Sistem Manajemen Aset Sekolah dalam Smart School

 

Aset merupakan hal yang berkaitan dengan apa yang dimiliki oleh sebuah institusi baik itu berupa aset tetap maupun tidak. Aset ini juga akan mengalami penambahan dan pengurangan, namun aset yang ada haruslah berkaitan dengan apa yang dibutuhkan agar bisa tepat penggunaanya sekaligus juga harus meningkatkan kualitas yang dimiliki.

Sekolah adalah salah satu institusi yang memiliki banyak aset di dalamnya, sehingga pihak sekolah harus mempunyai fokus terintegrasi dalam pengelolaannya. Sekolah haruslah memiliki database terkait jumlah aset mereka miliki sehingga bisa menangani kebutuhan pengelolaan aset tersebut secara baik.

Pasalnya aset ini juga memiliki kaitan dengan lancarnya proses yang ada di dalamnya, misalnya aset berupa gedung belajar tentu saja harus memadai dan dipelihara secara baik begitu juga dengan fasilitas yang dimiliki. Jika sarana dan prasarana ini dikelola secara baik tentu saja bisa merangkum keseluruhan data tersebut dan terkendali secara baik dan memiliki kaitan di setiap kebutuhan ruangannya.

Dalam pengelolaan ini tentu saja bukan sesuatu yang mudah, karena bagian sarana prasarana harus memastikan keadaan fisik barang serta harus melakukan pemeliharaan terkait aset tersebut secara berkala. Nah, pada sebuah sekolah tentu saja memiliki banyak bagian atau ruangan yang membutuhkan, seperti labor dan lainnya. Dalam menghandle itu semua akan mudah sekaligus bisa tertib administrasi harus memiliki sistem terintegrasi yaitu Sistem Manajemen Aset.

Baca Juga : Jual Sistem Arsip Kampus di Jambi

Sistem ini digunakan untuk manajemen data aset yang terdapat di sekolah dimana dilengkapi dengan pengkodean sesuai kebutuhan sekolah. Menggunakan sistem pengelolaan aset ini tentu saja akan mampu menyimpan serta melacak setiap detail keberadaan dan kondisi aset. Agar administrasi sesuai dengan keadaan real tentu saja admin yang di percaya untuk setiap unit adalah orang tertentu saja, karena bisa saja informasinya bersifat rahasia.

Menggunakan Sistem Manajemen Aset atau Sarana Prasarana ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah :

  1. Pendataan dan Penerimaan Barang

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengkodean untuk setiap barang yang dimiliki, sehingga proses pendataan dan penerimaan tersebut bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Tentu saja jika pendataan dilengkapi kode tersistem akan terhindar dari kesalahan maupun duplikat data.

  1. Penempatan Barang

Di dalam sistem ini terdapat fitur penempatan serta pendataan barang berdasarkan unit dan lokasi.

  1. Perencanaan Barang

Sistem memfasilitasi setiap unit yang ada di Sekolah bisa melakukan pendataan terkait perencanaan pengadaan barang unit untuk tahun berikutnya. Dalam artian kata Perencanaan Barang bisa dilakukan oleh masing-masing unit dan diajukan ke bagian keuangan sekolah.

  1. Transaksi Barang

Jika ada bagian atau unit yang hendak meminjam barang, tentu saja transaksi tersebut bisa tercatat secara baik. Sehingga jika peminjaman dan pengembalian dilakukan secara baik maka kemungkinan adanya barang hilang akan terminimalisir.

  1. Monitoring Barang

Jika ada aset yang membutuhkan monitoring, maka disini juga menyediakan fitur tersebut. Sehingga kepala Srapras atau admin pusat bisa memonitoring barang secara berkala untuk setiap unit.

Baca Juga : Jasa Konsultan IT di Jambi

  1. Penghapusan Barang

Sistem ini juga memiliki fitur untuk penghapusan barang yang sudah expired dan barang yang memang sudah tidak ada berdasarkan perintah dari pimpinan.

  1. Laporan Aset Lengkap

Sistem memberikan fitur untuk pembuatan laporan aset lengkap berdasarkan kondisi, jumlah, transaksi yang dapat dilihat oleh executive stakeholder. Pendataan & Penerimaan Barang dengan cepat dan tepat sehingga mengurangi resiko kesalahan.

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh Sistem Manajemen Aset dalam Smart School ini bisa anda dapatkan dari Garuda Cyber Indonesia. Dimana perusahaan ini adalah salah satu IT Development sekaligus konsultan IT yang sudah berpengalaman. Tim yang mereka miliki adalah para profesional, sehingga anda tidak perlu ragu akan kebutuhan IT sekolah anda. Selain itu, sudah banyak mitra yang mempercayai Garuda Cyber sebagai penyedia aplikasi di banyak instansi baik swasta maupun pemerintahan.

Keunggulan dalam menggunakan jasa Garuda Cyber adalah anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim Garuda terkait kebutuhan atau permasalahan anda sehingga mereka bisa memberikan solusi tepat untuk permasalahan tersebut.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...