WhatsApp-Button
Jasa Buat Aplikasi Manajemen BUMDes

Jasa Buat Aplikasi Manajemen BUMDes

  2020-02-12 16:54:20     Ulti Desi Arni     Dibaca 20 kali

Badan Usaha Milik Desa atau sering disingkat dengan BUMDes bisa dikatakan saat ini menjadi perhatian oleh pemerintah daerah, sehingga dalam manajemennya tentulah harus dilakukan secara tepat dan baik. Dalam memanajemen BUMDes itu tentu saja membutuhkan perhatian khusus, karena tidak bisa kita samakan dalam pegelolaannya dengan Badan Usaha lainnya.

BUMDes ini merupakan badan usaha yang tidak hanya sekedar mencari profit melainkan ia harus mampu memberikan benefit untuk kehidupan sosial masyarakat di desa tersebut. Sehingga dalam menjalankannya haruslah dilakukan sepenuh hati dan berusaha untuk meminimalisir akan resiko terjadinya kebangkrutan.

Dalam meminimalisir permasalahan tersebut, salah satu yang bisa dilakukan oleh BUMDes yaitu merencanakan strategi secara matang. Dimana strategi yang dimaksud disini sebagai alat dalam mencapai tujuan dari Badan usaha tersebut baik itu tujuan jangka panjang, program tindak lanjut ataupun tujuan yang menjadi prioritas atau fokus utama.

Jika strategi tersebut tidak direncanakan secara baik, tentu saja akan berdampak serta menimbulkan permasalahan dalam pengelolaan BUMDes ini. Selain pentingnya perencanaan strategi ini, permasalahan lainnya yang juga harus diperhatikan serta sering menjadi keluhan ketika mengelola BUMDes ini adalah bagaimana memanajemennya secara baik serta bagaimana cara menghasilkan laporan keuangan secara lengkap, profesional, cepat dan transparan.

Baca Juga : Smart Parking Komponen Wujudkan Smart City

Dalam memanajemen usaha tentu saja memiliki banyak tantangan, terlebih lagi dalam mengelola keuangan. Manajemen yang baik tentu saja juga bisa menghasilkan laporan arus khas atau keuangan yang baik pula, dan itu akan berdampak kepada setiap jenis usaha yang ada. Selain itu, laporan keuangan yang baik juga bisa digunakan dalam pengambilan keputusan demi keberlangsungan dan kemajuan Badan Usaha Miliki Desa terkait.

Laporan keuangan ini juga nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi oleh pihak manajemen pusat terkait kinerja yang sudah dilakukan selama suatu periode. Sehingga bisa menghasilkan keputusan serat bisa membuat perencanaan untuk kegiatan mendatang.

Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan bukti nyata kepada kita semua dalam memudahkan hampir semua aspek kehidupan kita. Tidak hanya memudahkan, namun juga membuat pekerjaan lebih cepat diselesaikan. Peran dan keberadaan teknologi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh setiap BUMDes dalam membantu mengelola atau memanajemen BUMDes.

Menggunakan teknologi dalam manajemen tentu saja akan meminimalisir banyak hal, baik itu kesalahan dalam pencatatan atau kesalahan dalam pembukuan keuangan. Selain itu digitalisasi menawarkan hasil laporan secara otomatis, sehingga manajemen dan pengelolaan keuangan bisa lebih transparan. Salah satu teknologi digital yang bisa dimanfaatkan oleh Desa adalah Aplikasi Manajemen BUMDes.

Ragam fitur dan kemudahan dalam aplikasi ini, di antara fitur tersebut adalah :

  1. Fitur Manajemen Barang

Pada sistem terdapat fitur manajemen barang dimana berfungsi untuk memastikan bahwa setiap barang dan aset yang dimiliki oleh BUMDes tercatat secara baik dan rapi.

Baca Juga : Smart Parking Komponen Wujudkan Smart City

  1. Fitur Unit Usaha

Salin manajemen barang juga tersedia fitur unit, dimana tentu saja unit usaha yang dimiliki lebih dari satu. Untuk memanajemen setiap unit agar teratur, fitur ini sangat membantu. Misalnya pada BUMDes memiliki Unit Usaha seperti Toko, Simpan Pinjam, Rental atau jenis lainnya.

  1. Fitur Pembukuan

Fitur pembukuan ini tentu saja akan mencatat semua transaksi atau aktivitas secara baik. Seperti dara akum, jurnal umum, jurnal penyesuaian dan hal lainnya.

  1. Grafik

Setelah semua tercatat secara baik, setiap transaksi juga ditampilkan laporan dalam bentuk grafik. Sehingga memudahkan orang melihatnya mengenai perkembangan usaha tersebut.

  1. Laporan Lengkap

Paling penting dari fitur yang ada yaitu tersedianya laporan lengkap, sehingga laporan ini akan menjadi bahan pertimbangan tepat dalam pedoman perencanaan ke depannya. Selain itu laporan juga bisa di akses secara online maupun offline.

Selain dari fitur tersebut, berikut beberapa kegunaan dari Aplikasi Manajemen BUMDes ini :

  1. Membantu dalam manajemen dan pengelolaan keuangan secara baik, termasuk laporan keuangan dan hal lainnya
  2. Memudahkan BUMDes dalam menyusun perencanaan usaha secara mudah serta juga membantu dalam membuat SOP.
  3. Memudahkan dalam memutuskan kerja sama dengan pihak lain atau mencari target pasar lain terkait usahanya demi kemajuan BUMDes ini.

Aplikasi Manajemen BUMDes ini hadir sebagai solusi untuk permasalahan yang sering dirasakan oleh setiap Badan Usaha Milik Desa, dimana aplikasi ini dirancang khusus oleh Garuda Cyber sesuai kebutuhan setiap BUMDes yang ada. Tentu saja aplikasi ini dikembangkan oleh Tim Garuda Cyber sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia