WhatsApp-Button
Aplikasi Akuntansi dan Keuangan Rumah Sakit

Aplikasi Akuntansi dan Keuangan Rumah Sakit

  2020-02-18 13:53:54     Ulti Desi Arni     Dibaca 253 kali

Dalam memanajemen sebuah rumah sakit tentu saja salah satu faktor penting harus menjadi perhatian khusus adalah Akuntansi dan Keuangan. Pasalnya, dua hal ini adalah bagian vital demi keberlangsungan sebuah organisasi termasuk rumah sakit. Setiap transaksi yang terjadi di rumah sakit tentu saja harus dihitung sesuai standar akuntansi dan akan menghasilkan laporan keuangan nantinya.

Keuangan tersebut haruslah dihitung atau dikeloa sesuai standar akuntansi untuk mengetahu laba dan rugi, sehingga laporan yang didapatkan bisa digunakan sebagai pedoman dalam mengambil keputusan untuk masa akan datang. Memanajemen keuangan rumah sakit ini tentu saja bukanlah hal mudah, pasalnya banyak sekali transaksi yang terjadi setiap harinya. Jenis transaksipun beragam begitu juga dengan tagihan kepada pasien banyak sekali macamnya.

Apabila keuangan ini tidak dikelola secara baik tentu saja bisa berdampak kepada operasional rumah sakit dan hal lainnya. Maka sebagai pelayanan kesehatan dimana begitu banyaknya aktivitas terjadi maka dalam mengelola keuangan dalam transaksi besar ini dibutuhkan akuntan di dalamnya. Seorang akuntan akan memanajemen sesuai standar baik itu pembukuan, jurnal, khas besar, khas kecil dan perhitungan lainnya.

Meskipun sudah menggunakan seorang akuntan yang handal, jika pengelolaan ini dilakukan secara manual tetap saja akan rentan dengan kesalahan seperti salah dalam perhitungan sehingga harus melakukannya berulang kali atau pemborosan dalam sumber daya seperti penggunaan kertas hingga membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga : Cara Kerja SPBE dalam Membantu Kerja Pemerintah

Seiring dengan perkembangan teknologi, dimana menawarkan ragam kemudahan kepada manusia untuk hampir segala aspek kehidupan. Sehingganya dalam memanajemen keuangan rumah sakit yang jumlah transaksinya besar dan ribet dibutuhkan pulalah peran teknologi di dalamnya seperti menggunakan Aplikasi Akuntansi dan Keuangan Rumah sakit. Dimana aplikasi ini hadir sebagai solusi manajemen keuangan rumah sakit sesuai standar dan perhitungan akuntansi sehingga memudahkan akuntan.

Berikut ini fitur dari Aplikasi Akuntansi dan Keuangan yang ditawarkan Garuda Cyber untuk rumah sakit anda :

Bagian Akuntansi

Pada bagian akuntansi ini terdapat beberapa fitur yang mendukung serta memudahkan akuntan dalam proses penghitungan akuntansi, diantaranya adalah :

  1. Jurnal Umum

Menu ini akan membantu pembuatan jurnal untuk setiap transaksi yang terjadi berdasarkan keterangan transaksi, dan setiap jurnal tersebut sebelum diterbitkan akan diverifikasi sehingga bisa disajikan ke dalam laporan keuangan.

  1. Buku Besar

Buku besar adalah laporan yang berisi data dari jurnal yang telah di posting, fungsi buku besar ini adalah agar akuntan dapat melihat setiap transaksi pada setiap akun (COA). Buku besar hanya berisi nama transaksi, deskripsi, jumlah transaksi (debit/kredit), saldo awal dan saldo akhir akun

  1. Laba Rugi

Laba Rugi Laba rugi dapat disajikan ketika jurnal telah ada, pada proses pembuatan laporan laba rugi ini, akuntan akan mengambil data transaksi dari pendapatan dan biaya saja, disajikan dalam bentuk pohon akun yang terstruktur. Setiap akun akan menjelaskan saldo awal, saldo saat ini dan saldo akhir. Pada akhir laporan ini akan menampilkan (laba/rugi) dari laporan keuangan.

  1. Neraca

Sama halnya dengan Laba rugi, Neraca dapat diproses dan jurnal dengan Akun, Aktiva, Kewajiban dan Modal, fungsi neraca adalah untuk memantau saldo kas, hutang dan piutang serta modal saat ini. Laporan neraca digunakan untuk memastikan setiap akun seimbang jika ingin melihat rincian per akun maka kit dapat melihat laporan buku besar.

Baca Juga : Sistem Informasi Persuratan pada Pemerintahan

  1. Arus Kas

Arus Kas digunakan untuk melihat pergerakan kas, laporan ini juga didapatkan dari jurnal pada Aktiva.

  1. Aset

Bagian asset pada akuntansi memiliki peran untuk melakukan audit dan penyusutan

Bagian Keuangan

Fitur-fitur pada aplikasi keuangan rumah sakit ini terbagi dari dua jenis yaitu Account Payble dan Account Receivable.

Account Payble

Menu atau fitur yang ada pada akun Payble adalah :

  • Tukar Faktur yang berkaitan dengan supplier dan gudang
  • Pengajuan Pembayaran Hutang Supplier
  • Pembayaran Hutang Supplier
  • Pembayaran Cheque / Giro
  • Pembuatan Jasa Medis Dokter untuk merekam jejak jasa medis yang dilkukan dokter selama periode tertentu disertai dengan pengelompokan apakah ditangani melalui pembiayaan langsung atau asuransi dan lainnya
  • Pembayaran Jasa Medis Dokter.

Account Receivable

Menu atau fitur yang ada pada akun Receivable adalah :

  • Pembuatan Claim Asuransi/Perusahaan Pasien
  • Penerimaan Pembayaran Claim Asuransi/Perusahaan
  • Penerimaan Piutang Karyawan / Dokter
  • Pembuatan Tagihan Piutang ( Manual Jurnal AR )
  • Penerimaan Piutang Lainnya ( Manual Jurnal AR )

Begitu banyak fitur yang ditawarkan dari aplikasi Akuntansi dan Keuangan Rumah Sakit dan itu semua bisa di dapatkan dalam produk unggulan Garuda Cyber Indonesia yaitu Sistem Informasi Manajemen (SIM) Rumah Sakit. Di dalam SIM RS ini terdapat ragam aplikasi yang saling terintegrasi dan diantaranya adalah Aplikasi Akuntansi dan Keuangan Rumah Sakit ini.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia