WhatsApp-Button
Kelola Tim Marketing Perusahaan dengan Aplikasi Tracking Marketing

Kelola Tim Marketing Perusahaan dengan Aplikasi Tracking Marketing

  2020-02-04 15:22:33     Ulti Desi Arni     Dibaca 87 kali

Ketika mendengar kata marketing mungkin terbesit di benak kita adalah sales yang menjualkan produknya. Meskipun sama-sama bergerak dalam penjualan secara umum sales dan marketing ini tentu saja memiliki perbedaan. Marketing mempunyai tugas lebih besar dibandingkan sales, dimana seorang sales hanya fokus bagaimana menjualkan produk sedangkan marketing selain menjualkan produk dia harus mampu membuat produk tersebut bertahan dan tetap eksis.

Berarti secara garis besar tim marketing ini adalah team yang memiliki pekerjaan terkait penjualan serta menjaga hubungan baik antara perusahaan dan client. Tentu saja tim ini memiliki target dan list harus mereka capai dan catat setiapnya. Tim ini haruslah menyusun strategi dengan skill yang mereka miliki supaya penjualan bisa tinggi dan target bisa tercapai.

Tentu saja sebelum ke lapangan mereka ini akan melalui tahapan training dari perusahaan terkait seperti apa produk akan di pasarkan dan bagaimana melakukan penjualan yang baik. Para tim marketing tentu saja menghabiskan waktu mereka lebih banyak di lapangan untuk mencapai target tersebut. Untuk memastikan para tim marketing ini bekerja sesuai rule yang ada maka tim HRD perusahaan harus memantau setiap aktivitas mereka. Mulai dari planning, target, strategi hingga hasil yang sudah tercapai.

Dalam mengelola tim ini haruslah dilakukan secara baik agar bisa bekerja sebagaimana mestinya, berikut hal yang harus dilakukan perusahaan dalam mengelola tim marketing mereka :

  1. Efektivitas Kinerja Marketing

Dalam menilai kinerja marketing tentu saja dilihat seberapa efektif mereka dalam melakukan penjualan, seberapa besar pengaruh mereka terhadap pendapatan perusahaan. Untuk penjualan itu sendiri biasanya terbagi ke dalam beberapa tipe seperti Penjualan berdasarkan segmen pelanggan, berdasarkan jenis produk, keadaan geografis, konsumen baru atau lama dan beberapa kategori lainnya

  1. Strategi dalam Melakukan Penjualan

Sebagai tim marketing yang akan memasarkan produk tentu saja harus memiliki strategi dalam penjualan agar bisa menggaet pelanggan. Langkah awal yang harus dilakukan marketing adalah paham akan produk mereka jual, setelah itu melihat target pasar. Sehingga dengan begitu tim ini barulah bisa menyusun strategi yang tepat untuk memasarkan produk tersebut. Agar ini bisa berjalan secara baik, tentu saja perusahaan harus memantau setiap aksi dilakukan tim marketing perusahaan anda.

  1. Pencapaian target

Tentu saja tim marketing ini mempunyai target mesti mereka capai dalam penjualan. Jika target tercapai atau melebihi target maka ini akan berdampak baik pada perusahaan sehingga biasanya perusahaan akan memberikan bonus untuk kerja keras ini.

Dalam melakukan hal ini tentu saja bukan sebuah pekerjaan mudah bagi perusahaan untuk memantaunya. Perusahaan harus jeli dalam mengontrol tim marketing ini, seperti apa saja kegiatan harian mereka di lapangan dan apa bukti mereka memang sudah ke lapangan. Jika semua ini dilakukan manual tentu saja itu sangat menyulitkan, dan tidak menutup kemungkinan adanya kecurangan dan hal lainnya. Sehingga penting sekali manajemen dan tracking marketing secara tepat.

Majunya teknologi saat ini seakan menjadi solusi bagus untuk semua aspek atau bidang pekerjaan, dengan lahirnya sistem digital membuat pekerjaan jauh lebih mudah dan cepat diselesaikan. Salah satu pemanfaatan teknologi digital dalam hal ini adalah keberadaan Aplikasi Tracking Marketing dari Garuda Cyber Indonesia, dimana aplikasi ini akan memberikan pengalaman berbeda untuk perusahaan dalam memantau atau memonitoring para marketing mereka. Aplikasi ini mampu melacak setiap aktivitas yang dilakukan tim mereka secara online.

Selain itu, menggunakan aplikasi ini maka HRD perusahaan bisa melihat proses kerja seorang marketing atau tim, melihat jadwal kegiatan harian mereka, memantau titik lokasi keberadaan marketing, memberikan tugas market melalui pesan atau notifikasi hingga mencetak laporan progress yang sudah dilakukan.

Cara kerja aplikasi ini juga cukup mudah dimana bisa tertanam ke dalam smartphone marketing, sehingga seorang marketing dinyatakan bekerja itu ketika dia login ke dalam aplikasi dan itu semua otomatis bisa dilacak. Beberapa fitu yang ditawarkan oleh Garuda Cyber Indonesia dalam aplikasi ini adalah :

  1. Login oleh admin, HRD dan marketing
  2. Keberadaan lokasi atau titik marketing bisa dipantau
  3. Aktivitas marketing dilengkapi dengan upload bukti fisik
  4. Jadwal atau planning kunjungan
  5. Data Konsumen
  6. Input Strategi
  7. Notifikasi baik itu tugas atau peringatan lainnya
  8. Pencapaian Target dan Penjualan
  9. Rekaman Tracking
  10. Laporan lengkap sesuai kebutuhan
  11. Fitur lainnya sesuai kebutuhan perusahaan.

Tentu saja semua fitur aplikasi ini akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan dalam memanajemen marketing perusahaan mereka, sehingga memudahkan dalam menilai kinerja setiap tim marketing. Selain itu informasi terkait penjualan, target dan data pelanggan juga bisa diperoleh secara mudah.

Berikut beberapa kelebihan dari aplikasi Tracking Marketing Garuda Cyber ini :

  1. Sistem ini user friendly dan menjadi solusi tepat terkait persoalan dunia pemasaran
  2. Terintegrasi dengan platform lain misalnya manajemen perusahaan atau absensi dan bisa di akses melalui smartphone
  3. Bisa dimanfaatkan oleh HR perusahaan ataupun karyawan sehingga memudahkan dalam mengontrol setiap kinerja yang ada.

Dengan semua fitur dan keunggulan aplikasi ini tentu saja perusahaan anda bisa mendapatkannya dari Garuda Cyber Indonesia. Rasakan sensasi begitu mudahnya dalam memanajemen tim marketing dengan aplikasi Tracking Marketing dari Garuda Cyber Indonesia ini.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia