WhatsApp-Button
Manfaat CAT Bagi Perguruan Tinggi dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Manfaat CAT Bagi Perguruan Tinggi dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

  2020-01-22 16:54:56     Ulti Desi Arni     Dibaca 114 kali

Saat ini kita berada pada era dimana semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, selain itu kita berada dimana orang banyak menghabiskan waktu berselancar di dunia maya ketimbang di dunia nyata. Dalam artian kata, kita berada di dunia serba digital dimana hampir semua orang memanfaatkan teknologi dalam aktivitas baik itu untuk mendapatkan informasi ataupun untuk memudahkan pekerjaannya.

Kita sama-sama dapat rasakan begitu pesatnya perkembangan teknologi tersebut terbukti dengan banyak sekali hadir sistem digital, sehingga dengan lahirnya teknologi yang canggih dengan cepat tersebut membuat aktivitas lebih efektif dan efesien. Hampir seluruh aspek pekerjaan memanfaatkan teknologi digital, namun bagi perguruan tinggi ternyata masih ada yang belum sepenuhnya merasakan manfaatnya teknologi ini.

Ketika kita berada di era digital ini tentu saja cara konvensional atau manual sudah tidak mendukung lagi dalam membantu pekerjaan kita terutama dalam persoalan waktu termasuk dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru memang harus dilakukan oleh kampus setiap penerimaan peserta didik baru. Cara manual tentu saja menimbulkan beberapa kendala seperti adanya kesalahan, adanya soal ganda, kecurangan ketika ujian serta membutuhkan waktu untuk koreksi dan pengumuman hasil.

Di era teknologi saat ini tentu saja permasalahan tersebut bisa diatasi jika memanfaatkan teknologi informasi dalam prosesnya, karena pada dasarnya keberadaan teknologi informasi ini memanglah meringkas dan memudahkan dalam pekerjaan. Sehingga yang menjadi solusi untuk permasalahan ketika proses ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru dimana kampus menerapkan Computer Assisted Test (CAT). Dimana CAT adalah proses ujian memanfaatkan bantuan komputer atau perangkat lainnya dan internet.

Baca Juga : Smart Parking Komponen Wujudkan Smart City

Menggunakan Sistem CAT dalam proses ujian penerimaan mahasiswa baru tentu saja banyak sekali manfaat yang akan di rasakan oleh Perguruan tinggi, diantaranya adalah :

  1. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Kita berada di zaman serba digital, sehingga proses ujianpun sudah beranjak menggunakan cara digital dan meninggal metode konvensional yang menggunakan kertas. Kita lihat di negara-negara berkembang sudah hampir menggunakan teknologi digital untuk semua aktivitas mereka, sehingga perguruan tinggi juga harus bisa membaca situasi ini agar tidak tertinggal jauh.

  1. Hemat Anggaran

Banyaknya kebutuhan akan kertas untuk lembar ujian dan soal tentu saja membutuhkan anggaran yang banyak setiap kali melaksanakan tes penerimaan peserta didik baru. Jika kampus menggunakan cara digital dalam proses tes ini tentu saja banyak anggaran yang bisa dihemat, karena cukup sekali pengeluaran dana aplikasi bisa digunakan kapan saja tanpa batas.

  1. Hemat waktu dan tenaga

Jika proses ujian dilakukan cara manual tentu saja banyak sekali yang mesti di siapkan, mulai dari lembaran-lembaran soal yang di susun sesuai ruangan, lembar jawaban, ketika pengoreksian dan hal lainnya. Jika menggunakan sistem digital tentu saja semua itu jauh lebih menghemat waktu dan tenaga. Karena soal cukup diinputkan ke dalam sistem dan untuk hasilnya tidak perlu mengoreksinya karena sistem dapat langsung memberikan hasil otomatis karena ketika penginputan soal disertai dengan jawaban.

  1. Memudahkan calon mahasiswa saat tes PMB

Apabila tes menggunakan cara manual tentu saja membutuhkan yang namanya alat tulis, dengan CAT maka calon mahasiswa akan dimudahkan tanpa harus membawa alat tulis. Mereka cukup duduk sesuai nomor ujian dan mengisi jawaban yang tertera di layar komputer masing-masing

Baca Juga : Cara Teknologi Membantu Meringankan Peran HR

  1. Hasil tes menjadi lebih cepat dan akurat

Sistem manual tentu saja membutuhkan waktu untuk mengoreksi hasil ujian, dan peserta ujian juga akan lama mendapatkan hasil mereka. Selain itu, ketika proses koreksi terkadang ada kesalahan seperti human error sehingga bisa saja merugikan untuk salah satu pihak. Menggunakan sistem digital tentu saja mampu meminimalisir kesalahan tersebut, pasalnya ketika panitia menginputkan soal langsung memberikan jawaban sehingga pada akhir ujian bisa langsung melihatkan hasilnya tanpa harus menunggu lama. Hasil tersebut juga bisa disimpan jika ingin dijadikan arsip oleh panitia. Ujian menggunakan CAT ini tentu saja lebih transparan dan efektif jika dibandingkan dengan cara manual.

Begitu banyak sekali keunggulan dan manfaat yang dirasakan oleh kampus ketika menggunakan CAT untuk proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Semua kemudahan tersebut bisa di dapatkan dalam produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart Campus, dimana di dalamnya terdapat banyak sekali aplikasi yang saling terintegrasi.

Beralih dari cara manual ke digital tentu saja bisa menjadi salah satu bentuk pelayanan terbaik yang diberikan kampus dalam memberikan informasi untuk seluruh civitas akademika kampus, dimana semakin baik pelayanan tentu saja akan memberikan kesan positif untuk orang yang merasakan.

Sebagai kampus zaman now, sudah sepatutnya cerdas bersama teknologi digital menggunakan Smart Campus dari Garuda Cyber Indonesia. Saat ini sudah banyak sekali kampus bermitra yang merasakan manfaat menggunakan Smart Campus, karena Garuda Cyber tidak hanya sebagai IT Development namun juga sebagai IT konsultan yang siap menjadi solusi untuk permasalahan IT kampus anda.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : [email protected]

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia