Sistem Perpustakaan Online Sekolah dalam Smart School

Pada sebuah instansi pendidikan Perpustakaan menjadi bagian penting yang harus dimiliki, termasuk juga pada sekolah. Pasalnya, perpustakaan ini menyimpan segudang ilmu dimana terdapat banyak sekali koleksi buku untuk menunjang proses belajar. Sebenarnya perpustakaan tidak sepenuhnya terisi dengan buku pelajaran terkait saja, terkadang juga terdapat buku untuk menambah pengetahuan.

Perpustakaan ini bisa dikatakan memiliki peranan begitu penting pada sebuah sekolah karena bisa membantu dalam menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik. Di dalam perpustakaan ini terdapat banyak sekali sumber informasi seperti buku, karya ilmiah serta literatur segala jenis media perpustakaan lainnya.

Ketika kita mendengar kata perpustakaan ini, maka terlintas di benak kita bahwa banyak sekali tumpukan buku di dalamnya. Terkadang, dalam menemukan buku tersebut membuat sebagian kita mumet karena terlalu banyak sekali pilihan dan membutuhkan waktu lama dalam memilah buku yang kita butuhkan. Terkadang membuat sebagian peserta didik merasa malas ke Perpustakaan karena hal ini.

Sebagai pelajar seharusnya bisa memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan perpustakaan ini, karena ilmu pengetahuan haruslah terus di update dan tidak cukup hanya mengharapkan mentah dari guru saja. Saat ini teknologi terus saja berkembang begitu pesat sehingga sumber daya manusia juga harus mampu menguasai banyak bidang.

Dalam pengelolaan dan manajemen perpustakaan ini banyak sekali kendala yang mungkin terjadi seperti koleksi buku yang terus meningkat membutuhkan waktu dalam pendataan buku agar informasi terkait buku tersebut bisa ditampilkan secara tepat. Selain itu, katalog buku juga bagian terpenting pada perpustakaan untuk melihat data atau koleksi buku tersedia. Jika katalog buku perpustakaan terkait baik tentu saja memberikan kemudahan dalam proses pencarian buku.

Baca Juga : Jual Aplikasi Manajemen Perusahaan di Medan

Selain permasalahan katalog buku, perpustakaan tentu saja membutuhkan petugas pelayanan serta tenaga yang profesional untuk mampu memanajemen perpustakaan tersebut secara baik. Sebagian sekolah belum memanfaatkan sumber daya komputer secara maksimal sehingga dalam proses perpustakaan baik itu peminjaman dan pengembalian buku masih dilakukan secara manual. Hal ini memungkinkan tidak tercatat secara baik proses transaksi yang terjadi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini teknologi sudah berkembang begitu pesat dan banyak sekali sistem digital yang membantu serta menawarkan kemudahan dalam beberapa aspek pekerjaan. Hadirnya teknologi tersebut seharusnya juga bisa dimanfaatkan sekolah dalam menerapkan sistem digital untuk perpustakaan.

Dengan adanya sistem perpustakaan digital tentu saja banyak sekali kemudahan yang akan didapatkan baik itu pihak petugas maupun anggota perpustakaan. Transaksi akan jauh lebih mudah dan cepat, seperti tidak butuh waktu lama lagi dalam menemukan buku karena tinggal mencari di dalam sistem dan sistem akan menampilkan informasi terkait buku tersebut. Selain itu pendataan pinjam dan pengembalian juga lebih teratur dan terminimalisir kemungkinan buku hilang.

Secara garis besar berikut cara kerja sistem perpustakaan online ini :

Admin atau Petugas

  • Admin mengelola data yang ada di perpustakaan baik itu buku, anggota, rak, jurnal, pengkodean buku, stock buku dan hal lainnya
  • Sistem dapat melakukan pencetakan barcode otomatis
  • Transaksi peminjaman dan pengembalian buku bisa dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan di dalam database.
  • Pengelolaan laporan Perpustakaan mudah sehingga tidak butuh waktu lama untuk mencetak laporan yang dibutuhkan

Anggota

  • Sistem ini terintegrasi dengan sistem Akademik sehingga tidak akan terjadi duplikat data ketika pendataan anggota, cukup mengecek berdasarkan NIS untuk keanggotaan perpustakaan.
  • Pencetakan kartu pustaka secara otomatis
  • Transaksi booking, peminjaman dan pengembalian buku dengan mudah
  • Pencarian data buku, jurnal dan e-book

Baca Juga : Jual Sistem Informasi Riset Kampus di Medan

Selain hal tersebut, ada fitur unggulan lainnya yang ditawarkan dari sistem perpustakaan ini :

  • Penghitungan denda secara otomatis
  • Mendukung penggunaan barcode dan scanner dalam transaksi peminjaman & pengembalian buku
  • Sistem terintegrasi dengan sistem akademik kampus
  • Laporan lengkap untuk dilaporkan kepada pimpinan sekolah

Begitu banyak kemudahan dan keunggulan dari sistem perpustakaan ini, semua itu bisa pihak sekolah dapatkan dari produk unggulan Garuda Cyber yaitu Smart School, dimana di dalam Smart School ini terdapat banyak sistem atau aplikasi yang saling terintegrasi.

Sudah banyak sekali mitra yang mempercayakan kebutuhan IT mereka kepada Garuda Cyber Indonesia, karena Garuda Cyber ini adalah salah satu perusahaan IT sekaligus konsultan IT sehingga sebelum membangun sistem selaku mitra bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait kebutuhan atau permasalahan yang ada. Garuda Cyber akan siap memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan teknologi Informasi di Sekolah anda. Sekolah Zaman Now adalah sekolah yang memberikan ragam kemudahan kepada civitas akademiknya dalam mendapatkan informasi yaitu menerapkan teknologi digital dalam prosesnya. Teknologi digital tersebut adalah Smart School dari Garuda Cyber Indonesia.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...