Alasan Perguruan Tinggi Harus Menggunakan Aplikasi Akuntansi

Manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting pada sebuah organisasi baik itu perusahaan besar, kecil, UMKM hingga perguruan tinggi tentu saja tidak bisa terlepas dari keuangan ini. Keuangan adalah bagian vital sehingga sangat dibutuhkan ketelitian dan kecakapan di dalamnya. Jika pengelolaan keuangan ini tidak dilakukan secara tepat tentu saja akan berdampak pada operasional, misalnya adanya pembengkak-an atau tidak sinkronnya pemasukan dan pengeluaran.

Terlebih lagi pada sebuah perguruan tinggi, tentu saja banyak sekali kaitannya dengan keuangan serta banyak sekali transaksi terjadi. Karena itu, akuntan kampus harus benar-benar bisa fokus terkait persoalan ini. Tapi, pada kenyataannya bahwa kegiatan pada sebuah perguruan tinggi tentu saja banyak sekali yang mesti dikerjakan sehingga akuntan kerap kali kesulitan untuk memantau dan bisa fokus pada pencatatan keuangan.

Sebagai solusi terkadang kampus mempunyai staf khusus dalam membantu terkait keuangan ini, namun dengan adanya staf keuangan di zaman saat ini tentu saja masih di rasa kurang efektif. Pengelolaan keuangan secara manual rentan sekali terhadap resiko terjadinya human error seperti kesalahan dalam mencatat, membutuhkan waktu lama dalam pembuatan laporan atau adanya kecurangan.

Baca Juga : Jual Aplikasi Keuangan Standar Akuntansi di Jambi

Kita berada pada zaman dimana teknologi menawarkan begitu banyak kemudahan dan membantu pekerjaan kita bisa selesaikan dengan cepat dari semestinya, tentu saja hal ini juga bisa dimanfaatkan perguruan tinggi dalam mengelola keuangannya. Hadirnya teknologi tersebut tentu saja akan menjadi solusi terkait permasalahan yang ada, dan teknologi yang mampu membantu pekerjaan akuntan adalah aplikasi akuntansi. Dimana aplikasi ini memudahkan dalam mengelola keuangan dan tentu saja akan menghasilkan laporan lebih akurat dan cepat.

Aplikasi akuntansi ini menawarkan banyak sekali manfaat untuk perguruan tinggi, sehingga sudah sepatutnya kampus beralih dari cara manual menggunakan aplikasi keuangan. Berikut beberapa alasan bisa dijadikan bahan pertimbangan kampus kenapa harus menggunakan aplikasi akuntansi :

  1. Pekerjaan Bisa dikerjakan lebih cepat

Tentu saja tidak membutuhkan waktu lama dalam melakukan sebuah pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi digital ini. Biasanya kita harus mencatat pada beberapa buku terkait transaksi, jika menggunakan aplikasi tentu saja cukup menginputkan transaksi ke dalam sistem dan tidak takut jika buku habis ketika hendak mencatat keuangan.

  1. Pembukuan lebih rapi dan otomatis

Tentu saja setiap adanya transaksi ketika menggunakan sistem akan tercatat lebih rapi, karena setiap adanya pengeluaran atau pemasukan akan diinputkan langsung ke dalam sistem. Selain itu, ketika hendak melihat transaksi sebelumnya atau laporan bisa otomatis sehingga laporan bisa digunakan secara cepat untuk pengambilan keputusan.

  1. Hemat Biaya dan Waktu

Menggunakan aplikasi akuntansi tentu saja tidak membutuhkan banyak waktu lagi untuk mencatat transaksi yang begitu banyak dan pembuatan laporan dibandingkan dengan cara manual. Selain itu, menggunakan sistem tentu saja akan banyak menghemat biaya seperti penggunaan buku bisa di hemat karena hanya menggunakan sistem. Bahkan untuk kampus yang memiliki budget terbatas untuk memperkerjakan akuntan, sangat membantu sekali dengan adanya aplikasi ini.

Baca Juga : Jual Sistem Penelitian Kampus di Jambi

  1. Aman

Ketika kita menggunakan cara manual dalam pengelolaan keuangan ini tentu saja akan rentan namanya kehilangan bukti fisik, selain itu bisa saja berkas mengalami kerusakan terkena air atau hal lainnya. Berbeda halnya dengan menggunakan aplikasi, tentu saja data tersimpan di dalam satu database dan menggunakan server cloud. Sehingga aplikasi akuntansi bisa dikatakan lebih aman ketimbang cara konvensional terutama ketika data tersebut sangat penting sekali.

  1. Laporan Lebih Jelas

Kita tahu bahwa laporan memiliki peranan cukup penting dalam pengambilan keputusan masa depan kampus. Laporan yang baik dan lengkap tentu saja bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan tepat dalam menentukan anggaran berikutnya. Dalam pembuatan laporan ini tentu saja butuh waktu ekstra dalam menyusunnya jika dilakukan manual. Namun, jika menggunakan aplikasi akuntansi tentu saja tidak seribet manual. Pasalnya aplikasi ini akan menyediakan laporan lengkap sesuai kebutuhan, sehingga anda cukup memfilter laporan apa yang dibutuhkan dan mencetaknya.

Begitu banyaknya manfaat yang akan di dapatkan setiap kampus jika menggunakan aplikasi akuntansi untuk memanajemen keuangan kampus. Saat ini banyak sekali aplikasi akuntansi ini karena banyak start-up berlomba-lomba membangunnya. Sehingga penting sekali kampus menemukan sistem yang pas untuk perguruan tinggi seperti aplikasi keuangan atau finance dari Garuda Cyber Indonesia.

Garuda Cyber adalah perusahan IT sekaligus konsultan IT yang memiliki produk unggulan Smart Campus dimana di dalamnya terdapat banyak aplikasi yang saling terintegrasi dan membantu sekali untuk kampus. Salah satu dari aplikasi tersebut adalah Aplikasi Keuangan atau Finance ini, dimana aplikasi keuangan berstandar akuntansi yang dirancang sesuai kebutuhan kampus sehingga sangat memudahkan sekali bagi perguruan tinggi mengelola keuangannya. Tentu saja aplikasi ini memiliki banyak fitur sesuai kebutuhan kampus dan menghasilkan laporan lengkap.

Saat ini sudah banyak kampus atau perguruan tinggi di Indonesia mempercayakan kebutuhan IT mereka kepada Garuda Cyber Indonesia dan merasakan banyak manfaatnya. Kini saatnya kampus anda, dan tidak perlu pusing memikirkan server karena Garuda Cyber menyediakan server cloud yang tentu saja di monitoring secara berkala oleh tim profesional.

 

#GarudaCyber23Januari 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...