Alasan Pentingnya Sekolah Memiliki Website

Di era serba digital saat ini mungkin bagi sebagian kita tidak asing lagi mendengar kata website, bahkan hampir setiap hari kita mengasksesnya untuk mendapatkan informasi. Memang saja, hadirnya teknologi digital dan internet menawarkan banyak kemudahan. Baik untuk kita yang membutuhkan informasi dengan cepat ataupun untuk pihak yang hendak menyebarkan informasi.

Kebutuhan kita akan informasi ini tentu saja tidak bisa dielakan, pasalnya dengan informasi inilah kita mendapatkan banyak wawasan dan apa yang menjadi keinginan kita. Baik itu informasi terkait mata pelajaran atau tugas maupun informasi terkait tentang pendidikan. Seperti ketika hendak melanjutkan pendidikan, kita membutuhkan informasi terkait sekolah tujuan kita. Dalam mendapatkan informasi tersebut di era saat ini tentu saja kita menggunakan cara digital tanpa harus ribet mendatangi sekolah tujuan.

Karena hal tersebutlah menjadi PR besar untuk sekolah di Jambi agar bisa mengikuti perkembangan teknologi digital ini dalam memberikan informasi. Semakin mudah informasi diperoleh tentu saja akan semakin memberikan dampak baik untuk sekolah seperti meningkatkan branding sekolah, terlebih bagi yang berada di luar Jambi mereka bisa mendapatkan info dengan mudah.

Branding bisa dikatakan bagian penting harus dimiliki instansi pendidikan, karena mereka harus bersaing dengan banyaknya jumlah sekolah lainnya. Sehingga beragam cara mempromosikan akan dilakukan oleh setiap sekolah dalam meningkatkan branding ini. Sebelum kita berada di era digital ini, sekolah menggunakan cara digital dalam promosi seperti menyebarkan brosur dan memasang spanduk di jalan. Cara lama ini bisa dikatakan tidak efektif dan membutuhkan biaya lebih banyak. Karena butuh banyak kertas yang harus dicetak untuk pembuatan brosur serta butuh biaya pencetakan brosur dan spanduk tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Rapor Online Sekolah Smart School

Selain itu, informasi yang disampaikan juga tidak tersebar secara merata. Berbeda halnya jika sekolah menggunakan website dalam hal branding dan menyampaikan informasi. Dimana semua keunggulan dan kelebihan terkait sekolah bisa ditampilkan seapik mungkin tanpa ada batasan kata alias lengkap. Selain itu informasi tersebut juga akan dinikmati oleh banyak orang karena informasi tersebar sangat luas dengan bantuan internet.

Ketika sekolah memutuskan menggunakan website sebagai media komunikasi dan brandingnya, tentu saja ini tidak hanya memudahkan orang hendak menemukan informasi tapi juga memberikan manfaat lainnya. Banyak alasan kenapa website ini harus dimiliki oleh setiap sekolah, berikut beberapa alasan menjadi pertimbangan sekolah harus memiliki website :

  • Identitas Sekolah

Website ini bisa dimanfaatkan sekolah sebagai identitas mereka, karena domain yang ada tentu saja unik yang menggambarkan keadaan sekolah.

  • Media Komunikasi

Website akan menampilkan setiap informasi seputar sekolah, baik kegiatan dan info lainnya. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi masyarakat dengan sekolah. Dimana pada website tersedia fitur komentar, sehingga siapa yang mengakses dan hendak bertanya bisa meninggalkan komentar dan kemudian admin bisa membalasnya.

Baca Juga : Aplikasi Kelulusan dan Alumni Sekolah Smart School

  • Sarana Publikasi

Kehadiran website ini bisa menjadi sara publikasi kepada masyarakat mengenai apa saja yang menjadi rutinitas sekolah. Baik itu penghargaan yang di dapatkan, atau rangkaian kegiatan yang dilakukan pihak sekolah sehingga bisa menarik minat untuk bergabung.

  • Optimasi SEO dan SMO

Dengan Optimasi website melalui Search Engine Optimization (SEO) dan Social Media Optimization (SMO) tentu saja sekolah akan lebih banyak dikenal dan informasinya juga akan mudah didapatkan orang lain. Terlebih lagi ketika melakukan pencarian, website sekolah bisa berada di halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

  • Branding Sekolah Meningkat

Semakin banyak informasi tersebar dan semakin banyak yang memperolehnya tentu saja akan meningkatkan branding sekolah, sehingga sekolah akan banyak dikenal oleh masyarakat.

Itulah beberapa alasan kenapa pentingnya keberadaan website ini untuk sebuah sekolah. Sebagai sekolah zaman Now tentu saja haruslah mampu berkembang secara baik mengiringi perkembangan teknologi ada. Dengan begitu sekolah juga akan bisa memberikan pelayanan terbaik dan bisa memberikan informasi secara mudah kepada semua civitas akademik maupun masyarakat luas.

Bagi sekolah anda yang ingin memiliki website profesional dan merasakan banyak manfaat di atas, salah satu Software House yang bisa menjadi mitra anda adalah Garuda Cyber Indonesia. Dimana perusahaan ini memang sudah lama bergerak dan berpengalaman dalam pengembangan software dan salah satu produk unggulan mereka adalah Smart School.

Di dalam Smart School ini terdapat banyak sekali aplikasi yang saling terintegrasi, dan anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu akan kebutuhan IT anda sehingga tim akan mengembangkan sesuai kebutuhan anda.

 

#GarudaCyber23Februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...