WhatsApp-Button
Aplikasi Open Journal System (OJS)

Aplikasi Open Journal System (OJS)

  2020-02-19 15:38:17     Ulti Desi Arni     Dibaca 146 kali

Selain mengajar dan menyiapkan perangkat ajarnya, setiap dosen juga memiliki beban kerja yaitu melakukan penelitian serta harus memiliki karya ilmiah. Dalam dunia pendidikan tentu saja penelitian ini bisa dikatakan hal yang penting dimana setiap dosen haruslah memiliki trik atau daya tarik dalam proses mengajar. Termasuk dalam menyajikan bahan ajar, karena perkembangan dunia tentu saja ilmu pengetahuan dan cara mengajar juga harus mengalami perubahan sehingga dibutuhkanlah penelitian ini.

Selain itu penelitian ini adalah salah satu tugas pokok dosen dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu : Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian. Adanya penelitian ini sebenarnya memiliki peran penting untuk Perguruan Tinggi diantaranya adalah dengan sebuah penelitian maka bisa menemukan teknologi, pemahaman serta solusi baru atas banyaknya permasalahan yang dihadapi berbagai pihak. Baik itu perguruan tinggi itu sendiri, mahasiswa ataupun masyarakat luas.

Dengan adanya penelitian ini tentu saja diharapkan akan menjadi solusi terkait permasalahan yang ada tersebut. Selain itu, berikut beberapa manfaat atau pentingnya penelitian ini di antaranya :

  1. Sebagai salah satu cara bagi dosen dalam mengembangkan materi pelajaran
  2. Bisa mendukung pengabdian masyarakat, dimana ada sebagian dosen yang melakukan penelitian untuk terjun langsung ke dalam masyarakat.
  3. Meningkatkan reputasi kampus.

Mengingat pentingnya penelitian ini tentu saja kampus haru memiliki wadah dalam menampung sekaligus mempublikasikan hasil penelitian tersebut. Biasanya setiap dosen membuat jurnal terkait hasil penelitiannya, dan jurnal inilah yang harusnya bisa dibaca oleh orang agar kampus bisa terkenal dengan penelitiannya.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Sekolah dengan Digital Marketing Sekolah Smart School

Dalam mempublikasikan jurnal ini tentu saja dibutuhkan wadah, nantinya jurnal itu bisa di akses oleh pihak di dalam kampus maupun pihak luar baik itu digunakan untuk sekedar dibaca atau akan dijadikan referensi dalam penelitian selanjutnya.

Jurnal ini memiliki peran yang cukup penting, dimana setiap hendak meneliti maka sebagai referensi dan acuan adalah jurnal sebelumnya. Sehingga untuk memudahkan hal tersebut ada baiknya kampus memiliki penyimpanan online sendiri untuk setiap jurnal penelitian yang dilakukan dosennya. Jika kampus memiliki database sendiri tentu saja akan memudahkan dalam mendapatkan dukungan dari Kemenristek dan Dikti.

Aplikasi atau Sistem yang bisa digunakan oleh kampus terkait penyimpanan jurnal ini adalah Aplikasi Open Journal System yang bisa disingkat OJS. Aplikasi ini digunakan untuk pengaturan penerbitan jurnal secara online mulai dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submisi penulis, peer review (pengkoreksian), pengeditan, publikasi, archieves dan indeks jurnal.

Aplikasi ini akan terbuka lebar untuk anggota yang berlangganan seperti pihak dalam kampus untuk mendapatkan jurnal secara penuh. Sedangkan mereka pihak luar yang belum berlangganan bisa membaca abstrak dari jurnal terkait. Keberadaan Aplikasi ini sebenarnya sangat membantu sekali untuk pihak kampus sebagai media publikasi terkait jurnal penelitian yang dilakukan oleh dosennya.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan di antara fitur – fitur Open Journal System (OJS) adalah :

Baca Juga : Sistem Manajemen Aset Sekolah dalam Smart School

  1. OJS diinstal dan dikontrol secara lokal. Sehingga data-data jurnal  hanya dapat diakses oleh pihak tertentu yang berwenang di Kampus
  2. Editor bisa mengatur kebutuhan, bagian, proses review, dan lainnya
  3. Pendaftaran dan pengelolaan seluruh konten secara online
  4. Modul berlangganan dengan opsi untuk akses terbuka pada edisi sebelumnya
  5. Pengindeksan lengkap dari konten sistem menyeluruh
  6. Tersedia tools untuk membaca konten berdasarkan pilihan
  7. Pemberitahuan melalui email dan komentar bagi pembaca

Banyak sekali fitur serta manfaat dari adanya Aplikasi OJS ini, dan untuk membangunnya pihak kampus bisa bermitra dengan Software House. Dimana sebagai software house tentu saja mereka lebih berpengalaman dalam pengembangan software, dan salah satu yang bisa kampus menjadi mitra kampus anda adalah Garuda Cyber Indonesia.

Garuda Cyber Indonesia ini adalah perusahaan IT yang bergerak dalam bidang IT Development sekaligus dapat menjadi konsultasi IT sehingga sangat tepat sekali menjadi partner IT kampus. Garuda Cyber menawarkan produk unggulannya yang sudah banyak digunakan oleh beberapa kampus yaitu Smart Campus.

Di dalam Smart Campus ini terdapat banyak sistem atau aplikasi yang saling terintegrasi salah satunya adalah Aplikasi Open Journal System (OJS) ini, dimana aplikasi ini terintegrasi dengan LP3M, Akademik dan aplikasi lainnya. Kelebihan bekerja sama dengan Garuda Cyber yaitu anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu apa permasalahan yang sering terjadi di kampus sehingga itu bisa menjadi prioritas utama tim membangun sistem untuk solusi permasalahan tersebut.

Sebagai Campus Zaman Now tentu saja adalah campus yang memberikan kemudahan dalam pelayanan serta menyediakan informasi untuk setiap civitas akademiknya. Salah satu langkah awal bisa kampus gunakan adalah beralih ke cara digitalisasi.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia