WhatsApp-Button
Alasan Pentingnya sebuah Perusahaan Memiliki Master Plan Infrastruktur TI

Alasan Pentingnya sebuah Perusahaan Memiliki Master Plan Infrastruktur TI

  2020-01-08 16:57:35     Ulti Desi Arni     Dibaca 28 kali

Master Plan merupakan proses atau sususanan dalam perencanaan jangka panjang sebuah perusahaan. Dengan adanya master plan diharapkan setiap langkah demi langkah untuk mencapai tujuan bisa lebih terarah. Namun, apakah sebuah perusahaan butuh atau tidaknya master plan ini ada menjadi pro dan kontra. Padahal keberadaan master plan ini sebenranya bisa membantu dalam sebuah perencanaan agar hasil diharapkan bisa lebih matang. Layakny sebuah outlie, ia mampu menjadi pengingat sekaligu pagar dalam perencanaan secara baik.

Pentingnya master plan ini bisa kita gambarkan pada kebutuhan infrastruktur perusahaan, dimana perusahaan terkait kita ibaratkan adalah sebuah kita yang membutuhkan perencanaan secara matang di dalamnya agar kota bisa berkembang dan maju. Dengan adanya perencanaan yang matang, tentu saja bisa meminimalisir kesemarawutan atau tidak teraturnya kota terkait. Walaupun saat ini memang sudah semerawut setidaknya perencanaan bisa membantu membalikan keadaan dalam mengatasi hal tersebut.

Master plan memiliki peran untuk merangkum isu-isu penting dalam sebuah kita salah satunya strategi yang baik dalam pembangunan ekonomi. Tidak hanya itu saja ia juga memplaning berapa banyak kantong parkir yang dibutuhkan sebuah kota, tipe bisnis seperti apa yang cocok dan pas sesuai kebutuhan ekosistem kota, serta kebutuhan ruang terbuka atau ketersediaannya untuk masyarakat.

Baca Juga : Jual Siakad Kampus di Jambi

Setelah semua perencanaan tersebut terbangun secara baik, dikemudian hari kemungkinan akan muncul pertanyaan sehingga untuk menjawab semua pertanyaan tersebut langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melihat mastre plan atau perencanaan. Begitu juga pada sebuah perusahaan dimana kebutuhan Infrastruktut IT sangat dibutuhkan sekali perencanaan tepat agar perusahaan bisa terarah secara maksimal.

Saat ini kebutuhan teknologi tidak bisa dilepaskan dalam perusahaan, pasalnya berkembangnya teknologi ini menuntut setiap aspek pekerjaan harus mampu diselesaikan dengan cepat dan tepat. Jika dalam pekerjaan dilakukan lama, tentu saja perusahaan akan sulit bersaing di era teknologi digital saat ini.

Master plan ini tentu saja berperan penting untuk infrastruktut TI pada sebuah perusahaan dan bisa dikatakan hal wajib harus dimiliki. Dimana adanya perencanaan ini memiliki hubungan langsung dengan sebarapa tepat dan handal teknologi informasi akan di bangun sesuai kebutuhan perusahaan. Seberapa besar pengaruh teknologi informasi ini membantu setiap aspke pekerjaan agar setiap pekerja mampu menghasilkan karya mereka secara cepat dan tepat dengan adanya teknologi tersebut. Sehingga buah hasil hadirnya perencanaan tepat ini terkait infrastruktur IT akan mampu meningkatkan produktivitas para pekerja.

Master plan ini akan menggambarkan perencanaan terkait kebutuhan IT pada perusahaan termasuk juga perencanaan perbaikan, pembaharuan atau adanya penambahan di kemudian hari. Tujuannya agar, setiap tahapan bisa berjalan secara baik dan terarah.

Di zaman serba digital saat ini sebagaimana kita bahas sebelumnya bahwa kita tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi informasi, sehingga adanya master plan ini akan memberikan banyak sekali dampak postif di antaranya :

Baca Juga : Jual Sistem Beasiswa Kampus Online di Jambi

Sisi Produktivitas

Terkait produktivitas pekerjaan dengan adanya master plan ini banyak sekali pekerjaan akan dimudahkan dan keunggulan lainnya seperti :

  • Aktivitas kerja akan jauh lebih mudah dan cepat
  • Menekan biaya dan pengeluaran seperti jika tanpa TI dan tidak terarah tentu saja akan banyak biaya yang tidak terencana secara baik
  • Administrasi terkait pekerjaan akan lebih mudah.

Sisi interaksi

Sedangkan dari sisi interaksi banyak sekali kemudahan baik itu antar perusahaan dengan client maupun masyarakat seperti :

  • Mudahnya menjalin komunikasi dengan client
  • Perusahaan bisa terus mengikuti perkembangan teknologi dan mengikuti trend
  • Memudahkan dalam branding atau promosi

Dengan adanya perencanaan yang tepat terkait Infrastruktur TI ini bisa menjadi pondasi kokoh perusahaan, dimana setiap pekerjaan jauh lebih ter-arah secara bertahap. Sehingga perusahaan akan mampu bersaing dan bertahan lebih baik karena semua aktivitas lebih terkontrol mengikuti skema perencanaan sebelumnya.

 

#GarudaCyber23Januari 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia