Transformasi Digital yang Harus dilakukan Kampus Zaman Now

Saat ini kita berada di era serba digital dimana banyak sekali teknologi canggih yang hadir setiap saatnya sehingga menuntut semua aspek pekerjaan harus bisa bertransformasi agar bisa memberikan pelayanan terbaik. Hadirnya teknologi digital ini tentu saja memberikan banyak sekali kemudahan dan mempercepat ragam pekerjaan, agar tidak tertinggal maka mau tidak mau semua instansi baik itu perguruan harus beralih menggunakan teknologi digital.

Jumlah peminat atau calon mahasiswa tentu saja akan dipengaruhi dengan adanya digitalisasi dalam perguruan tinggi, karena kita tahu bahwa saat ini siapa saja ingin sebuah hal yang mudah dan cepat didapatkan. Menggunakan teknologi digital maka aktivitas kampus akan dimudahkan sehingga pelayanan yang diberikan pihak perguruan tinggipun bisa jauh lebih baik dan itu akan berdampak kepada baiknya citra sebuah kampus.

Pada perguruan tinggi tentu saja banyak sekali aktivitas yang terkait pelayanan mulai dari pendaftaran hingga wisuda. Untuk memudahkan hal tersebut maka menggunakan teknologi digital adalah solusi tepat, dan berikut beberapa teknologi digital yang bisa dimanfaatkan kampus dalam meningkatkan kualitas serta pelayanan perguruan tinggi.

  1. SPMB Online

Transformasi digital yang bisa dilakukan pertama kali oleh perguruan tinggi adalah menggunakan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPBM) Online, karena penerimaan mahasiswa baru adalah langkah awal mesti dibenahi agar selanjutnya bisa termanajemen secara baik. Sebagaimana kita tahu bahwa saat ini tidak ada yang terlepas dari namanya internet, dengan berselancar di dunia maya mereka bisa mendapatkan kebutuhan mereka. Begitu jugalah seharusnya ketika mendaftar ke perguruan tinggi, dimana mereka bisa melakukan pendaftaran dengan mudah tanpa harus datang langsung ke kampus terkait. Jika ketika awal mendaftar aja calon mahasiswa sudah merasakan kemudahan tentu saja mereka akan merasa tertarik untuk bergabung. Selain itu, jika data di awal sudah tersimpan baik maka untuk data akademik mahasiswa yang diterima atau bergabung juga akan bisa tersinkron dengan sistem akademik dan sistem lainnya.

  1. Sistem Akademik

Ketika data di SPMB sudah fix jumlah mahasiswa yang terdaftar maka bisa langsung tersinkron dengan sistem akademik atau istilah yang sering di dengar adalah SIAKAD. Kampus tidak perlu menginput kembali data hanya cukup melakukan revisi jika ada yang mesti direvisi. Siakad ini tentu saja menyimpan data berkaitan dengan akademik seperti data mahasiswa, nilai, KRS dan hal lainnya. Ketika kampus sudah menggunakan SIAKAD maka semua data tersimpan dalam satu database sehingga ketika pelaporan ke Feeder Dikti juga akan lebih mudah. Selain itu sebagai big data yang digunakan untuk pengambilan keputusan demi kemajuan perguruan tinggi.

Baca Juga : Jasa Konsultan IT di Jambi

  1. Pembayaran Online

Sering kita jumpai setiap periode pembayaran uang kuliah maka di kampus terjadi antrian yang cukup panjang dan melelahkan. Tentu saja ini kurang efesien, ditambah lagi para mahasiswa harus memegang uang cash yang rentan tercecer atau hilang. Tentu saja itu semua akan teratasi jika kampus beralih menggunakan pembayaran secara online.

Pembayaran secara online tidak hanya memudahkan mahasiswa namun juga sangat membantu sekali untuk pihak kampus. Karena tidak perlu lagi memproses transaksi manual, mereka cukup mengecek pembayaran di dalam sistem dan meng-approve jika sudah membayar barulah mahasiswa terkait bisa mengisi KRS atau mendapatkan nilai.

  1. Absensi Online

Absensi ini tentu saja bagian yang cukup penting dalam kegiatan pembelajaran di kampus, pasalnya absensi ini juga bahan pertimbangan ketika akan melakukan ujian. Jika mahasiswa baru bisa mengikuti ujian dengan syarat kehadiran 80% dari jumlah pertemuan sedangkan dosen baru bisa melakukan ujian jika sudah mengajar 16 kali pertemuan dalam satu semester. Untuk mencatat dan memastikan ini berjalan baik, maka absensi adalah pedomannya.

Ketika kampus menggunakan absensi manual tentu saja masih banyak celah kecurangan di dalamnya, dengan teknologi digital kampus bisa menerapkan absensi online seperti QR Code atau berbasis android. Cukup menggunakan gadget maka itu semua terhandle secara baik, selain itu akan menghemat penggunaan kertas dan hal lainnya.

  1. Sistem Informasi Kampus

Sebagai mahasiswa tentu saja sangat butuh yang namanya informasi, terlebih lagi informasi terbaru tentang kampus. Jika kampus memiliki aplikasi tepat yang menyediakan aplikasi terbaru tentu saja akan sangat memudahkan sekali bagi mahasiswa dalam memantau setiap info terbaru baik itu terkait jurusan atau kampus mereka dan mereka tidak akan ketinggalan berita tentunya.

  1. Tracer Study dan Career Center

Informasi seputar alumni tentu saja memiliki peranan penting bagi kampus, pasalnya itu juga menjadi penilaian saat akreditasi sehingga penting bagi kampus mengetahui informasi setiap para alumninya apakah sudah bekerja atau tidak. Dalam memudahkan hal tersebut kampus bisa menggunakan aplikasi Tracer Study dan Career Center dalam memantau para alumninya. Selain itu, aplikasi ini juga akan menyediakan informasi pekerjaan sehingga para alumni akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga : Jual Sistem Managemen Asset (Sarpras) Kampus di Jambi

  1. E-Sertifikat

Apabila kampus mengadakan kegiatan seminar tentu saja akan sangat melelakan harus mencetak sertifikat dalam jumlah banyak, dan kegiatan tersebut tentu saja tidak cukup satu kali. Sehingga dalam memudahkan hal tersebut menggunakan E-Sertifikat adalah solusi tepat, dimana aplikasi ini akan terkoneksi dengan semua kegiatan mahasiswa serta bisa langsung dikirim ke email mahasiswa. Tentu saja untuk menjamin keaslian sertifikat, sistem ini mendukung dengan mencantum QR Code di dalam sertifikat terkait.

  1. Aplikasi Keuangan

Dalam sekian banyak kemudahan teknologi digital yang hadir, aplikasi keuangan adalah hal paling penting. Apabila kampus mengelola keuangan dengan cara manual tentu saja akan banyak permasalahan terjadi di dalamnya sementara keuangan adalah bagian vital dan penentu beroperasionalnya kampus secara baik. Jika keuangan termanajemen baik maka kampus pun bisa beroperasional secara baik pula.

Itulah beberapa transformasi digital yang mesti harus dimiliki kampus, sebenarnya banyak sekali teknologi digital lainnya seperti perpustakaan online, sistem kkn, LP2M dan banyak lainnya. Tentu saja semua itu bisa kampus dapatkan dalam satu paket mudah yaitu Smart Campus Garuda Cyber Indonesia.

Smart Campus adalah sistem terintegrasi yang memudahkan dalam manajemen kampus yang dikemas secara mudah dimana semuanya saling terhubung. Sebagai kampus Zaman Now tentu saja haruslah menggunakan teknologi digital dalam aktivitasnya yang memudahkan semua civitas kampus dalam mendapatkan informasi. Semakin mudah sebuah informasi maka pelayanan akan jauh lebih baik dan kampuspun akan mendapatkan citra baik di mata masyarakat.

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...