WhatsApp-Button
Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi Keuangan Akuntansi

Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi Keuangan Akuntansi

  2020-02-07 15:44:41     Ulti Desi Arni     Dibaca 84 kali

Saat ini kita berada di era modern dimana teknologi terus berkembang dengan sangat pesat dan menawarkan ragam aplikasi komputer yang membantu dalam memudahkan kita dalam menjalani pekerjaan. Berbagai aspek pekerjaan dimudahkan oleh hadirnya teknologi ini baik itu untuk masyarakat maupun untuk lingkungan perusahaan. Hal itu terbukti ketika kita hendak berkomunikasi saja kini dimudahkan dengan adanya teknologi.

Kemajuan teknologi yang menawarkan ragam kemudahan ini tentu saja menuntut lingkungan kerja juga harus mampu mengimbanginya. Dimana mengikut sertakan peran teknologi untuk setiap pekerjaan agar bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah serta terhindari dari human error. Salah satu yang penting sekali dimiliki oleh perusahaan adalah sistem digital yang membantu dalam keuangan atau akuntansinya.

Tentu saja perusahaan tidak terlepas dari yang namanya laporan keuangan sesuai perhitungan akuntansi seperti laporan laba, rugi, buku besar, khas kecil, neraca dan laporan lainnya. Dimana semua laporan tersebut tentu saja membutuhkan banyak waktu dalam pembuatannya, karena harus melalui proses perhitungan keuangan terlebih dahulu barus bisa menghasilkan laporan.

Dalam menghitung keuangan tentu saja juga bukan hal mudah, dan keuangan ini kita tahu bahwa bagian vital sebuah perusahaan. Sehingga haruslah dihitung secara baik dan tepat untuk mendapatkan laporan baik pula, sehingga laporan ini bisa dijadikan pedoman dalam pengambil keputusan masa mendatang perusahaan.

Mengatasi permasalahan keuangan perusahaan, tentu saja memanfaatkan peranan teknologi secara tepat dan guna mampu memudahkan dalam proses keuangan ini. Salah satu sistem digital yang bisa dimanfaatkan adalah Aplikasi Keuangan Akuntansi. Dimana aplikasi ini adalah sebuah program yang membantu dalam mempercepat serta memudahkan alam proses pelaporan keuangan perusahaan baik itu kebutuhan laporan neraca, laba rugi, khas dan hal lainnya.

Baca Juga : Pentingnya Peran Anggaran dalam Kemajuan Perguruan Tinggi

Tentu saja ketika perusahaan menggunakan Aplikasi Keuangan Akuntansi ini akan merasakan banyak manfaat, berikut beberapa manfaat yang menjadi Alasan kenapa perusahaan harus menggunakan aplikasi keuangan akuntansi :

  1. Mudah dalam Pembuatan Laporan Keuangan

Membutuhkan waktu yang lama dan hal lainnya ketika membuat laporan keuangan dengan cara manual. Karena bagian keuangan harus menghitung satu per satu setiap transaksi yang ada secara manual untuk dimasukan ke dalam laporan. Selain itu rentan kesalahan juga lebih besar karena ada faktornya human error misalnya tidak balancenya hasil dan hal lainnya.

Berbeda halnya jika menggunakan aplikasi keuangan akuntansi ini, maka proses perhitungan lebih cepat dlakukan dan tentu saja lebih efesien dalam pembuatan laporan. User bisa secara mudah melihat perkembangan keuangan mereka baik itu dalam bentuk grafik atau tidak. Sehingga akan memudahkan ketika ingin mengambil keputusan demi keberlangsungan perusahaan ke depannya.

  1. Mudah Melihat Laporan Keuangan

Pimpinan perusahaan akan mudah melihat laporan keuangan tanpa harus menghubungi bagian keuangan secara langsung. Sebagai pimpinan ia akan mendapatkan hak penuh untuk melihat setiap aktivitas keuangan perusahaan dari mana saja dan kapan saja.

  1. Kesalahan Perhitungan Terminimalisir

Ketika melakukan perhitungan secara manual kerap kali kita mengalami kesalahan dan terkadang ditemukan tidak balancenya khas keuangan. Jika menggunakan sistem ini tentu saja kesalahan yang ada bisa terminimalisir.

Baca Juga : Masalah Persuratan di Instansi Pemerintah

  1. Sistem Terintegrasi

Sistem keuangan ini tentu saja saling terintegrasi di beberapa divisi, misalnya ada divisi penjualan dan gudang. Sehingga ketika membutuhkan laporan penjualan langsung bagian keuangan pusat bisa mendapatkannya dengan mudah dan kapan saja. Laporan yang dihasilkanpun bisa lebih dipertanggung jawabkan karena dihasilkan secara real time.

  1. Bukti Transaksi Pengeluaran Lebih Mudah didapatkan

Karena sistem bisa di akses secara online, maka setiap bukti transaksi baik itu pengeluaran maupun pemasukan bisa disajikan dengan mudah. Selain itu sistem juga bisa mencetak buktinya dalam bentuk print out sebagai bukti jika suatu ketika dibutuhkan.

  1. Menghemat Biaya dan Waktu

Karena sistem bisa di akses dengan mudah oleh setiap orang yang membutuhkan sesuai otoritas yang diberikan, maka bagian keuangan pusat bisa melihat setiap aktivitas tersebut kapan saja dengan mudah dan cepat. Selain itu, sistem ini menyediakan fitur pencetakan faktur penjualan setelah diinput bagian penjualan secara mudah. Sehingga penetapan teknologi digital ini akan menghemat waktu dan biaya.

  1. Mudah dalam Perhitungan Hutang Piutang

Untuk mengatur arus khas tetap terjaga maka sistem keuangan ini sangat bagus sekali dalam mengelola hutang piutang. Dimana di dalam sistem tersedia fitur jatuh tempo terkait pembayaran piutang kepada supplier atau kapan client harus melakukan pembayaran terkait hutangnya.

  1. Manajemen Aset

Aset adalah bagian yang harus mendapatkan perhatian penting oleh perusahaan, dan jika manajemen aset menggunakan software akuntansi tentu saja beberapa kendala bisa teratasi. Untuk menghitung terkait daftar ases tetap, aset yang sudah habis dan yang mengalami penyusutan bisa langsung dilakukan menggunakan sistem akuntansi ini. Selain itu, laporan terkait aset untuk memudahkan pelaku bisnis atau pengguna bisa ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan terkait memanajemen aset.

Itulah beberapa manfaat dari hadirnya Aplikasi Keuangan Akuntansi ini yang menjadi alasan kenapa perusahaan harus menggunakannya. Keberadaan aplikasi akuntansi ini sebenarnya sangat banyak saat ini, hanya saja menemukan aplikasi sesuai kebutuhan anda perlu mempertimbang beberapa hal khusus.

Salah satu software house yang bisa menjadi pilihan tepat untuk perusahaan anda dalam menyediakan Aplikasi Keuangan Akuntansi adalah Garuda Cyber Indonesia. Dimana Garuda Cyber juga bisa menjadi konsultan IT terkait permasalahan perusahaan anda, sehingga tim akan membangunkan sistem sesuai kebutuhan anda. Saat ini penggunaan aplikasi keuangan akuntansi ini sudah banyak digunakan oleh beberapa instansi bahkan perguruan tinggipun mempercayai aplikasi keuangan mereka kepada Garuda Cyber.  

 

#GarudaCyber23Februari 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia