WhatsApp-Button
Kelebihan Cloud Computing Dibandingkan Server Konvensional

Kelebihan Cloud Computing Dibandingkan Server Konvensional

  2020-02-14 16:46:42     Ulti Desi Arni     Dibaca 19 kali

Keberadaan era serba digital ini tentu saja berinternet adalah hal yang memang tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan kita. Banyak sekali kemudahan kita dapatkan ketika berinternet, terbukti hampir semua lapisan masyarakat menghabiskan waktu mereka berselancar di dunia maya. Ditambah lagi kehadiran media sosial yang begitu banyak macamnya dan itu memanfaatkan keberadaan internet ini.

Ditengah-tengah pesatnya pengguna internet ini, diiringi dengan banyak ragam aplikasi yang bermunculan. Dalam pembuatan ragam aplikasi dengan memanfaatkan teknologi ini turut hadir sebuah cloud computing yang menggantikan keberadaan server konvensional. Jika dahulu orang hanya mengetahui server konvensional dalam menyimpan big data mereka, cloud hadir menjadi solusi terbaik dalam beberapa aspek. Bahkan sebagian besar perguruan tinggi sudah beralih memanfaatkan cloud computing untuk manajemen akademik kampusnya.

Jika kita bandingkan dengan server terdahulu dimana kita membutuhkan banyak sekali hardware atau perangkat sekaligus ruangan untuk server ini, cloud computing hadir lebih menghemat itu semua. Sesuai namanya dia berada di awan sebagai tempat penyimpanan data dan memanfaatkan internet untuk mengaksesnya. Melihat banyaknya orang beralih menggunakan cloud computing ini tentu saja ini semua menyimpan banyak kelebihan dibandingkan server konvensional. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh cloud computing :

Baca Juga : 

  1. Sebagai pusat penyimpanan data

Tentu saja data membutuhkan tempat atau ruang penyimpanan yang disebut dengan storage terlebih lagi sebuah kampus mereka memiliki data yang cukup banyak dan komplek sehingga memang membutuhkan tempat penyimpanan untuk big data tersebut. Sebagai pusat data biasanya kampus membangun server sendiri, namun itu sedikit rentan karena butuh perawatan agar server aman dan terjaga. Dengan perkembangan teknologi yang ada kehadiran cloud computing bisa menjadi solusi permasalahan ini. Kampus tidak perlu ruangan khusus untuk meletakan server karena semua data bisa tersimpan secara virtual yang tentu dengan memanfaatkan jaringan komputer.

  1. Keamanan Terjamin

Semua data akan disimpan secara terpusat sehingga sistem keamanan untuk data tersebut bisa lebih dikendalikan secara baik. Selaku penyediaan cloud computing biasanya dilengkapi dengan jaminan data pribadi, jaminan platform serta jaminan lainnya sehingga semua data tersebut lebih terjamin keamanannya.

  1. Kapasitas Penyimpan Besar

Server berbasis cloud ini tidak hanya menghemat ruangan karena tidak membutuhkan hardware sebagai media penyimpanannya, namun ia juga memiliki kapasitas cukup besar dalam menyimpan semua data. Sehingga jika anda memiliki big data atau data dalam jumlah banyak maka, server berbasis cloud ini adalah salah satu solusi yang tepat.

  1. Mudah dan Fleksibel

Tidak saja aman, serta memiliki kapasitas besar menggunakan server cloud ini juga memudahkan kamu dalam mengakses setiap data selama adanya jaringan internet. Orang yang mendapatkan hak akses bisa mengakses ke dalam server kapanpun dan darimanapun tanpa batasan ruangan dan waktu. Jika dulu server di sebuah titik lokasi untuk mengaksesnya terkadang membutuhkan hardware, denga ini itu semua tidak dibutuhkan lagi. Anda bisa mengakses file dengan mudah dan tentu ini cukup fleksibel.

  1. Hemat Biaya

Tentu saja menggunakan server berbasis cloud ini bisa lebih menghemat biaya, jika server konvensional anda harus membeli hardware serta harus mengeluarkan biaya untuk merawatnya secara berkala agar tidak terjadi hal tidak kita inginkan. Berbeda halnya jika menggunakan cloud computing, anda tidak perlu pusing persoalan hardware dan biaya perawatan server lagi.

Nah, itulah kelebihan dari Cloud Computing bila dibandingkan dengan server konvensional, banyak sekali manfaatnya. Dan anda baru bisa merasakan itu semua jika sudah beralih, selain itu server konvensional jika tidak dimaintenance secara kadang bisa mengalami kerusakan seperti kasus terbakarnya server yang menyebabkan kerugian besar.

Dalam sebuah instansi baik itu pendidikan seperti kampus atau sekolah, perusahaan dan pemerintahan sudah saatnya beralih menggunakan cloud computing. Sebagai penyedia aplikasi anda bisa menggunakan Garuda Cyber yang menggunakan cloud computing sebagai servernya. Sehingga sebagai mitra anda tidak perlu pusing memikirkan server ketika memutuskan bekerja sama dengan Garuda Cyber, karena tim menyediakan semuanya dan tentunya tim Garuda Cyber juga akan memonitoringnya secara berkala.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia