WhatsApp-Button
Cara Teknologi Membantu Meringankan Peran HR

Cara Teknologi Membantu Meringankan Peran HR

  2020-01-06 16:56:21     Ulti Desi Arni     Dibaca 149 kali

Sebagai Human Resource (HR) tentu saja ia dituntut harus mampu melakukan banyak jenis pekerjaan dalam waktu relatif singkat. Bisa dikatakan HR ini adalah orang yang dipercaya oleh pimpinan perusahaan dalam memanajemen perusahaan. Pekerjaannya begitu kompleks mulai dari merekrut karyawan, memberikan pelatihan kepada karyawan terkait sesuai bidang, proses penggajian, menilai kinerja, dan cuti. Sebenarnya tidak hanya itu saja, banyak tugas lainnya terkait administrasi serta mengontrol pekerjaan setiap karyawan.

Berbicara tentang administrasi bisa dikatakan cukup merepotkan meskipun sebenarnya bukanlah kegiatan yang begitu berat, namun cukup memakan waktu yang banyak untuk menyelesaikannya. Apalagi jika perusahaan tersebut memiliki karyawan yang banyak, tentu saja banyak sekali kebutuhan administrasinya sehingga hal tersebut mengakibatkan HR hanya disibukan dengan administrasi tanpa sempat memikirkan strategi lain yang lebih penting demi kemajuan perusahaan.

Permasalahan HR Departement terkait administrasi ini sebenarnya banyak di alami oleh perusahaan karena dalam pekerjaan tersebut mereka belum memanfaatkan teknologi secara penuh alias masih menggunakan cara manual. Sehingga data yang tidak saling terintegrasi membuat tugas HR dalam melakukan inputan bisa berulang kali untuk kebutuhan dokumen.

Sebagaimana kita tahu bahwa saat ini teknologi digital hadir menawarkan banyak sekali kemudahan dan salah satunya bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan HR. Jika peran teknologi ini dimanfaatkan secara maksimal tentu saja harapannya mampu meningkatkan efesiensi, data lebih akurat dan karyawan bisa jauh lebih disiplin.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Bisnis Online di Jambi

Teknologi yang hadir untuk membantu persoalan ini adalah menggunakan Aplikasi HR dari Garuda Cyber Indonesia. Tentu saja banyak sekali kelebihan dan manfaat dari aplikasi ini, terlebih lagi aplikasi yang dimiliki oleh Garuda Cyber ini sudah terbukti di lapangan mampu meringankan pekerjaan HRD.

Berikut beberapa kelebihan dan kemudahan yang akan di dapatkan dengan menggunakan aplikasi HR dari Garuda Cyber Indonesia :

  1. Semua data karyawan akan terintegrasi karena tersimpan dalam data master

Jika perusahaan menggunakan aplikasi HR dalam manajemennya tentu saja ketika membutuhkan data karyawan untuk dokumen tertentu sudah terintegrasi. Pada aplikasi ini semua informasi data terkait karyawan yang dibutuhkan tercatat secara baik, tentu saja karyawan memiliki akses untuk mengedit data atau menginput data sesuai keadaan terbaru mereka. Hak akses tersebut tentu saja dibatasi sesuai kebijakan perusahaan.

Dalam memudahkan HR maka ia mempunyai akses berbeda, dimana seorang HR bisa mengedit, menghapus atau memiliki akses lebih dibandingkan karyawan biasa sehingga pekerjaannya bisa lebih mudah terselesaikan. Tentu saja pada sistem juga ada pembeda langsung antara data karyawan kontrak maupun sudah tetap. Kelebihan lainnya, tidak perlu penginputan data berkali-kali jika suatu saat dibutuhkan karena sudah tersimpan secara baik dalam satu dara master.

  1. Transaksi karyawan tercatat secara baik dan terintegrasi

Setiap bulannya tentu saja ada banyak transaksi yang dilakukan oleh banyak karyawan pula, misalnya transaksi izin, cuti, dinas ke luar daerah termasuk keterlambatan dalam proses absensi dan transaksi lainnya terkait pekerjaan. Tentu saja penting sekali setiap transaksi tersebut dicatat secara baik, terlebih nanti ada kaitannya dalam proses penggajian dan pengambilan keputusan. Jika menggunakan aplikasi HR dari GCI tentu saja proses ini jauh lebih mudah dan cepat, dan proses pencetakan laporannya juga jauh lebih mudah tentunya.

Baca Juga : Jual Sistem untuk Mengontrol Beban Kerja Dosen di Jambi

  1. Lebih akurat dalam penilaian disiplin karyawan

Kinerja dan produktivitas seorang karyawan tentu saja bisa dilihat dari kedisplinannya, baik itu disiplin dalam waktu kehadiran maupun pulang. Terkait ini maka HR juga harus memastikan memonitoring setiap karyawan secara objektif dan akurat. Menggunakan aplikasi ini tentu saja sudah membantu dalam pekerjaan ini, karena sistem terintegrasi dengan absensi sehingga HRD bisa dengan mudah memantau disiplin para karyawannya.

  1. Cepat dalam perhitungan cuti

Setiap karyawan tentu memiliki jatah cuti yang di atur sesuai aturan perusahaan, dalam pencatatan ini HRD dituntut harus cermat dalam mengatur waktu cuti para karyawan. Karena produktivitas perusahaan tetaplah harus terjaga meskipun ada yang cuti. Sehingga aplikasi ini merupakan solusi dalam pengelolaan cuti karyawan perusahaan dengan mudah.

  1. Penghitungan gaji lebih cepat

Proses penggajian merupakan hal yang sangat rumit dan kompleks, pasalnya dalam penggajian ini banyak unsur di dalamnya seperti insentif, BPJS, bonus, tunjangan dan hal lainnya. Jika sebuah perusahaan hanya menggunakan cara manual untuk proses ini, maka tentu saja akan ada kesulitan tersendiri. Sehingga untuk memudahkan ini maka HRD membutuhkan aplikasi dalam proses penggajian ini secara mudah, cepat serta akurat.

Segala kemudahan yang bisa membantu dalam pekerjaan HR di atas adalah menggunakan aplikasi HRD dari Garuda Cyber. Dimana Garuda Cyber merupakan perusahaan Software Development sekaligus konsultan IT profesional. Tim yang tergabung di dalamnya tentu saja para profesional di dalam bidangnya. Sudah banyak mitra dari Garuda Cyber merasakan kemudahan dari setiap aplikasi yang ditawarkannya. Kini saatnya perusahaan anda menjadikan aplikasi HRD ini sebagai solusi dalam permasalahan HR perusahaan.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia