WhatsApp-Button
Jual Sistem Perpustakaan Sekolah di Pekanbaru

Jual Sistem Perpustakaan Sekolah di Pekanbaru

  2020-01-31 16:44:29     Ulti Desi Arni     Dibaca 52 kali

Perpustakaan merupakan jendela dunia, dimana di dalamnya banyak sekali sumber ilmu pengetahuan baik itu berupa buku maupun literatur ilmiah. Setiap instansi pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi tentu saja harus mempunyai perpustakaan. Karena perpustakaan ini memiliki peranan yang cukup penting dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peserta didik yang ada.

Tidak hanya instansi pendidikan, pemerintahan kota maupun daerahpun merancang perpustakaan umum agar masyarakat mereka bisa menimba ilmu tanpa batas. Keberadaan perpustakaan yang baik dirasakan cukup membantu sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Ketika kita berbicara terkait perpustakaan tentu saja sebagian orang menganggap ini adalah gudang buku, dimana di dalamnya banyak sekali jenis buku dan terkadang ketika hendak menemukan buku diinginkan butuh waktu lama. Sehingga, ada yang merasa bosan ke perpustakaan untuk proses ini.

Hal tersebut terjadi karena perpustakaan masih menggunakan cara manual dalam proses dan pengelolaannya. Tidak hanya sulit dalam menemukan koleksi, selaku petugas perpustakaanpun sering kewalahan dalam manajemen perpustakaan ini. Setiap harinya tentu saja banyak transaksi yang terjadi, baik itu peminjaman, penambahan koleksi, pengembalian belum lagi penghitungan denda. Permasalahan terbesar adalah kehilangan buku, sehingga dalam manajemen perpustakaan ini haruslah benar-benar dilakukan dengan baik oleh mereka yang sudah profesional.

Baca Juga : Aplikasi SPP Online Sekolah Smart School

Sebuah perpustakaan yang baik tentu saja adalah yang memberikan pelayanan terbaik dimana setiap informasi mengenai katalog buku atau koleksi sekaligus transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Semakin mudah dan cepat sebuah proses maka itu akan semakin memberikan kesan terbaik. Meskipun petugas atau pustakawan yang dimiliki adalah orang profesional, jika transaksi yang terjadi terbilang lama tetap saja akan berpengaruh buruk pada sebuah citra dan operasional lainnya.

Apalagi sebuah sekolah, tentu saja banyak sekali aktivitas yang terjadi pada perpustakaan ini dimana salah satu program dicanangkan pemerintah adalah program literasi sekolah. Dimana setiap siswa setiap harinya haruslah membaca buku walaupun sedikit, sehingga perpustakaan yang baiklah bisa menunjang ini semua.

Keberadaan teknologi digital saat ini telah memberikan banyak sekali kemudahan untuk semua aspek atau bidang pekerjaan. Jika dulunya sebuah pekerjaan bisa selesai apabila di handle oleh banyak pihak, kini dengan bantuan teknologi itu semua bisa lebih mudah dan cepat. Teknologi yang tepat dalam membantu perpustakaan di sekolah adalah Sistem Perpustakaan Sekolah, dimana menggunakan sistem ini akan memudahkan pustakawan dalam memanajemen perpustakaan. Selain itu, koleksi buku yang ada juga bisa di akses secara online.

Menggunakan sistem perpustakaan tentu saja banyak keunggulan selain buku tersusun rapi dan tercatat baik, transaksipun akan berjalan dengan lancar. Karena semua tersimpan di dalam satu database.

Salah satu penyedia sistem perpustakaan Sekolah ini di Pekanbaru adalah Garuda Cyber Indonesia, yaitu perusahaan IT yang bergerak dalam bidang IT Development sekaligus konsultan IT. Keberadaan perusahaan ini cukup membantu dalam persoalan IT sekolah, terutama di Pekanbaru. Dimana Garuda Cyber memiliki produk unggulan yang fokus dalam membantu bidang pendidikan salah satunya Smart School. Di dalam Smart School ini terdapat banyak sistem dan aplikasi saling terintegrasi dan di antaranya adalah Sistem Perpustakaan Sekolah ini.

Ragam fitur ditawarkan dalam Sistem Perpustakaan Sekolah ini, di antaranya adalah :

  • Manajemen Data Master (Rak, Kategori, Klasifikasi, Denda)
  • Terintegrasi dengan ISBN Nasional
  • Manajemen buku seperti penambahan stock, usulan buku baru, sisa stock, kode dan lainnya
  • Fitur transaksi seperti Peminjaman, pengembalian, booking dan denda
  • E-jurnal dan e-book
  • Manajemen data anggota
  • Cetak kartu anggota
  • Terintegrasi dengan sistem manajemen akademik
  • Cetak label atau barcode buku
  • Laporan lengkap seperti laporan peminjaman, pengunjung, denda dan lainnya.
  • Cetak surat bebas pustaka

Selain fitur di atas, sekolah juga bisa menambahkan fitur sesuai keinginan dan Garuda Cyber siap untu memenuhi itu semua. Ketika sekolah menggunakan aplikasi perpustakaan dari Garuda Cyber Indonesia, tentu saja akan banyak sekali kemudahan yang akan dirasakan. Berikut beberapa manfaat dari aplikasi Perpustakaan Sekolah :

Baca Juga : Aplikasi Penggajian Sekolah Smart School

  1. Pengelolaan Data Perpustakaan Efektif dan Efisien

Dalam mengelola data set perpustakaan dan administrasi tentu saja akan jauh lebih mudah, efektif dan efesien. Sistem bisa menghasilkan laporan dengan mudah, serta dapat menghitung denda secara otomatis.

  1. Advance Search (Pencarian Cepat dan Tepat)

Ketika hendak menemukan buku, tentu saja menggunakan sistem ini jauh lebih mudah karena sistem menyediakan fitur pencarian cepat dan tepat. Sehingga tidak perlu harus melihat satu per satu rak buku.

  1. Mendukung Penggunaan Barcode

Untuk memudahkan petugas dalam memberi kode atau label buku, sistem ini menyediakan fitur cetak barcode, selain itu jika pengkodean sesuai barcode yang ada petugas cukup menscan barcode dalam pendataan buku tersebut.

  1. Terintegrasi

Sistem perpustakaan sekolah ini terintegrasi dengan sistem manajemen akademik, sehingga data siswa dan anggota perpustakaan tidak perlu diinputkan berulang kali.

  1. Laporan Lengkap

Laporan adalah bagian terpenting dalam sebuah manajemen, laporan yang baik berguna untuk mengambil keputusan demi kemajuan akan datang. Nah, sistem ini dapat menyajikan laporan secara lengkap serta sesuai dengan kebutuhan anda.

Itulah beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh Garuda Cyber Indonesia dalam Sistem Perpustakaan Sekolahnya, tentu saja dengan teknologi digital ini akan menjadi solusi tepat setiap sekolah. Sebagai sekolah Zaman Now tentu saja dituntut harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini sekaligus mampu memberikan pelayanan terbaik dan informasi secara tepat dan tepat kepada seluruh civitas akademika sekolah.

 

#GarudaCyber23Januari 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia