WhatsApp-Button
Pentingnya Peran Anggaran dalam Kemajuan Perguruan Tinggi

Pentingnya Peran Anggaran dalam Kemajuan Perguruan Tinggi

  2020-01-06 16:55:08     Ulti Desi Arni     Dibaca 34 kali

Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam pendidikan, dimana mereka mempunyai misi dalam mempersiapkan setiap peserta didik yang mereka miliki untuk bisa menjadi masyarakat yang mampu menerapkan ilmu yang diperoleh selama proses pembelajaran secara profesional di kehidupan nyata. Tidak hanya itu saja perguruan tinggi juga harus bisa memastikan peserta didik mereka mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan yang ada. Sehingga perkembangan atau kemajuan perguruan tinggi juga mesti harus diperhatikan agar mendapatkan tempat di mata masyarakat.

Maju atau berkembangnya sebuah perguruan tinggi dipengaruhi oleh adanya peserta didik serta sumber pendanaan yang dimiliki. Sumber dana ini tentu saja bisa dari pemerintah dan juga dari mahasiswa bersangkutan diatur sesuai peraturan yang ada.

Perolehan dana perguruan tinggi ini dibahas di dalam UU SPN 20/2003 Ps.46 dimana dana tersebut nantinya akan diimbagi menjadi anggaran untuk seleksi masuk perguruan tinggi, sumbangan untuk pembinaan pendidikan, anggaran kontrak kerja yang sesuai dengan peran perguruan tinggi, sumbangan yang diperoleh dari hibah perorangan atau suatu lembaga, penyediaan hasil penjualan produk dari penyelenggaraan pendidikan tinggi, dan penerimaan dari masyarakat lain.

Baca Juga : Jual Aplikasi HRM Perusahaan di Jakarta

Selain sumber perolehanan dana tersebut, terkait pengalokasian dana juga menjadi peranan penting harus diperhatikan oleh kampus. Dikutip dari Bowen (1980:131) ada tiga pengalokasian dana pada pendidikan ini di antaranya adalah :

  1. Alokasi Fungsi

Alokasi satu ini terkait dengan pengeluaran rutin seperti pendanaan untuk pelayanan akademik, mahasiswa dan dosen

  1. Alokasi Penerima

Sedangkan untuk pengalokasian satu ini terkait dana yang harus dikeluarkan untuk staf dan mahasiswa seperti beasiswa, kompensansi gaji dan kebutuhan alat tulis kantor.

  1. Alokasi Modal

Pada pengalokasian modal ini yaitu menganggarkan dana untuk pembangunan dan untuk pendidikan jangka panjang.

Jika perguruan tinggi telah menerapkan pengalokasian terkait dana tentu saja bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan atau kemajuan perguruan tinggi semaksimal mungkin. Selain itu dalam proses perkembangan perguruan tinggi ada beberapa komponen bermanfaat di antaranya pelatihan, penelitian, memanfaatkan jasa alumni, pertukaran informasi, menyediakan layanan untuk pekerja, dan pemanfaatan lahan atau tanah.

Nah, kunci dalam perkembangan atau kemajuan sebuah perguruan tinggi ini sebenarnya terletak pada anggaran dan pengalokasian dana yang baik dan tepat. Namun, dalam mengelola anggaran tersebut tentu saja tidak semulus perkataan saja, ada saja halangan yang mungkin bisa menghambat berkembang dan majunya perguruan tinggi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pengelolaan anggaran ini sangat memiliki peranan penting dalam kemajuan sebuah perguruan tinggi, sehingga dibutuhkan ketelitian, kecermatan serta ketepatan dalam proses pelaporannya.

Baca Juga : Jual Aplikasi Payroll Kampus di Jambi

Jika sebuah kampus hanya menghandalkan cara manual atau excel dalam proses perhitungan dan pelaporannya tentu saja hal ini kurang efektif. Kita bisa bayangkan bertapa banyak proses transaksi terkait keuangan ini, dan berapa banyak anggaran yang di ajukan untuk di proses dan itu semya sangat berpengaruh demi maju dan berkembangnya sebuah kampus. Sehingga akan sangat sulit mengontrol itu semua dan akan mungkin terjadinya kurang transparasi anggaran serta kurang efesien dalam proses pelaporan pajak.

Tentu saja sangat disayangkan sekali jika pengelolaan anggaran ini menjadi penghambat berkembangnya sebuah perguruan tinggi. Sebagai solusi dalam permasalahan ini sudah sepatutnya kampus mengikut sertakan peranan teknologi secara maksimal dalam proses keuangan mereka agar bisa menghasilkan manajemen keuangan secara baik.

Saat ini banyak sekali teknologi yang bisa membantu terkait keuangan ini salah satunya aplikasi finance. Tentu saja aplikasi ini mampu mendukung pengelolaan anggaran secara efektif dan efesien sehingga menggunakan aplikasi ini kampus bisa mendapatkan laporan keuangan mereka lebih transparan, cepat dan pastinya lebih aman.

Salah satu perusahaan penyedia aplikasi finance ini adalah Garuda Cyber Indonesia, yaitu perusahaan IT terkemuka sekaligus konsultan IT profesional yang berkantor pusat di Pekanbaru. Saat ini sudah banyak sekali kampus atau perguruan tinggi mempercayakan Garuda Cyber sebagai solusi kebutuhan IT mereka termasuk aplikasi finance ini. Aplikasi keuangan ini juga bisa kampus dapatkan dalam paket Smart Campus dari Garuda Cyber.

Sebagai kampus yang siap dan ingin maju serta berkembang tentu saja harus mengikut sertakan peran teknologi digital dalam aktivitas kampusnya. Tidak ada lagi cara manual yang membutuhkan banyak sumber daya dan waktu.

agi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : [email protected]

WhatsApp Only : 0823-8668-4727 

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia