WhatsApp-Button
Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

  2020-02-07 15:45:33     Ulti Desi Arni     Dibaca 87 kali

Saat ini keberadaan teknologi memberikan begitu banyak manfat untuk penggunanya, salah satunya yaitu kehadiran gadget. Dimana hanya dalam genggaman alias mengguanakan gadget tidak hanya memudahkan kita berkomunikasi namun juga memudahkan orang mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Bahkan hadirnya media sosialpun telah memberikan banyak kemudahan dalam berkomunikasi.

Hadinya teknologi juga turut membantu para orang tua, dimana dengan memanfaatkan smartphone  berisi video game bisa mengalihkan perhatian anak mereka sementara para orang tua bekerja. Selain itu juga bisa digunakan sebagai media edukasi bersama anak.

Meskipun demikian, ketimbang dampak baiknya untuk anak gadget ini juga bisa menjadi faktor penyebab kerusakan pada anak. Sehingga penting sekali bagi orang tua mengawasi serta mengajari anaknya cara yang benar dalam penggunaan teknologi terutama Gadget.

Sebagai orang tua yang bijak haruslah bisa mengawas dan memberikan pendidikan terbaik kepada anaknya agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik pula. Salah satu caranya adalah mencegah anak kecanduan Gadget. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua terkait hal tersebut :

Baca Juga : Aplikasi Report dukung Smart City Solusi Masyarakat Mudah Laporkan Kejadian Sekitar

  1. Menentapkan Aturan dan Pedoman

Memang ada saatnya anak membutuhkan yang namanya Smartphone seperti ketika mengerjakan tugas sekolah atau ingin merefreshing otaknya setelah lelah belajar. Disinilah letak peran orang tua, yaitu tegas dalam membuat aturan serta mengarahkan kepada anak bagaimana menjadi pengguna smartphone yang cerdas dan tepat.

Bagi kamu yang memiliki anak masih belia, tentu saja harus waspada jangan sampai setiap dia menangis kamu berusaha menenangkan dengan gadget, justru ini akan membahayakan si anak karena anak akan terbiasa menangis ketika hendak menggunakan smartphone sehingga itu akan menyulitkan anda sebagai orang tua.

  1. Memantau Kegiatan anak Saat Menggunakan Gadget

Sebagai orang tua yang baik ketika anak menggunakan smartphone maka tugas kamu memastikan bahwa anak hanya menggunakan ketika butuh saja dan hindari penggunaannya jika tidak diperlukan. Kalau perlu dampingi ketika mereka menggunakannya agar kamu tahu seberapa lama waktu mereka bermain dengan gadget dan mengerjakan hal lainnya.

  1. Mengetahui Aktivitas anak berselancar di Dunia Maya

Jika anda hanya membiarkan anak sendirian dan memberikan kepercayaan penuh kepada anak dalam menggunakan smartphone agar kamu bisa melakukan pekerjaan lain ini adalah bumerang untuk anda. Bisa saja anak berselancar di internet mengakses hal yang tidak seharusnya, sehingga penting sekali anda mengetahui setiap aktivitas yang dilakukan anak agar moral anak tidak rusak dan kecanduan akan gadget.

  1. Dampingi Anak

Ketika kamu melihat si buah hati tengah menonton melalui telebisi maupun smartphone, dampingilah mereka. Meskipun ada kejengkelan di hati si anak, namun ini penting sekali kamu lakukan untuk mengawasi agar tidak menonton hal tidak seharusnya.

Baca Juga : Smart Parking Komponen Wujudkan Smart City

  1. Usahakan Selalu berinteraksi dengan Anak

Sesibuk apapun kamu dengan pekerjaan, jangan pernah membiarkan anak menghabiskan harinya dengan internet atau gadget. Berkomunikasi tatap muka itu penting, meskipun sebenarnya ketika ingin berbicara dengan anak dari jarak jauh melalui smartphone lebih memudahkan. Tetap saja berkomunikasi langsung bisa menambah kehangatan serta bermain sesekali bersama mereka agar mereka tidak terlalu fokus dengan gadget.

  1. Sosialisasikan Kepada Anak Bahayanya Teknologi

Ketika membiarkan anak menggunakan teknologi, terlebih dahulu sosialisasikan kepada mereka bahwa teknologi itu memiliki dampak buruk selain manfaatnya. Jika dia menggunakan teknologi secara berlebihan akan berdampak kepada pembelajaran mereka.

  1. Dorong Anak Bersosialisasi dengan Orang Lain

Meskipun anak rumahan itu menyenangkan, jika waktunya hanya dihabiskan di depan smartphone tentu saja itu juga tidak bagus. Doronglah anak untu bisa berinteraksi bersama teman mereka sesekali agar anak tidak hanya fokus bermain dengan gadgetnya.

Meskipun kita menyadari bahwa teknologi ini sangat penting, bahkan sebagian kita bisa dikatakan kecanduan akan ada teknologi ini. Sehingga penting sekali untuk kita menggunakan atau memanfaatkan teknologi ini secara bijak, serta tanamkan pula kepada anak bagaimana menjadi pengguna yang cerdas dan bijak berteknologi.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia