WhatsApp-Button
Smart Parking Komponen Wujudkan Smart City

Smart Parking Komponen Wujudkan Smart City

  2020-01-07 16:54:36     Ulti Desi Arni     Dibaca 29 kali

Dalam dinamika kehidupan saat ini kendaraan bisa dikatakan menjadi salah satu hal terpenting serta mampu menunjang efektifitas dan efesiensi kehidupan. Seakan menjadi kebutuhan kita bisa lihat kemacetan akibat kendaraan hampir menghantui setiap kota-kota besar dan mengakibatkan kebutuhan akan lahan atau tempat parkirpun menjadi PR besar untuk pemerintah kota.

Tidak hanya sekedar membutuhkan keleluasan parkiran, namun kenyamanan, keamanan serta efektivitas ketika memarkirkan kendaraan juga menjadi bahan pertimbangan. Pasalnya ketika memasuki area parkir, otomatis kendaraan akan di tinggalkan begitu saja dan tidak adanya sistem keamanan yang tepat kehilangan terhadap kendaraanpun sering terjadi.

Belum lagi permasalahan lainnya dalam menemukan lokasi parkir, setelah berkeliling area ternyata parkiran penuh dan tentu saja itu memakan waktu secara sia-sia. Belum lagi kelalaian pemilik kendaraan yang sering lupa memarkirkan kendaraannya dimana, itu semua terjadi karena kurangnya pemanfaatan teknologi dalam sistem parkir.

Baca Juga : Cara Kerja SPBE dalam Membantu Kerja Pemerintah

Meskipun sebagian usaha seperti mall dan hotel sudah menerapkan teknologi menghandle permasalahan parkir ini, namun itu belum sepenuhnya menjadi solusi tepat. Karena masih banyak kita lihat terjadi kemacetan di sekitar masuk Mall mobil antri mencari parkiran.

Dalam mengatasi hal ini dalam mendukung konsep Smart City dimana kota “pintar” dimana semua memberikan kemudahan baik dalam pelayanan maupun hal lainnya, termasuk permasalahan parkir ini. Dalam mendukung Smart City ini salah satu caranya yaitu menerapkan IoT di dalamnya dan penerapan IoT ini untuk parkiran menggunakan Smart Parking.

Adanya Smart Parking ini tentu saja akan menjadi solusi untuk warga di kota menemukan tempat parkir yang tepat. Tidak harus lama-lama mencari titik parkiran tepat, mereka bisa memesan tempat parkir terlebih dahulu sebelum memasuki lokasi. Pemesanan tersebut tentu saja harus dilengkapi dengan posisi, dan pengkodean yang baik.

Sesuai dengan namanya smart parking ini tentu saja solusi cerdas permasalahan memarkirkan kendaraan para penggunanya. Cara kerjanya menggunakan sensor lalu berkomunikasi menggunakan remote melalui internet dan berbagi informasi dengan menggunakan protocol komunikasi yang telah ditetapkan. Smart parking akan fokus dalam memonitoring serta menjaga keamanan akses dari parkir tersebut.

Smart Parking mempunyai konsep mengontrol perparkiran secara otomatis dan berpusat serta terintegrasi tentunya menggunakan bantuan komputer dan teknologi informasi seperti internet dan hal lainnya. Ketika stakeholder telah memesan area parkiran, ketika sampai ke lokasi di tuju memasuki area mereka cukup menscan atau menempelkan kartu untuk pembayaran parkir. Setelah proses selesai maka portal parkir akan terbuka otomatis dan saldo di dalam aplikasi atau smart card juga otomatis terpotong untuk pembayaran parkir ini.

Setelah itu pemilik kendaraan bisa langsung mengarah kepada lokasi atau tempat parkir yang sudah di pesan sebelumnya. Tentu saja ini sangat membantu sekali untuk stakeholder di kota-kota besar dalam mengatasi hal parkir ini. Mereka tidak perlu kebingungan laki ketika lupa kendaraan mereka di parkirkan dimana karena bisa mengeceknya di aplikasi atau di kertas parkir lokasinya.

Baca Juga : Sistem Informasi Persuratan pada Pemerintahan

Untuk mewujudkan Smart City dan mengusung Smart Parking ini bagi pemerintahan kota tentu saja ini bukan hal yang mudah. Dibutuhkan tenaga ahli atau memang mereka yang profesional di bidang IT terutama mengerti dengan perkembangan IoT terkini. Pemerintah kota bisa menggandeng perusahaan start-up dalam hal ini sebenarnya.

Karena di Indonesia sendiri sudah banyak start-up ataupun perusahaan IT yang menyediakan sistem Smart Parking ini, salah satunya adalah Garuda Cyber Indonesia yaitu Perusahaan IT sekaligus konsultan IT yang patut diperhitungkan keberadaannya.

Garuda Cyber sudah berhasil membangun banyak teknologi IoT, smart parking ini juga menjadi salah satu bagian produk untuk Smart Campus. Nah, sebagai kota berkembang sudah saatnya pemerintah kota dalam mewujudkan Smart City juga menerapkan Smart Parking tersebut.

Garuda Cyber memiliki tim yang terdiri dari orang-orang profesional yang sudah berpengalaman dalam pembangunan teknologi. Apalagi sudah banyak portofolio yang dimiliki perusahaan ini dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : [email protected]

WhatsApp Only : 0823-8668-4727 

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia