Sistem Absensi Online dalam Smart School

Mendata kehadiran baik itu siswa, guru maupun karyawan pada sebuah sekolah bisa dikatakan adalah hal yang sangat penting sehingga absensi haruslah dimiliki oleh setiap sekolah. Jika sudah memiliki absensi otomatis untuk setiap kehadiran warga sekolah tersebut akan tercatat secara baik, dan mampu meningkatkan kedisiplinan. Selain itu, kepala sekolah atau bagian yang berwenang juga bisa sigap dalam mengambil tindakan terkait kehadiran apabila ditemukan ada siswa atau pegawai yang malas-malasan hadir.

Pada umumnya sekolah melakukan pendataan terhadap gurunya dengan menggunakan kertas yang terletak pada meja piket dan pegawai atau guru menandatanggani kertas sesuai namanya. Sedangkan untuk mendata siswa, itu dilakukan di dalam kelas oleh guru yang mengajar pada buku absensi guru terkait.

Cara ini bisa dikatakan kurang efektif, karena masih ada celah untuk melakukan kecurangan seperti ketika guru menulis jam hadir tidak sesuai dan kemungkinan lainnya. Selain itu, absensi menggunakan kertas tentu saja akan membutuhkan banyak biaya dalam pengadaan kertas dan alat tulis serta dalam merekap laporan kehadiran juga membutuhkan waktu cukup lama sekali.

Sementara pendataan kehadiran ini begitu penting, apalagi terkait dengan gaji. Jika sekolah menerapkan sistem penggajian sesuai kehadiran tentu saja jika ada kecurangan bisa merugi pihak sekolah, selain itu kedisplinan tidak kunjung bisa diterapkan secara baik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dimana kita berada pada zaman serba digital dan sudah saatnya sekolah juga beralih menggunakan teknologi untuk proses absensi ini. Apalagi saat ini hampir setiap manusia tidak terlepas dari yang namanya smartphone, memanfaatkan peluang yang ada menggunakan absensi berbasis android bisa dikatakan solusi cukup tepat dan efektif dalam hal ini.

Absensi Online berbasis Android ini bisa pihak sekolah dapatkan dari produk Smart School milik Garuda Cyber Indonesia, dimana Garuda Cyber adalah perusahaan IT yang memiliki banyak produk unggulan untuk ikut serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Absensi Online yang mereka tawarkan ini tentu saja sangat fleksible sekali digunakan dan terintegrasi dengan sistem lainnya.

Hadirnya aplikasi ini tentu akan memberikan warna baru dan ragam keunggulan untuk pihak kampus, selain terminimalisirnya kecurangan kehadiran juga akan lebih mudah dikontrol dan di handle. Pasalnya sistem ini juga bisa dilengkapi dengan pelaporan apabila terdapat siswa tidak hadir, maka orang siswa terkait akan mendapatkan sms mengenai anaknya yang tidak hadir.

Tidak hanya itu saja, banyak sekali manfaat menggunakan aplikasi absensi online dari Garuda Cyber ini. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Resiko kecurangan bisa dihindari

Absensi ini mampu meminimalisir kemungkinan kecurangan, karena guru bisa mengakses absen hanya di lingkungan sekolah dan di kelas ketika mengajar. Sehingga tidak ada lagi istilah guru masih duduk di majelis, sementara siswa sibuk antah berantah di dalam kelas. Guru harus memasuki kelas untuk mengabsesn kehadiran siswa sesuai jadwal, jika terlambat absensi tidak bisa di akses.

  1. Jadwal lebih terkontrol

Absensi ini juga tersinkron dengan jadwal pembelajaran sehingga jadwal pembelajaran akan berjalan secara baik dan terkontrol.

  1. Efektif dan efesien

Absensi ini adalah salah satu cara yang mampu menertibkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga pimpinan juga bisa dengan mudah untuk memantau atau mengecek setiap aktivitas terjadi melalui aplikasi. Dan cara ini terbilang lebih efektif dan efesien jika dibandingkan dengan cara konvensional.

  1. Terintegrasi

Sistem absensi ini sudah terintegrasi dengan akademik, sehingga siswa atau guru bisa melihat histori kehadiran melalui sistem akademiknya.

  1. Adanya Setting Jam

Operator bisa melakukan pengaturan jam absen guru dan siswa, Absen masuk dan absen keluar guru per hari dan per mata pelajaran, Absen siswa per mata pelajaran, per hari Pengajuan izin, penggantian izin guru berhalangan hadir, dll.

Begitu banyak kelebihan dan keunggulan dari sistem absensi online dalam produk Smart School Garuda Cyber ini. Sebagai sekolah zaman Now tentu saja sudah semestinya menggunakan sistem digital untuk mendukung aktivitas pendidikan.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...