Tips dalam Pengelolaan Manajemen Aset Perusahaan

Aset adalah bagian penting yang tidak bisa dilepaskan keberadaannya dalam sebuah instansi maupun perusahaan. Baik itu industri kecil dan besar tentu saja memiliki aset. Aset itu sendiri terbagi atas dua di setiap perusahaan yaitu aset tetap dan aset tidak tetap.

Masing-masing aset di dalam perusahaan tentu saja banyak sekali jenis dan macamnya, belum lagi setiap aset mempunyai nilai berbeda alias value yang berbeda. Ada yang mempunyai nilai jual besar dan ada juga aset yang membutuhkan pemeliharaan. Dalam mengelola sebuah aset perusahaan bukanlah hal mudah, dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kerugian.

Belum lagi jika aset tersebut akan di jual untuk pelanggan tentu saja ini memang benar membutuhkan manajemen aset yang baik. Setiap perusahaan tentu saja mempunyai seseorang yang memang ditugaskan dalam manajemen aset ini dan tentu saja orang tersebut adalah yang paham akan cara kerja manajemen aset ini.

Baca Juga : Wujudkan Kota Cerdas menggunakan 5 Komponen Teknologi Smart City

Untuk memudahkan dalam pengelolaan atau manajemen aset ini, maka dibutuhkan cara atau tips yang tepat. Setidaknya dibawah ini adalah beberapa tips bisa anda coba terapkan pada perusahaan anda dalam mengelola aset yang ada.

  1. Memilih Tim Handal serta Bisa di Percaya dalam Pengelolaannya

Tips pertama ini adalah point penting yang harus diperhatikan yaitu memiliki tim yang memang handal dan profesional di dalam bidang tersebut. Jika pengelolaan aset ini dilakukan oleh satu tim yang memang fokus tentu saja akan bisa lebih ringan dan mudah dibandingkan jika orang yang mengelolanya memilki fokus kerja bercabang-cabang. Penting bagi perusahaan membentuk tim yang memang benar handal, dapat dipercaya serta bertanggung jawab dalam mengelola aset perusahaan anda.

  1. Mengetahui Siklus Aset Perusahaan

Penting sekali perusahaan mengetahui seluk beluk aset yang dimilikinya termasuk siklus aset muai dari pembelian, butuh pemeliharaan hingga aset yang tidak bisa digunakan. Perusahaan harus mampu memprediksi setiap aset berapa lama bisa bertahan dan kapan harus dilakukan pemeliharaan. Sehingga ketika hendak mengadakan aset baru hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Baca Juga : Sistem Papper Office di Pemerintahan Wujudkan Smart City

  1. Melacak Aset Secara Berkala

Aset akan berpengaruh pada finansial perusahaan jika tidak jeli dalam memanajemennya, sehingga aset apa yang masih ada dan habis haruslah diperhatikan dengan cermat. Terlebih lagi setiap aset tersebut harus membayarkan pajak, nah jika kita tidak tahu kondisi aset ini bisa saja aset yang sudah tidak ada kita masih saja membayarkan pajaknya.

  1. Mengetahui Depresiasi Aset

Produktifitas karyawan bisa dipengaruhi oleh aset ini, dimana jika kinerja seorang karyawan ternyata terhambat karena aset sebagai penunjang kinerjanya ternyata tidak baik lagi kualitasnya. Sehingga penting sekali perusahaan mengetahui layak atau tidaknya sebuah aset digunakan dan apa akibatnya. Dengan begitu perhitungan depresiasi secara rutin bisa dilakukan agar mengetahui kapan waktu tepat dalam mengadakan aset baru.

  1. Memanfaatkan Teknologi Digital

Keberadaan teknologi digital saat ini memberikan banyak kemudahan untuk kita, dimana hampir semua aspek bidang pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat berkat bantuan teknologi. Sesuatu pekerjaan yang dilakukan secara manual tentu saja memiliki banyak resiko, selain itu membutuhkan banyak waktu dan sumber daya manusia serta biaya.

Berbeda halnya jika perusahaan menggunakan teknologi digital dalam mengelola aset ini, semua bisa dilakukan secara otomatis. Saat ini banyak sekali aplikasi yang membantu dalam manajemen aset ini dimana setiap aplikasi tersebut bisa menampilkan jumlah aset, nilai aset, aset yang butuh pemeliharaan, pelacakan penyusutan, analisa biaya dan hal lainnya. Tentu saja menggunakan aplikasi adalah solusi paling mudah dan tepat untuk digunakan.

Ketika sudah menerapkan tips di atas untuk mendapatkan aplikasi handal dalam membantu perusahaan anda dalam manajemen aset anda bisa mempercayakan kepada Garuda Cyber Indonesia. Dimana Garuda Cyber adalah perusahaan IT yang bergerak di bidang Software development sekaligus konsultan IT. Sehingga tim Garuda Cyber siap membantu dan memberikan solusi terkait permasalahan aset perusahaan anda.

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...