WhatsApp-Button
Buat Aplikasi Keuangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)

Buat Aplikasi Keuangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)

  2020-02-11 15:03:57     Ulti Desi Arni     Dibaca 30 kali

Keberadaan BUMDes saat ini cukup menjadi perhatian penting untuk pemerintahan daerah, dimana BUMDes ini haruslah dikelola secara baik dan tepat. Mungkin sebagian dari kita belum paham atau masih bertanya-tanya apa itu Bumdes. Bumdes ini merupakan badan usaha milik desa, dimana jika pada sebuah daerah dinamai BUMD sedang pusat itu BUMN. Tentu saja keberadaan BUMDes ini untuk menambah pendapatan desa yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk desa dan masyarakatnya.

Dengan adanya BUMDes ini diharapkan desa bisa maju dan terus berkembang sehingga kesejahteraan sebuah desa bisa membaik. Keberadaan BUMDes ini sebenarnya sudah pada peraturan UU Desa N 6/2014, namum di tahun 2017 keberadaanya menjadi program priotas oleh Kementerian Desa. Sehingga setiap Desa tentu saja haruslah memperhatikan dalam pengelolaan unit usaha dibawah BUMDes ini.

Melihat keberadaannya begitu diperhitungkan bahkan menjadi prioritas oleh Kementrian Desa, tentu saja masyarakat desa terkadang mengalami keluhan atau kendala dalam mengelola Badan Usaha ini baik itu dari segi manajemen setiap unit usaha hingga proses pembuatan laporan keuangan yang masih belum akuntabel, profesional dan kurang transparan.

Tentu saja dalam pengelolaan Bumdes ini harus dilakukan secara akuntabilitas yakni setiap pelaksanaan kegiatan usaha yang dilakukan harus bisa dipertanggung jawabkan kepada masyarakat desa. Sehingga sangat dibutuhkan sekali penyajian laporan keuangan yang lengkap dengan baik, jujur dan terbuka.

Ketika kita berbicara terkait uang, tentu saja ini adalah bagian vital dalam sebuah usaha baik itu pada Badan Usaha Milik Desa. Memanajemen keuangan bukanlah hal mudah, dibutuhkan keprofesionalan dan kemampuan khusus agar menyajikan data secara baik. Dalam pengelolaan tersebut nantinya akan menghasilkan laporan keuangan yang baik untuk bisa dipertanggung jawabkan nantinya.

Baca Juga : Smart School, Solusi Cerdas Pendidikan Berbasis Digital

Secara sederhana keberadaan laporan keuangan ini nantinya berupa informasi terkait semua transaksi dan bisa digunakan untuk bahan evaluasi dan monitoring atas kinerja yang sudah dilakukan selama satu periode tertentu. Sebagai Badan Usaha Milik Desa tentu saja dituntut harus mampu menampilkan laporan keuangan secara transparan dan akuntable.

Sehingga laporan keuangan ini bisa menjadi pertimbangan para pimpinan atau manajemen bisa melihat kondisi keuangan pada usaha desa tersebut. Laporan keuangan yang dikelola secara baik dan tertata juga menjadi bahan penilaian atau pertimbangan bagi pihak manajemen terkait kinerja yang sudah dilakukan. Dalam pembuatan laporan keuangan untuk BUMDes ini sebenarnya secara umum hampir sama dengan lembaga usaha UMKM. Dimana pada laporan nantinya akan mencatat setiap proses atau transaksi pada usaha tersebut, baik itu pemasukan atau pengeluaran.

Dalam prakteknya jika sebuah Desa masih menghandalkan cara manual alias menggunakan kertas untuk pembukuan atau hanya bermodalkan excel tentu saja masih dirasa kurang efektif. Akan ada kemungkinan kesalahan yang disebabkan baik itu human error atau kerusakan lainnya.

Dalam menghasilkan sebuah laporan keuangan yang baik, akuntabel dan transparan tentu saja tidak mudah jika mempertimbangkan persoalan di atas. Namun, akan berbeda cerita jika Badan Usaha Milik Desa ini menggunakan aplikasi keuangan yang tepat dimana setiap transaksi akan tersistem dan termanajemen secara baik.

Tentu saja banyak sekali manfaat akan dapat dirasakan langsung dengan keberadaan Aplikasi keuangan Bumdes ini, karena pada sistem memiliki fitur sesuai kebutuhan. Selain itu, transaksi yang diinputkan akan otomatis terhitung oleh sistem sehingga akan menghasilkan informasi lebih akuntabel dan transparan.

Berikut beberapa keunggulan yang akan dirasakan oleh Badan Usaha Milik Desa dengan adanya Aplikasi Keuangan BUMDes ini :

  1. Lebih Efektif dan Efesien

Tentu saja manajemen keuangan akan bisa lebih efektif dan efesien dengan bantuan sebuah sistem ini. Dimana dalam proses pembuatan laporan membutuhkan waktu lama, dengan sistem semua bisa otomatis tanpa memakan banyak waktu.

Baca Juga : Alasan Pentingnya sebuah Perusahaan Memiliki Master Plan Infrastruktur TI

  1. Laporan Lengkap

Sistem ini akan menghasilkan laporan keuangan secara lengkap, baik itu laporan setiap unit usaha dan hal lainnya. Bahkan sistem bisa menampilkan laporan dalam bentuk grafik agar memudahkan dalam membaca arus keuangan.

  1. Pedoman Penyusun Anggaran

Jika laporan keuangan BUMDes lengkap tentu saja bisa dimanfaatkan untuk menyusun anggaran di masa depan.

  1. Akses Mudah

Aplikasi ini sangat mudah di akses karena bisa digunakan secara online.

Semua kemudahan tersebut tentu saja bisa Desa anda dapatkan dari Garuda Cyber Indonesia, yaitu perusahaan IT sekaligus konsultan IT yang cukup diperhitungkan keberadaannya. Garuda Cyber merupakan mitra tepat dalam menyediakan kebutuhan IT anda, dimana mereka memiliki tim profesional dan siap membantu anda.

Tidak hanya membangun, anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait permasalahan yang ada sehingga tim GCI akan membangun aplikasi sebagai solusi tepat terhadap keluhan anda. Aplikasi keuangan ini tentu saja dirancang sesuai standar akuntasi serta sesuai dengan aturan Menteri Desa Nomor 4 tahun 2015.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia