WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Tracer Study di Pekanbaru

Jual Aplikasi Tracer Study di Pekanbaru

  2020-02-05 15:52:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 24 kali

Setelah selesai menempuh pendidikan dan sudah diwisuda tentu saja para alumni ini akan sangat sulit dilacak keberadaannya. Mereka berpencar ke beberapa daerah untuk memulai hidup baru, ada yang kembali ke kampung halaman untuk mengabdi bahkan ada yang bisa ke luar negeri untuk melanjutkan studi.

Setiap perguruan tinggi tentu saja mempunyai yang namanya alumni, dan mereka memiliki peran cukup penting demi kemajuan kampus. Para alumni akan membantu kampus untuk membenahi kekurangannya baik itu terkait pelayanan, proses pembelajaran hingga fasilitas belajar.

Selain itu data alumni ini juga menjadi salah satu indikator yang digunakan untuk penilaian akreditasi program studi berdasarkan aturan oleh BAN PT selaku penilai akreditasi perguruan tinggi. Sehingga penting bagi kampus memastikan bahwa para lulusannya mendapatkan pekerjaan secara tepat waktu dan sesuai dengan bidang ilmunya.

Pentingnya informasi terkait para lulusan ini disadari oleh semua kampus dan penting sekali menelusuri keberadaan alumni mereka. Namun, kenyataan di lapangan masih ada saja perguruan tinggi yang belum maksimal dalam hal ini dimana mereka tidak mengelola data alumni mereka dengan tepat.

Efek yang diarasakan karena kurangnya perhatian kampus tersebut membuat mereka kesulitan dalam menemukan informasi para alumni mereka, dan sulit menelusuri secara satu per satu. Bisa dikatakan ini adalah pekerjaan cukup sulit, dan para lulusan tersebut tidak akan mau kembali ke kampus jika hanya sekedar mengisi formulir.

Baca Juga : 6 Indikator Penting Membangun Smart City

Dalam pendataan alumni jika dilakukan secara manual oleh perguruan tinggi seperti dalam bentuk formulir, tentu saja ini sangat tidak efektif selain malasnya mereka datang kertas ini juga rentan akan kerusakan. Kalaupun ingin di input kembali membutuhkan waktu lama, sehingga penting bagi kampus menerapkan teknologi digital.

Sebagaimana kita lihat bahwa saat ini perkembangan teknologi begitu pesat serta menawarkan banyak kemudahan. Sehingganya tanpa sadar kita juga terbiasa dengan kemudahan dan kecepatan hasil kerja yang ditawarkan teknologi ini. Maka, mau tidak mau sebagai instansi pendidikan dimana memiliki banyak aktivitas di dalamnya memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik menjadi nilai plus termasuk dalam penelusuran para alumni.

Teknologi yang bisa diterapkan oleh perguruan tinggi untuk pendataan alumni ini adalah Aplikasi Tracer Study. Dimana aplikasi ini akan mengumpulkan informasi alumni dengan mudah dan baik, selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur pencetakan buku wisuda. Tentu saja banyak sekali kemudahan dan manfaat akan dirasakan oleh kampus dengan sistem ini, berikut beberapa manfaat diantaranya adalah :

  1. Indicator Studi di Masa Mendatang

Terstrukturnya data terkait alumni secara baik, tentu saja kampus bisa memperoleh informasi jelas terkait jumlah alumni, dan informasi pekerjaan mereka. Data tersebut juga bisa menjadi indikator masa mendatang terkait pelatihan apa yang harus diberikan kepada mahasiswa dan kurikulum seperti apa harus dirancang.

  1. Relathionship Terbangun Kuat

Jika alumni dan kampus saling berkomunikasi tentu saja silahturahmi akan terus berjalan, sehingga ketika dibutuhkan para alumni bisa dihubungi.

Baca Juga : Jual Aplikasi Payroll Kampus di Jambi

  1. Pantauan Lebih Mudah

Mudah bagi kampus melihat atau memperoleh data terkait jumlah lulusan mereka yang sudah bekerja, belum bekerja atau sedang melanjutkan studi. Dengan informasi tersebut tersebut diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan kampus demi kemajuan perguruan tingginya agar para alumninya bisa sukses selepas dari kampus.

  1. Monitoring Dikti

Data alumni digunakan sebagai bahan monitoring dikti, jika data diperoleh secara baik tentu saja memudahkan aktivitas pelaporan ke Dikti.

  1. Informasi Cepat dan Tepat

Kebutuhan akan informasi para lulusan bisa diperoleh secara cepat, karena tidak harus menunggu para alumni datang ke kampus untuk mendapatkan informasinya. Aplikasi bisa di akses dari mana saja dan kapan saja.

Beragam kemudahan ditawarkan oleh aplikasi Tracer Study ini, dan semua itu bisa kamu dapatkan dari produk unggulan Garuda Cyber Indonesia yaitu Smart Campus. Dimana perusahaan Garuda Cyber ini adalah Software Development sekaligus konsultan IT yang turut dalam membantu pendidikan Indonesia dalam bidang pendidikan. Smart Campus hadir sebagai solusi cerdas dalam permasalahan IT di kampus, dimana menawarkan ragam aplikasi dan sistem saling terintegrasi.

 

#GarudaCyber23Februari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia