WhatsApp-Button
Sistem Beban Kerja Guru (BKG) Sekolah dalam Smart School

Sistem Beban Kerja Guru (BKG) Sekolah dalam Smart School

  2020-01-16 16:50:14     Ulti Desi Arni     Dibaca 162 kali

Dalam sebuah sekolah tentu saja peranan guru sangat penting di dalamnya, dimana guru inilah yang memiliki tanggung jawab dalam mendidik peserta didiknya untuk mendapatkan bekal cukup dalam menghadapi kehidupan di tengah masyarakat. Guru memiliki peranan penting agar bisa meningkatkan kualitas siswa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memberikan pengajaran terkait akhlak mulia, serta ilmu pengetahuan. Maka sekolah haruslah memiliki guru yang betul-betul profesional sesuai bidang yang di ajarkan agar mewujudkan tujuan tersebut.

Kompetensi atau kemampuan yang dimiliki oleh guru ini tentu saja akan menentukan kualitas baik dan tidaknya sebuah sekolah. Sehingga dibutuhkan evaluasi setiap periodenya agar para guru ini bekerja seusai dengan kriteria yang ditetapkan oleh aturan pendidikan.

Sebagai syarat dalam mengabdi tersebut, tentulah para guru ini memiliki beban kerja atau yang sering disebut BKG. Beban kerja ini biasanya berupa jumlah jam menggajar dan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran, dimana perangkat pembelajaran tersebut menjadi bahan acuan ketika guru mengajar di dalam kelas.

Di dalam perangkat pembelajaran tersebut itu secara umum berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kisi-kisi Soal, Materi atau Bahan Ajar, KKM, dan hal lainnya yang mendukung BKG tersebut. Setiap guru haruslah menyiapkan semua bahan di atas dan dibawa per materi ke dalam kelas ketika mengajar.

Sementara itu, bagian kurikulum bertanggung jawab dalam memastikan bahwa semua perangkat pembelajaran guru terkait haruslah lengkap sebelum masuk ke dalam kelas. Biasanya setiap semester sebelum tahun ajaran di mulai, bagian kurikulum mengambil kebijakan dimana mengumpulkan semua perangkat tersebut.

Baca Juga : Jasa Smart Campus di Jambi

Tetapi, permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah bagian kurikulum akan kewalahan dalam mengontrol serta mengecek semua beban kerja guru tersebut. Terlebih lagi, terkadang ada guru yang malas-malasan dalam menyiapkannya karena disibukan oleh pergantian kurikulum. Rasa malas tersebut terkadang membuat guru hanya mengumpulkan perangkat seadanya. Tentu saja ini menjadi PR besar untuk sekolah agar setiap beban kerja tersebut bisa termanajemen secara baik.

Permasalahan lainnya yaitu membutuhkan ruang untuk tempat penyimpanan perangkat tersebut, karena biasanya sekolah meminta perangkat dalam bentuk lembaran kertas yang diprint. Sehingga cara ini bisa dikatakan kurang efektif, karena ada kemungkinan rusaknya file tersebut dan membuat banyak tumpukan serta dalam pemeriksaan membutuhkan waktu yang lama.

Sebagai solusi untuk permasalahan tersebut, Garuda Cyber Indonesia menawarkan kemudahan untuk memanajemen Beban Kerja Guru ini yaitu menggunakan Sistem BKG dalam Smart School. Jika sekolah menggunakan sistem ini, guru terkait cukup mengupload perangkat yang di butuhkan dan bagian kurikulum juga bisa mengecek dengan mudah.

Pasalnya banyak sekali fitur serta keunggulan yang ditawarkan oleh Garuda Cyber dalam aplikasi ini terlebih lagi adanya fitur validasi yang bisa dilakukan oleh bagian kurikulum. Sehingga kelalaian guru yang membuat perangkat pembelajaran secara sembarangan akan terminimalisir, karena wakil kurikulum akan mengecek setiap yang di upload. Nah, sebagai dispensasi agar guru bisa disiplin sekolah bisa saja mengaitkan kelalaian guru yang tidak mengerjakan beban kerja sesuai aturan dengan pemotongan gaji. Sistem akan bisa langsung tersinkron dengan mudah.

Berikut beberapa fitur secara umum dari Aplikasi ini :

  • Data Master Beban Kerja Guru per-Semester
  • Pelaporan BKG oleh Guru sesuai item tersedia (fitur download template dan upload laporan)
  • Validasi BKG oleh Pimpinan atau Wakil Kepala Sekolah yg berwenang
  • Riwayat BKG dan laporan BKG lengkap

Baca Juga : Jual Sistem Keuangan Kampus di Medan

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh Sistem Beban Kerja Guru dalam Smart School ini bisa anda dapatkan dari Garuda Cyber Indonesia. Dimana perusahaan ini adalah salah satu IT Development sekaligus konsultan IT yang sudah berpengalaman. Tim yang mereka miliki adalah para profesional, sehingga anda tidak perlu ragu akan kebutuhan IT sekolah anda. Selain itu, sudah banyak mitra yang mempercayai Garuda Cyber sebagai penyedia aplikasi di banyak instansi baik swasta maupun pemerintahan.

Keunggulan dalam menggunakan jasa Garuda Cyber adalah anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim Garuda terkait kebutuhan atau permasalahan anda sehingga mereka bisa memberikan solusi tepat untuk permasalahan tersebut.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia