Pentingnya Tracer Study bagi Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi tentu saja memiliki para alumni setiap tahunnya, dimana meskipun sudah menyandang status alumni mereka juga menjadi peran penting bagi sebuah kampus. Pasalnya berhasilnya para alumni tersebut diterima di dunia kerja menjadi salah satu poin untuk penilaian akreditasi kampus yang tertulis dalam Ristekdikti. Sehingga, perguruan tinggi memang sangat harus memperhatikan dengan benar tentang keberadaan para alumninya.

Selain sebagai faktor dalam penentu akreditasi, keberadaan para alumni juga bisa memberikan motivasi dan menularkan ilmu pengetahuannya kepada adik tingkat sekaligus sebagai penyambung silahturahmi. Bahkan keberadaan alumni juga bisa mempermudah generasi berikutnya mendapatkan link pekerjaan. Keberadaan alumni bisa dikatakan haruslah diperhitungkan sehingga kampus harus melakukan penelusuran terhadap para alumninya alias Tracer Study.

Adapun alasan pentingnya Tracer Studi untuk perguruan tinggi di antaranya adalah :

  1. Syarat Akreditasi Kampus

Salah satu indikator penilaian dalam akreditasi perguruan tinggi adalah keberhasilan para lulusannya diterima di dunia kerja. Dimana akreditasi ini sendiri merupakan penilaian dari BAN PT yang memiliki peran cukup penting bagi sebuah kampus. Semakin bagus akreditasi yang dimiliki sebuah kampus tentu saja semakin diperhitungkan keberadaan kampus tersebut.

Selain itu keberadaan akreditasi ini juga menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menjamin mutu sebuah perguruan tinggi ketika menghasilkan lulusan. Sehingga, menjadi PR besar setiap kampus dalam mempersiapkan akreditasi ini dan menelusuri para alumninya. Sehingga penting bagi perguruan tinggi menggunakan aplikasi Tracer Study untuk memudahkan hal ini.

Baca Juga : Mengembangkan Potensi Pariwisata Daerah dengan Smart City

  1. Mengetahui Outcome yang Dihasilkan Kampus

Outcome adalah hal yang selalu dihasilkan oleh kampus sehingga mejadi bagian penting bagi kampus memperhatikan outcome ini. Mengetahui outcome ini maka kampus bisa memperoleh informasi tentang seberapa besar manfaat para alumni mereka terhadap perubahan ekonomi, kependudukan, sosial dan lingkungan.

Melalui sistem tracer studi ini tentu saja akan memudahkan perguruan tinggi dalam menampung setiap informasi lulusan mereka dalam membantu pembangunan negeri yang sesuai dengan jurusan mereka ampuh semasa kuliah.

  1. Mengetahui Kontribusi Kampus Terhadap Persaingan di Dunia Kerja

Menjadikan para mahasiswanya berkompeten sesuai dengan bidang studi yang diambil sehingga bisa berguna di dunia kerja setelah lulus adalah salah satu misi dari perguruan tinggi. Mengetahui informasi ini tentu saja menjadi bahan pertimbangan bagi kampus dalam mengatur strategi pendidikan.

Nah, untuk mendapatkan informasi ini tentu saja kampus harus menyediakan sistem tracer study dalam memudahkannya. Dimana para alumni dapat mengakses sistem langsung tanpa datang ke kampus dan mengisikan informasi sesuai dibutuhkan.

  1. Bahan Monitoring Lulusan Ketika Memasuki Dunia Kerja

Perguruan tinggi adalah wadah yang menampung banyak pelajar dari seluruh Indonesia, dan jumlahnya tentu saja banyak dan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Seiring dengan pertambahan tersebut tentu saja menghasilkan para lulusan pula setiap tahunnya. Para lulusan tersebut akan tersebar sesuai dengan lokasi mereka mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga : Manfaat Big Data dalam Membangun Smart City

Untuk memonitoring para lulusan yang berada berjauhan sekaligus merancang strategi promosi berdasarkan geografis maupun instansi maka sistem tracer study adalah pilihan tepat yang harus digunakan kampus. Dimana para alumni bisa memberikan info terkini langsung ke dalam sistem dan ini membantu humas kampus untuk menjaring mahasiswa baru pada daerah dimana para alumni tersebut berada.

  1. Bahan Evaluasi dan Pertimbangan dalam Pengambilan Keputusan

Setiap para lulusan akan diminta untuk mengisi informasi terkini mereka, dimana mereka mengisi formulir seperti data dan pekerjaan mereka. Dengan adanya data tersebut tentu saja bisa dijadikan bahan evaluasi bagi kampus. Untuk meningkatkan mutu dan kualitas perguruan tinggi tentu saja harus melakukan evaluasi terhadap kinerja atau hal lainnya.

Hasil evaluasi ini tentu saja bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi kampus dalam mengambil keputusan untuk kemajuan perguruan tinggi. Berdasarkan data yang diisi para lulusan maka kampus bisa melihat seberapa besar keterkaitan mata kuliah yang di ajarkan di kampus diterima di dunia pekerjaan. Dalam memudahkan evaluasi ini maka sistem Tracer Studi tentu saja memiliki peranan sangat penting, dimana pada sistem kampus bisa mendapatkan informasi dibutuhkan terkait para alumni.

Itulah beberapa alasan kenapa Sistem Tracer Studi penting bagi perguruan tinggi. Sebagai bahan pertimbangan dalam menemukan jasa penyedia Sistem Tracer Studi ini maka Garuda Cyber Indonesia siap menjadi mitra setiap kampus yang ada di Indonesia. Dimana Garuda Cyber memiliki produk unggulan yaitu Smart Campus di dalamnya terdapat banyak aplikasi dan sistem yang saling terintegrasi salah satunya Tracer Study.

Saat ini sudah banyak kampus yang merasakan manfaat Smart Campus Garuda Cyber Indonesia ini, sekarang giliran kampus anda yang maju bersama generasi digital. Sebagai kampus Zaman Now tentu saja haruslah kampus yang bisa memberikan kemudahan untuk civitas kampusnya dalam memberikan informasi ataupun mendapatkan informasi serta pelayanan yang baik.

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...