WhatsApp-Button
Aplikasi Smart Medical, Teknologi Digital Solusi Meningkatkan Pelayanan Medis

Aplikasi Smart Medical, Teknologi Digital Solusi Meningkatkan Pelayanan Medis

  2020-02-06 16:45:46     Ulti Desi Arni     Dibaca 75 kali

Kesehatan merupakan hal yang harus di jaga setiap orang, karena itu kita sering mendengar istilah bahwa “Sehat itu Mahal”. Wajar saja mahal, pasalnya kalau kita sakit rasanya meskipun memiliki uang banyak namun untuk makanpun susah jadi seakan uang yang kita miliki tidak cukup membeli kesehatan tersebut. Ketika kesehatan terganggu tentu saja sebagian besar kita mendatangi tempat medis, disanalah kita berharap mendapatkan solusi terkait apa yang dikeluhkan.

Dalam dunia medis, keselamatan para pasien ini bisa dikatakan adalah hal yang harus diprioritaskan. Sehingga penting sekali setiap berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik atau puskesmas mengutamakan kualitas pelayanan. Pelayanan yang baik dan tepat terhadap pasien tentu saja memiliki dampak atau pengaruh terhadap pasien. Jika pasien mendapatkan pelayanan kurang baik, selain itu berdampak buruk bagi instansi namun juga mempengaruhi kesehatan pasien.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh dunia kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan adalah menggunakan teknologi digital di dalam proses dan transaksinya. Kita lihat bahwa keberadaan teknologi ini bisa dikatakan cukup penting dalam kehidupan kita, dimana hadirnya teknologi memudahkan serta membuat pekerjaan kita bisa lebih cepat selesai. Sehingga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, maka penerapan teknologi haruslah digalakkan terutama rumah sakit yang memiliki jumlah pasien begitu banyak.

Hadirnya teknologi yang turut membantu dalam dunia medis salah satunya adalah Smart Medical, dimana smart medical ini merupakan sistem informasi atau manajemen rumah sakit / klinik berbasis komputer. Penggunaanya bisa di akses menggunakan komputer ataupun ponsel dimana aplikasi sistem ini akan memfasilitasi untuk pengelolaan fungsi rumah sakit secara tepat termasuk rekam medis pasien.

Baca Juga : Aplikasi Evaluasi Online Sekolah Smart School

Smart Medical ini adalah salah satu produk unggulan Garuda Cyber Indonesia dengan tujuan membantu rumah sakit atau bidang kesehatan dalam melakukan aktivitas kerjanya. Tidak hanya meningkatkan pelayanan, hadirnya Smart Medical ini juga menjadi pengganti penggunaan kertas. Sebagaimana kita tahu bahwa rekam medis itu biasanya dicatat menggunakan kertas, dan itu membuat tumpukan kertas yang banyak serta membutuhkan ruangan untuk penyimpanannya.

Tentu saja tumpukan kertas tersebut rentan dan mudah rusak, karena itulah smart medical ini dikatakan solusi tepat untuk rumah sakit. Sistem smart medical ini akan memanajemen setiap unit yang ada di rumah sakit dan merekam setiap informasi secara baik. Seperti kunjungan pasien, jadwal dokter, kehadiran karyawan, data staf, data dokter, apotek, data pasien, laboratorium, detail adiministrasi, rekam medis dan hal lainnya semua terintegrasi cukup dalam satu software saja. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini akan menunjukan bahwa sebuah rumah sakit mampu bekerja secara baik dengan memberikan pelayan terbaik dan profesional.

Smart Medical Garuda Cyber ini hadir dengan beragam fitur yang memberikan ragam manfaat serta kemudahan, baik itu untuk rumah sakit atau bagi pasien. Berikut beberapa fitur dan kemudahan yang akan dirasakan oleh penggunanya :

  1. Fitur Pendaftaran atau Administrasi

Sistem ini menyediakan fitur pendaftaran yang memudahkan bagian resepsionis, dimana pada sistem fasilitas pengisian data sendiri oleh pasien atau dibantu oleh pihak resepsionis. Data yang direkam tentu saja harus lengkap sesuai kebutuhan pihak rumah sakit, termasuk dalam pembiayaan dalam berobat apakah menggunakan dana pribadi atau menggunakan asuransi kesehatan. Sedangkan pasien lama, cukup merekam data kunjungan yakni memasukan poli tujuan sehingga data tersebut akan langsung terkirim ke bagian yang hendak di tuju.

Baca Juga : Aplikasi Beasiswa Online Sekolah Smart School

  1. Data Master

Pada data master ini akan menyimpan semua data terkait informasi yang dibutuhkan oleh pihak rumah sakit, seperti data pasien, rekam medis pasien, data dokter, data staff, data karyawan, jadwal dokter dan data lainnya.

  1. Rekam Medis

Ketika ada pasien yang melakukan kunjungan berobat tentu saja memiliki rekaman medis alias pencatatan terkait apa yang mereka alami dan penanganan apa yang harus di lakukan. Dengan adanya fitur ini setiap dokter yang menangani pasien ini bisa dengan mudah melihat riwayat pasien, sehingga memudahkan dokter dalam mengambil tindakan apa yang harus dilakukan berdasarkan riwayat kunjungan pasien tersebut.

  1. Terintegrasi dengan Laboratorium

Jika pasien melakukan pengecekan labor, hasilnya bisa langsung dilihat oleh dokter ketika pihak labor memasukan informasi ke dalam data pasien. Tentu saja, pihak labor tidak harus ke ruangan untuk memberikan hasil cek labornya.

  1. Adanya aplikasi apotek

Setelah selesai menangani pasien, dokter bisa memasukan resep ke dalam sistem yang otomatis terkirim ke apotek. Sehingga pasien atau keluarga pasien cukup mengklaim resep langsung ke bagian apotek dengan mudah dan cepat.

  1. Kasir Apotek

Kasir apotek ini akan memudahkan bagian apotek dalam memanajemen data apotek, seperti expired obat, stock obat atau pembayaran. Terkait pembayaran bisa saja langsung diinvoicekan ke bagian administrasi, dimana di bagian administrasilah pasien langsung membayarkan semua tagihannya.

  1. Laporan Lengkap

Aplikasi ini juga menyediakan laporan lengkap terkait rekam medis, kunjungan, dan lainnya. Dengan adanya laporan lengkap dan mudah didapatkan maka pimpinan rumah sakit bisa dengan mudah pula memantau setiap aktivitas yang ada. Selain itu laporan yang baik juga membantu dalam pengambilan keputusan dalam mengembangkan rumah sakit menjadi lebih baik lagi.

Selain itu fitur dan beberapa manfaat di atas masih ada banyak manfaat lainnya yang ditawarkan oleh Smart Medical dari Garuda Cyber Indonesia, paling penting sistem ini akan memberikan kemudahan dalam pelayanan. Karena semua informasi yang dibutuhkan seperti data pasien, dokter, hunian, staf, penagihan, ruangan kosong, asuransi, karyawan, laboratorium higga laporan lengkap baik statistik atau format lainnya tersimpan dalam satu sistem.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia