WhatsApp-Button
Pentingnya Sistem Manajemen Gudang

Pentingnya Sistem Manajemen Gudang

  2020-02-13 14:38:01     Ulti Desi Arni     Dibaca 73 kali

Suatu sektor bisnis yang memiliki banyak sekali hasil produk yang nantinya akan di sebar ke beberapa market atau pasar tentu saja membutuhkan yang namanya manajemen gudang. Dalam manajemen Gudang ini erat sekali kaitannya dengan proses penerimaan barang masuk, barang keluar, pengepakan, peletakan barang secara tepat dan hal lainnya. Sehingga manajemen yang baik tentu sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Manajemen Gudang ini berfungsi dalam mengatur segala hal yang berkaitan tentang interaksi pada gudang, dan bisa di katakan pergudangan ini adalah masalah yang cukup kompleks. Berikut gambaran proses yang terjadi pada gudang :

  1.  Proses Masuk

Ketika ada barang yang masuk hasil produksi tentu saja harus diperiksa kondisinya dan dicatat terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam gudang. Setelah itu, barang tersebut haruslah dikemas untuk pengiriman lanjutan.

  1.  Tata Letak dan Sloting

Pada proses ini memiliki peranan penting agar barang tidak terlalu laju perputarannya tidak menumpuk di gudang dan tidak menghambat aktivitas. Posisikan barang yang cepat dan paling maju pergerakannya pada posisi depan, lalu barang yang terkadang menimbulkan kebingungan bisa memisahkan letaknya. Utamakan barang yang diproduksi lama untuk disalurkan dengan cepat, agar tidak mengalami kerugian besar nantinya jika tertumpuk.

Baca Juga : Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School

  1.  Memilih

Ketika pengambilan barang tentu saja haruslah dilakukan secara cepat, karyawan atau petugas gudang harus meminimalkan waktu dalam pencatatan baik itu proses keluar, stock barang atau barang masuk. Sehingga stock barang haruslah tetap menjadi perhatian agar ketika ada pesanan masuk bisa diproses secara cepat.

  1.  Pengepakan

Sebelum barang pesanan dikirim kepada konsumen terlebih dahulu produk haruslah dikemas secara tepat, akurat dan lengkap.

  1.  Pengiriman

Dalam pengiriman barang ini seharusnya juga dilakukan dengan cepat dan tepat, tujuannya agar waktu tidak terbuang secara sia-sia. Terkadang ketika ada permintaan, jumlah stok gudang tidak memadai karena kurangnya kontrol dalam hal ini.

  1.  Mengelola Pengembalian

Setelah itu tentu saja akan ada barang-barang yang dikembalikan, sebelum dibongkar cek terlebih dahulu dan kondisikan secara tepat pula.

Begitu banyak sekali proses yang terjadi di dalam gudang ini, sehingga penting sekali memperhatikan dan mengutamakan manajemennya secara baik. Apabila, setiap proses di atas dilakukan secara manual tentu saja banyak kendala yang terjadi selain membutuhkan banyak sumber daya manusia juga membutuhkan waktu lebih banyak.

Cara manual kadang membuat pekerjaan lebih lambat, pencatatan secara satu per satu harus dilakukan dan ketika hendak membuat laporan juga membutuhkan waktu di dalamnya. Sehingga penting sekali bagi perusahaan harus memiliki Sistem Manajemen Gudang, berikut beberapa manfaat yang akan di dapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan Sistem Manajemen Gudang :

  1. Memenuhi Permintaan Pelanggan dalam Jumlah Banyak secara Cepat

Karena sistem ini memanfaatkan teknologi digital tentu saja dapat bekerja lebih cepat dan tepat. Dimana ketika hendak memenuhi permintaan pelanggan, proses pengecekan stock gudang dapat dengan mudah dilakukan.

Baca Juga : Aplikasi Penggajian Sekolah Smart School

Bisa saja permintaan pelanggan itu banyak sekali jenisnya dan jumlahnya juga banyak. Jika cara manual terkadang harus mendatangi gudang, berbeda halnya jika sudah terdigitalisasi. Sehingga ketika pesanan sudah fix perusahaan juga dapat dengan mudah menentukan tanggal pengiriman barang tersebut. Selain sitem ini bisa bekerja dengan proses cepat, juga bisa meningkatkan kualitas pelayanan.

  1. Menentukan Tingkat Inventori

Memantau ketersediaan stock tentu saja bagian dari manajemen gudang, dengan tahunya jumlah stock tentu saja akan memudahkan untuk proses produksi kembali atau reorder ke pabrik lain. Selain itu data inventori akan tercatat secara baik, seperti tanggal produksi, kadarluarsa dan lainnya sehingga bisa menentukan produk apa yang harus diprioritaskan untuk disebar terlebih dahulu.

  1. Kinerja Karyawan Lebih Produktivitas

Jika sistem manajemen gudang yang digunakan oleh sebuah perusahaan adalah tepat, tentu saja kinerja karyawannya bisa lebih meningkat alias para karyawan tersebut bisa lebih produktif dalam bekerja. Sistem manajemen ini bisa menginfokan terkait hal apa yang mesti mereka prioritaskan untuk dikerjakan ketika berada di bagian gudang. Tentu saja tidak ada lagi yang namanya waktu terbuang sia-sia karena beberapa bagian sudah bisa otomatis oleh sistem. Jika biasanya seorang karyawan ada yang fokus dalam pengecekan stock, berkat bantuan sistem maka karyawan ini bisa melakukan pekerjaan lainnya.

Nah, itulah beberapa permasalahan terkait dalam manajemen gudang dan manfaat yang akan dirasakan perusahaan yang memiliki gudang ketika menggunakan sistem manajemen gudang. Sistem manajemen gudang ini bisa dikatakan hal penting dimiliki, terlebih lagi jika perusahaan anda memiliki banyak gudang atau cabang sehingga untuk memantau semuanya dibutuhkanlah satu sistem yang tepat tanpa harus mendatangi setiap gudang.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia