WhatsApp-Button
Tingkatkan Pelayanan Rumah Sakit Anda dengan Smart Medical

Tingkatkan Pelayanan Rumah Sakit Anda dengan Smart Medical

  2020-02-14 16:47:40     Ulti Desi Arni     Dibaca 87 kali

Smart Medical adalah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dimana di dalamnya banyak sekali sistem untuk setiap bagian atau unit saling terintegrasi. Smart Medical hadir sebagai solusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Pelayanan adalah hal yang paling utama diperhatikan dalam sebuah bidang pekerjaan termasuk dalam pelayanan kesehatan.

Kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting dimiliki, dengan tubuh dan jiwa yang sehatlah kita bisa melakukan aktivitas secara normal. Jika salah satu tubuh atau jiwa yang tidak sehat, maka kehidupan bisa tidak berjalan sebagai mana mestinya. Kita mungkin kerap kali mendengar kata “Sehat itu Mahal” dan memang sangat mahal karena seberapa banyakpun duit kita jika tidak ada solusi untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maka tidak ada kenikmatan dari uang kita miliki tersebut.

Kita contohkan saja ketika sakit kita hanya bisa menelan bubur, sementara kita mempunyai banyak uang yang bisa kita gunakan membeli makanan enak lainnya. Tapi, tubuh tidak bisa mencernanya sehingga uang yang banyak tadi tidak lebih berharga dari kesehatan. Langkah yang sering dilakukan banyak orang ketika kesehatannya terganggu adalah mendatangi tempat pelayanan medis baik itu klik, rumah sakit atau puskesmas.

Dalam pelayanan kesehatan atau dunia medis tentu saja harus memperhatikan dengan baik keselamatan pasien dimana ini harus menjadi hal mesti diprioritaskan. Sehingga rumah sakit atau klinik harus mengutamakan kualitas pelayanan mereka. Karena pelayanan ini tentu juga memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap kesembuhan pasien. Apabila pelayanan yang ada buruk tentu saja akan memperkeruh keadaan pasien dan akibatnya juga akan merusak citra rumah sakit.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dunia medis untuk meningkatkan pelayanan mereka adalah beralih dari cara konvensional ke cara serba digital dalam memanajemen rumah sakit yaitu menggunakan Smart Medical.

Baca Juga : Sistem Manajemen Aset Sekolah dalam Smart School

Dalam Smart Medical ini bisa dibangun beberapa aplikasi secara bertahap untuk memanajemen semua kebutuhan menjadi terdigitalisasi seperti Sistem Keuangan Rumah Sakit, Sistem Administrasi Pasien, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit hingga aplikasi Rekam Medis Elektronil. Selain itu pada Smart Medical juga tersedia modul mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja(K3) sehingga bisa menjadi panduan untuk setiap rumah sakit dan klinik yang memanfaatkanya.

Ragam manfaat yang akan didapatkan oleh Rumah Sakit ketika menggunaka Smart Medical ini karena banyak fitur yang disediakan. Berikut ragam fitur yang saling terintegrasi dalam Smart Medical :

  1. Sisetm Keuangan Rumah Sakit (Finance)

Keuangan adalah bagian penting dan vital dalam hal apapun, sehingga haruslah dimanajemen serta dikelola secara tepat. Keuangan ini akan menentukan apakah rumah sakit bisa beroperasional secara baik atau tidak, jika keuangan bermasalah tentu saja terganggu dalam hal operasional. Dalam Sistem Keuangan Rumah Sakit dari Smart Medical menyediakan ragam fitur lengkap dan memberikan kontrol ketat terhadap aspek manajemen keuangan rumah sakit sesuai standar akuntansi. Sehingga kemungkinan-kemungkinan terburuk terkait perhitungan atau pengelolaan bisa terminimalisir.

  1. Sistem Administrasi Pasien

Sistem administrasi Pasien ini akan mengelola seluruh data master pada rumah sakit termasuk data lengkap pasien. Di dalamnya tersedia menu mulai dari pendaftaran pasien, data pasien, data doker, jadwal dokter, biaya, penagihan, manajemen apotek, klaim BPJS dan ragam fitur lainnya.

  1. Sistem Informasi Manajemen

Pada sistem informasi manajemen ini akan memanajemen setiap administrasi dan kegiatan medis yang ada. Selain itu ini juga akan memanajemen setiap karyawan agar bisa bekerja secara produktif dan profesional karena di dalamnya juga memanajemen kehadiran setiap karyawan yang ada.

Baca Juga : Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School

  1. Rekam Medis

Rekam medis secara digital akan memudahkan segala pihak di dalam rumah sakit yang membutuhkan rekam jejak seorang pasien. Ketika pasien A berkonsultasi dengan beberapa dokter berbeda tentu saja tidak perlu memanggil perawat lagi untuk meminta rekam medis sebelumnya, karena setiap dokter bisa mengakses rekam medis pasien terkait. Sehingga ketika hendak mengambil tindakan akan memudahkan dokter secara bijak dan tepat.

  1. Terintegrasi Laboratorium dan Apotek

Ketika ada pasien yang harus melakukan cek labor atau cek hal lainnya, hasilnya bisa langsung dikirim kepada dokter yang menangani si pasien. Sehingga lebih menghemat waktu dalam proses ini dan juga lebih efektif dan efesien. Selain itu, ketika dokter ingin meresepkan obat juga bisa langsung mengirim ke bagian farmasi dan pihak apotek akan memberikan obat sesuai resep dokter tersebut dan pasien tinggal langsung mengurus administrasinya.

  1. Executive Report

Fitur lainnya adalah menyediakan laporan secara lengkap, dimana pimpinan rumah sakit atau pemilik bisa mengakses laporan apapun yang dibutuhkan secara lengkap tanpa harus mendatangi setiap unit yang ada di rumah sakit.

Semua fitur dari Smart Medical di atas bisa pihak rumah sakit atau klinik dapatkan dari Garuda Cyber Indonesia, dimana Smart Medical ini adalah salah satu produk unggulan mereka. Sebenarnya, masih banyak fitur lainnya dan paling penting Garuda Cyber siap membangun sistem sesuai kebutuhan client.

Garuda Cyber adalah perusahaan IT sekaligus konsultasi IT yang tepat untuk setiap kebutuhan IT anda, karena tidak hanya sekedar membangun anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim terkait permasalahan anda. Sehingga tim profesional Garuda Cyber akan menjadi solusi untuk permasalahan anda tersebut.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia