

Meskipun saat ini banyak orang yang menghabiskan waktunya di media sosial, namun masih ada orang yang suka membaca artikel. Sehingga melalui blog kamu bisa memasarkan produk kamu dalam rangkaian artikel agar dibaca dan memikat mereka kemudian tertarik untuk membeli produk anda.

Bergabung dengan grup Facebook, atau buat sendiri

Ketika anda melakukan pemasaran online menggunakan facebook, itu tidak cukup hanya dengan advertising saja. Kamu harus memanfaatkan beberapa group bahkan banyak group di facebook untuk mempromosikan produk kamu. Pasalnya dalam group ini tidak hanya sebagai tempat memasarkan namun juga sebagai tempat berdiskusi dimana topiknya ada kaitan dengan produk kamu jual. Dengan cara itu tentu saja akan lebih mudah bagi kamu dalam melakukan pemasaran produk kamu.

Baca Juga : Aplikasi Kelulusan dan Alumni Sekolah Smart School

Komitmen untuk membangun email list

Bagi sebagian marketer atau para pemasaran, email list masih banyak mereka abaikan karena sifat dalam memasarkan cara ini hanya langsung per individu alias tidak publik. Namun, jika kamu komitmen membangun email list ini bisa menjadi peluang cukup besar dalam memikat para konsumen. Tentu saja hal tersebut bisa terwujud jika kamu memahami cara yang tepat dalam membangun email list ini.

Manfaatkan marketplace

Pada Asia Tenggara, Negara Indonesia bisa dikatakan sarang marketplace terbesar, hal tersebut terjadi karena banyak sekali perusahaan marketplace ini mendapatkan dana investasi sehingga bisnis mereka terus berkembang. Melihat perkembangan marketplace yang begitu besar tersebut, bisa menjadi peluang yang tepat untuk anda dalam melakukan pemasaran produk. Selain itu, marak belanja melalui marketplace ini bukan hal yang aneh lagi, dan hampir setiap orang lebih mempercayai marketplace dibandingkan ke pembeli langsung. Ingat, kamu harus maksimal dalam memanfaatkan setiap tools dan fitur yang mereka sediakan agar memudahkan pembeli.

Manfaatkan fitur live streaming

Keberadaan media sosial saat ini dalam pemasaran online tidak hanya untuk memposting saja, banyak sekali fitur baru mereka sajikan salah satunya live streaming. Melalui live streaming seperti pada faceebook atau instagram dapat membantu kamu untuk menjalin komunikasi dengan audiens. Selain itu, kamu bisa saja mereview produk kamu melalui siaran langsung ini untuk menumbuhkan rasa kepercayaan audiens hingga mereka tertarik pada produk kamu.

Nah, itulah beberapa strategi marketing yang cukup efektif di era serba digital saat ini untuk produk atau brand kamu. Sebagus apapun strateginya, tetap saja dibutuhkan usaha dan konsisten di dalamnya alias kamu harus berkomitmen dalam menjalankan nya untuk hasil maksimal.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia