Smart School, Solusi Cerdas Pendidikan Berbasis Digital

Berkembangnya teknologi begitu pesat saat ini seakan tidak dapat dipisahkan dalam mengembangkan mutu pendidikan. Hadirnya teknologi tersebut diharapkan mampu memperbaiki atau meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar, pelayanan pendidikan baik itu dalam perpustakaan hingga administrasi, serta manajemen pada sebuah sekolah terkait.

Jika dahulu kita sering mendengar istilah tidak mengapa lambat asalkan selamat, nampaknya saat ini kalimat tersebut sudah bergati makna menjadi harus cepat, tepat dan selamat. Pasalnya kehadiran sistem digital mampu memberikan kemudahan untuk semua bidang pekerjaan, termasuk bidang yang ada pada sekolah.

Sekolah berbasis digital tentu saja akan memberikan ragam kemudahan kepada warga sekolah tersebut, dan informasi terkaitpun juga akan lebih mudah di dapatkan atau di akses sebagai mana kita lihat bahwa zaman sudah berubah sehingga pola pendidikanpun sudah berubah menjadi digital. Sekolah zaman now bisa dikatakan adalah sekolah pintar yang sudah menggunakan teknologi digital di dalamnya. Sistem digital tersebut tentu saja akan menawarkan banyak sekali kemudahan dan mampu memberikan pelayanan prima kepada seluruh civitas sekolah. Dalam mewujudkannya, sekolah haruslah memiliki sistem saling terintegrasi di dalamnya seperti Smart School.

Kita tahu bahwa manajemen yang ada pada sebuah sekolah tentu saja tidak sederhana dan banyak sekali ruang lingkupnya yang harus dikelola secara baik dan tepat. Namun, di era serba digital ini kita ketahui masih banyak sekolah menghandalkan cara manual untuk semua itu, atau kalaupun sudah memiliki sistem tidak saling terintegrasi. Sehingga menghambat manajemen sekolah, dan besar kemungkinan adanya duplikat data atau kehilangan data.

Hadirnya Smart School di tengah-tengah pendidikan menjadi bukti nyata dalam memberikan kemudahan dan dampak positif yang besar untuk dunia sekolah. Dimana setiap sistem yang di bangun di dalam Smart School sudah saling terintegrasi dan lengkap sesuai kebutuhan. Sehingga, Smart School adalah sebuah pilihan yang seharusnya sekolah terapkan.

Banyak sekali fitur atau aplikasi maupun sistem yang saling terintegrasi di dalamnya, dan semua itu memiliki fungsi serta mampu menjadi solusi tepat permasalahan yang ada pada sekolah. Berikut ini beberapa fitur-fitur dalam Smart School :

  1. Sistem PPDB Online

Dalam penerimaan peserta didik baru setiap tahunnya, sebagian besar sekolah swasta hanya menghandalkan cara manual yakni membuka stand beda halnya dengan sekolah negeri yang memang sudah di atur pemerintah dimana siswa ingin mendaftar bisa mengakses dari mana saja. Seharusnya, sekolah swasta juga bisa menggunakan cara yang sama yakni membuat sistem PPDB online milik sendiri sehingga calon peserta didik dimudahkan ketika ingin mendaftar tanpa harus datang ke sekolah terkait. Menggunakan Smart School tentu saja di dalamnya terdapat fitur atau sistem PPDB online yang nantinya akan langsung terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik.

  1. Sistem Informasi Akademik

Sistem Informasi Akademik yang ada pada Smart School ini akan menyimpan secara otomatis data siswa yang lulus di sekolah terkait tanpa harus melakukan penginputan ulang data. Selain itu siswa atau guru terkait bisa melakukan pengeditan data. Tidak hanya data siswa, di dalamnya juga terdapat data yang terkait akademik, seperti nilai, mata pelajaran, jadwal dan hal lainnya.

  1. Sistem Perpustakaan

Sistem perpustakaan ini juga terintegrasi dengan akademik sehingga admin perpustakaan tidak perlu menginput ulang data user perpustakaan. Sistem perpustakaan akan memberikan kemudahan dalam peminjaman, pengembalian, dan pendataan buku. Tidak hanya itu saja, sistem ini juga bisa di akses dari mana saja dan menyediakan buku online.

  1. Sistem Beasiswa Online

Sistem beasiswa online berguna untuk mendistribusikan beasiswa agar tepat sasaran. Karena sistem ini sudah terintegrasi dengan akademik, dia mampu memfilter siswa yang memang pantas untuk mendapatkan beasiswa.

  1. CAT Online

Saat ini ujian kertas di anggap sangat boros dan pemerintahpun sudah gencar menggerakan ujian di lakukan secara online, terbukti untuk UN dilakukan menggunakan komputer. Menggunakan sistem ujian online tentu saja banyak sekali kemudahan yang akan di dapatkan selain menghemat biaya kertas, juga menghemat waktu dalam pengoreksian dan tingkat kecurangan juga terminimalisir.

  1. Rapor Online/Offline

Tidak ada lagi istilah rapor tulis tangan, sistem ini bisa mencetak rapor secara langsung bahkan siswa terkaitpun bisa mencetak rapornya sendiri namun tentu saja dibatasi atau di filter bahwa rapor yang di cetak siswa tidak asli.

  1. Manajemen Aset

Aset adalah hal paling penting dimiliki oleh sekolah, tanpa manajemen yang baik tentu saja aset ini akan semberaut dan bisa menyebabkan anggaran sekolah berantakan. Manajemen aset ini akan memudahkan bagian sarana pra sarana dalam memanajemen aset sekolah secara baik dan tepat tentunya.

  1. Sistem Arsip

Pada sebuah institusi pendidikan tentu saja banyak sekali dokumen atau berkas yang dibutuhkan, jika itu menggunakan kertas tentu saja membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Menggunakan sistem arsip ini, cukup tersimpan secara cloud dan mudah di akses kembali ketika di butuhkan. Tidak ada lagi namanya tumpukan kertas.

  1. Absensi Online

Kehadiran adalah hal penting diperhatikan oleh sekolah, baik itu guru maupun siswa. Menggunakan absensi online tentu saja warga sekolah akan lebih disiplin dalam segi kehadiran, terutama siswa. Sistem absensi online bisa mendata kehadiran dan memberikan sanksi tertentu jika terlambat atau tidak hadir. Sistem juga bisa langsung mengirim pesan kepada orang tua siswa terkait kehadiran anak mereka.

  1. Sistem Kepegawaian

Pegawai juga hal penting, tanpa adanya pegawai tentu saja sekolah akan sulit beroperasional. Sistem kepegawaian ini akan memudahkan dalam memanajemen data pegawai.

  1. Sistem BKG

Setiap guru memiliki beban kerja baik itu mengajar dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Dengan jumlah guru yang tidak sedikit tentu saja akan sulit jika harus mengontrol satu per satu terkait BKG ini, sehingga sistem BKG akan memanajemen beban kerja guru secara baik dan tepat.

  1. Audit Online

Agar mutu sekolah bisa terus meningkat dan berkembang tentu saja membutuhkan masukan atau penilaian, baik itu dari pihak warga sekolah atau dari orang tua murid. Penilaian tersebut tentu saja di layangkan untuk sekolah, seperti penilaian guru, pelayanan atau sarana prasarana. Jika menggunakan kertas, tentu saja dirasa kurang efektif. Lain halnya jika dilakukan secara online tentu lebih bisa tepat sasaran karena bisa di akses dari mana saja.

  1. Smart Parking

Smart Parking akan menjadi solusi dari permasalahan parkiran, tidak ada lagi namanya kendaraan simpang siur karena awal memasuki area parkiran sudah dikontrol menggunakan teknologi IoT.

  1. Sistem Payroll

Terkait penggajian guru maupun karyawan tentu saja juga harus diperhatikan, pasalnya ini agar mensupport semangat mereka bekerja jika gaji dikeluarkan secara tepat waktu. Sistem payroll akan memudahkan itu semua dengan bergabung bersama bank mitra dan diintegrasikan langsung dengan sistem sekolah.

  1. Executive Report

Report atau pelaporan adalah hal yang harus di cek secara berkala oleh kepala sekolah secara umum, sedangkan bagian kurikulum terkait BKG. Adanya sistem report ini tentu saja memudahkan dalam melihat setiap laporan yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja tanpa harus memanggil bidang terkait.

  1. Dapodik

Smart School disesuaikan dengan aplikasi pemerintah seperti dapodik, emis, simpatika, dll untuk mempermudah sekolah dalam pelaporan data

  1. SPP Online

Pembayaran SPPpun bisa dilakukan secara online, sehingga orang tua murid tidak perlu khawatir lagi jika tidak bisa datang ke sekolah untuk membayar SPP anaknya.

  1. Sosmed Branding

Branding adalah bagian terpenting, tanpa adanya branding tentu sekolah tidak akan dikenal oleh masyarakat luas. Smart School akan membantu pihak sekolah dalam persoalan branding baik itu melalui media sosial ataupun portal media lainnya.

Dengan ragam fitur dan sistem yang ditawarkan tersebut tentu saja banyak sekali kelebihan yang akan di dapatkan oleh pihak sekolah ketika menerapkan Smart School ini di antaranya :

  • Penyesuaian Dapodik, Emis, Simpatika, dll

Setiap sistem yang dibangun dalam Smart School saling terintegrasi sehingga tidak perlu input data master berulang. Sistem bisa juga terintegrasi ke external seperti bank

  • Integrasi Seluruh Sistem

Sistem Marketing Afilate, member getmember untuk meningkatkan jumlah siswa yang akan bergabung. Manajemen medsos

  • Meningkatkan Brand Dan E-Marketing

Memudahkan kontrol pegawai, siswa, guru, data, keuangan, sistem, dan lain-lain oleh pimpinan sekolah yg terangkum dalam sistem Executive Summary Report (manajemen pimpinan berbasis digital)

  • Kontrol Pimpinan

Aplikasi bisa diintegrasikan dengan pembayaran PPOB (pulsa, listril, bpjs, dll)

  • Meningkatkan Penghasilan

Zaman Sudah Berubah, Didik anak Digital dengan metode Digital Kelebihan Smart School Aplikasi bisa diintegrasikan dengan google edu , kolaborasi memanfaatkan fitur google untuk dunia pendidikan

  • Integrasi Dengan Google Edu

Aplikasi bisa diintegrasikan dengan google edu , kolaborasi memanfaatkan fitur google untuk dunia pendidikan

Dengan ragam fitur dan keunggulan tersebut tentu saja akan menjadi terjangan bagus untuk sekolah anda jika menggunakan Smart School sebagai sistem digital. Sekolah Zaman Now adalah sekolah yang mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan menghadirkan kemudahan secara digital.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...