Cara Meningkatkan Keamanan Siber untuk Perusahaan

Keamanan adalah sebuah hal yang penting harus dijaga dan dimiliki oleh perusahaan apapun itu, terlebih lagi perusahaan modern dimana hampir setiap aspek pekerjaannya berkaitan dengan teknologi digital dan internet. Sebagai perusahaan modern tentu saja harus memikirkan dengan baik terkait keamanan sibernya. Jika keamanan siber yang dimiliki tidak bisa dihandalakn tentu saja akan sulit untuk bisa berkembang serta beroperasional secara optimal.

Meskipun keamanan fisik juga harus diperhatikan, namun karena rutinitasnya hampir berkaitan dengan internet maka ini memang harus menjadi fokus utama perusahaan. Untuk mengantisipasi terkait ancaman fisik bisa dilihat dengan jelas bahkan bisa saja itu pihak internal, berbeda dengan ancaman siber karena tidak menentu entah serangan dari mana dan menyerang kapan saja. Resiko terburuk dari kemungkinan ini adalah bocornya data terkait keuangan sehingga membuat perusahaan harus mengalami kerugian.

Jika kerugian yang dialami perusahaan besar tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan bisa mengalami kebangkrutan alias tidak mampu beroperasional secara baik. Tentu saja permasalahan tersebut tidak ingin dialami oleh perusahaan manapun, sehingga penting sekali dan menjadi PR besar perusahaan untuk bisa meningkatkan keamanan sibernya. Sebagai alarm atau antisipasi berikut beberapa cara bisa dicoba untuk meningkatkan keamanan siber ini :

  1. Melatif Pegawai

Manusia bisa menjadi faktor yang sangat krusial dalam permasalahan ini, sebagai manusia ada kalanya teliti dan ada saatnya ceroboh. Tentu saja kecerobohan tersebut bisa berdampak pada keamanan siber alias membahayakan sistem yang tengah mereka tangani. Menjadi tugas perusahaan untuk melatih para pekerja dalam antisipasi adanya pembobolan atau bahaya lainnya yang mengancam.

Bekali mereka dengan pelatihan yang memadai sehingga mereka memiliki kemampuan yang cukup untuk menghindari serangan siber. Bisa saja mengingatkan mereka untuk berhati-hati dalam penggunaan jaringan internet luar perusahaan ketika menggunakan sistem atau tidak sembarangan ketika membuka tautan email.

Baca Juga : Jual Aplikasi Sistem Informasi Riset Kampus di Jambi

  1. Mengutamakan Pengamanan Terhadap Aset Perusahaan

Cyber Crime itu selalu saja mencari banyak cara atau celah keamanan agar bisa masuk ke sistem anda, entah itu melalui router, firewall atau perangkat IT lainnya yang perusahaan anda gunakan. Tentu saja jaringan bisa di akses jika mereka menemukan celah tersebut, dan merekapun bisa melakukan hal yang tidak di-ingikan seperti mencuru informasi penting perusahaan. Sehingga menjadi tugas tim IT perusahaan untuk memastikan bahwa aset perangkat yang ada sudah dikonfigurasi secara baik, memperbaharui software maupun hardware secara berkala serta melindungi password secara baik.

  1. Membackup Data Secara Berkala

Tentu saja kita tidak tahu kapan sistem akan diserang oleh penjahat siber ini. Sehingga penting bagi perusahaan untuk membackup data secara berkala sebagai antisipasi apabila tiba-tiba sistem anda diserang dan mengalami kelumpuhan. Atau data anda mengalami kehilangan, namun karena memiliki backup tentu saja ini tidak terlalu menjadi persoalan. Dimana dengan adanya data cadangan anda bisa memulihkan kembali data tersebut. Ingat, lakukan secara berkala agar selalu mendapatkan data terbaru.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Standar Akuntansi di Jambi

  1. Menggunakan VPN

Penyerang siber bisa dengan mudah menyusup ke dalam jaringan yang hanya dilindungi oleh sistem standar, hal ini disebabkan kurang baiknya lapisan pelindungnya. Sebagai solusi agar keamanan bisa ditingkatkan yaitu menggunakan VPN (Virtual Private Network) dimana mampu mempersulit peretas dalam melacak koneksi yang anda gunakan.

  1. Menggunakan Aplikasi Pendeteksi

Langkah selanjutnya yang bisa perusahaan gunakan adalah menggunakan aplikasi pendeteksi atau antivirus. Tentu saja dalam level perusahaan harus menggunakan antivirus yang memang memiliki kemampuan dalam mendeteksi yang lebih baik dan komprehensif.

  1. Melakukan Pengujian Keamanan

Lakukanlah pengujian terhadap keamanan sistem anda dengan menguji celah keamanan, pengetesan penetrasi sistem, pengujian batas perimeter dan pengujian lainnya. Melakukan pengujian ini bisa membantu anda mengetahui dimana letak celah atau kelemahan dari sistem perusahaan anda sehingga andapun bisa mengantisipasinya.

Di zaman serba digital ini tentu saja perkembangan teknologi semakin canggih dan itu diiringi dengan meningkatnya kejahatan siber yang terus mengancam. Sehingga menjadi prioritas penting bagi perusahaan modern yang menerapkan teknologi dalam pekerjaannya untuk menjamin sistem keamanan yang ada secara optimal.

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...