WhatsApp-Button
Cara Digitalisasi Mempengaruhi Industri Kecantikan   

Cara Digitalisasi Mempengaruhi Industri Kecantikan   

  2020-02-12 16:53:38     Ulti Desi Arni     Dibaca 95 kali

Ketika kita berada di era teknologi yang terus berkembang semakin pesat sehingga kita tidak heran lagi dimana-mana kita jumpai banyak sekali digitalisasi. Hadirnya digitalisasi ini tentu saja semakin memudahkan kita dalam beberapa hal bahkan hampir semua aspek kehidupan terbantu dengan hadirnya teknologi ini.

Salah satu teknologi digital yang sering dan kerap kita jumpai saat ini adalah penggunaan gadget. Hampir seluruh lapisan penduduk di bumi tidak bisa terlepas dari yang namanya SmartPhone. Keberadaan smartphone ini tidak hanya digunakan dalam berkomunikasi saja, namun memudahkan dalam mendapatkan sebuah informasi serta melakukan transaksi.

Sehingga tidak heran ada yang menghabiskan waktunya lebih banyak berinteraksi dengan smartphone ketimbang dunia nyata. Banyak orang yang berkumpul bersama teman, namun lebih sibuk dengan gadget di tangan ketimbang berinteraksi langsung dengan yang di depan.

Mungkin kita pernah dengar bahwa keberadaan smartphone ini bisa mendekatkan orang jauh, namun menimbulkan kesan jauh padahal dekat. Jika kita menelaah sepertinya keberadaan gadget ini membawa dampak yang cukup buruk, namun tidak semua bisa merasakannya. Buktinya bagi beberapa bidang industri atau bisnis merasakan ragam manfaat berkat adanya ponsel pintar, salah satunya industri kecantikan. Dimana menggunakan Smartphone mereka bisa menargetkan pelanggan yang berpotensial untuk membeli produk mereka.

Baca Juga : Manfaat CAT Bagi Perguruan Tinggi dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Melakukan pemasaran menggunakan smartphone ini bisa dikatakan cukup fleksible digunakan saat ini, pasalnya banyak sekali platform media sosial yang memudahkan dalam memasarkan sebuah merek produk. Selain itu, melihat pola pengguna media sosial, sebagai industri kosmetik juga bisa mengklasifikasikan terkait produk apa yang bisa mereka jual untuk bisa menghasilkan pelanggan lebih banyak.

Beberapa tahun terakhir ini, salah satu bentuk pemasaran digital yang sering atau banyak diminati adalah konten media. Banyak sekali orang yang mengaksesnya terlebih lagi jika konten tersebut berupa video, pasalnya orang lebih menyukai hal yang visual ketimbang membaca caption yang begitu panjang.

Hal inilah menjadi peluang untuk pelaku bisnis kecantikan, kita bisa sama-sama lihat banyak sekali kaum melihat video terkait kecantikan. Untuk mengakses semua itu tentu saja bermodalkan perangkat seluler yang mereka miliki. Sehingga menjadi sebuah hal yang penting bagi brand kecantikan mengemas sedemikian rupa promosi produknya secara digitalisasi, sehingga ketika ada yang membutuhkan informasi maka produk anda bisa menjadi salah satu rekomendasi.

Salah satu teknologi digital yang terus mengalami peningkatan saat ini adalah Teknologi AR, sehingga menjadi pilihan yang digunakan oleh beberapa brand kecantikan menjalin kerjasama dengan perusahaan yang berbasis teknologi AR serta berusaha mengembangkan fitur uji coba kecantikan AR melalui Smartphone pelanggan.

Fitur-fitur lainnya yang bisa dimasukan ke dalam aplikasi ini yaitu berupa informasi produk, promosi serta ulasan terkait produk bahkan juga memberikan kemudahan pelanggan untuk melakukan transaksi langsung. Keberadaan fitur AR ini bisa menjadi pengalaman berbeda untuk pecinta kosmetik, dan bisa menambah nilai kepercayaan pelanggan terkait produk tersebut.

Baca Juga : 

Sebelum membeli sebuah produk baik itu secara online maupun offline orang cenderung mencari informasi detail, maka menjadi peluang diaksesnya sistem ini oleh calon pelanggan. Langkah selanjutnya yaitu memastikan bahwa mereka yang mengakses berdasarkan hasil pencarian dengan hadirnya teknologi digital ini membuat pilihan tepat juga harus diperhatikan.

Tidak cukup atau berhenti ketika pelanggan melakukan pembelian saja, namun setelah pembelian haruslah melibatkan mereka seperti dengan memberikan ulasan, tutorial dan konten lainnya yang bisa disampaikan dengan teknologi digital bermodalkan aplikasi pada smartphone ini.

Strategi pemasaran atau digitalisasi yang hadir saat ini bisa dikatakan cukup menguntungkan untuk brand kecantikan. Sehingga ini adalah peluang besar untuk industri kecantikan, ketika sebuah informasi disajikan secara apik dan bisa di akses melalui smartphone mereka tentu saja tidak hanya memudahkan mereka namun juga bisa menumbuhkan rasa ingin tahu mereka lebih dalam.

Sehingga mereka akan menelusuri lebih lanjut, kemudian percaya dengan ulasan dan tutorial dari pelanggan sebelumnya, kemudian pelanggan baru akan terlibat seperti membeli lalu juga ikut dalam memberikan pendapat.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia