WhatsApp-Button
Koperasi, Semua Tentang Transparansi

Koperasi, Semua Tentang Transparansi

  2018-02-02 15:38:22     aknovia     Dibaca 732 kali

Sering kali kita mendengar atau melihat istilah ‘Koperasi’. Melalui televisi, radio, koran, majalah, internet, bahkan dari spanduk-spanduk dijalanan. Namun, apakah kita sudah tahu, apa sih koperasi itu?

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. (sumber : wikipedia).

Dilansir dari Informazone, terdapat 4 faktor untuk mengelompokkan koperasi :

  1. Jenis Usaha
  • Koperasi Produksi
    Koperasi  produksi merupakan suatu koperasi yang bertujuan membantu usaha anggota-anggotanya atau bersama-sama melakukan sebuah usaha.
  • Koperasi Konsumsi
    Koperasi konsumsi merupakan suatu koperasi yang menjual berbagai macam barang kebutuhan pokok bagi anggota-anggotanya.
  • Koperasi Simpan Pinjam
    Koperasi simpan pinjam juga dikenal sebagai koperasi kredit. Koperasi ini menyediakan uang pinjaman bagi anggotanya dan juga sebagai tempat menyimpan uang.
  • Koperasi Serba Usaha
    Koperasi serba usaha merupakan koperasi yang memiliki berbagai macam bentuk usaha. 
  1. Status Anggota :
  • Koperasi Pegawai Negri
    Koperasi Pegawai Negeri (KPN) sekarang berganti nama Koperasi Pegawai Republik Indonesia bertujuan mensejahterakan anggota-anggotanya
  • Koperasi Pasar
    Bentuk koperasi pasar bisa berupa sebuah koperasi simpan pinjam yang akan menyediakan pinjaman bagi para pedagang.
  • Koperasi Unit Desa
    Koperasi Unit Desa (KUD) merupakan koperasi yang anggotanya berasal dari masyarakat di pedesaan yang biasanya melakukan kegiatan usaha di bidang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
  • Koperasi Sekolah
    Umumnya melakukan kegiatan seperti koperasi serba usaha. Jadi, selain menjual barang-barang kebutuhan, juga bisa digunakan oleh para anggotanya (misalnya : siswa dan guru) sebagai tempat untuk menyimpan uang.
  • Koperasi Pondok Pesantren
    Kegiatan yang dilakukan Koperasi Pondok Pesantren biasanya menyediakan barang-barang kebutuhan santri.
  1. Tingkatan :
  • KoperasiPrimer
    Koperasi primer adalah koperasi yang beranggotakan minimal 20 orang. Dengan syarat memenuhi persyaratan anggaran dasar koperasi primer dan mempunyai tujuan yang sama.
  • Koperasi Sekunder
    Koperasi Sekunder merupakan koperasi yang beranggotakan koperasi-koperasi primer yang bertujuan sama.
  1. Fungsi :
  • KoperasiKonsumsi
  • Koperasi Jasa
  • KoperasiProduksi

Begitu banyak permasalahan yang dirasakan mengenai kepengurusan koperasi. Memang tak mudah mendapatkan kepercayaan orang lain terutama jika menyangkut masalah keuangan. Yang seharusnya dengan prinsip asas kekeluargaan malah menjadi asas kecurigaan. Tak ayal banyak koperasi yang tidak berjalan dengan baik.

Koperasi ideal itu adalah koperasi yang selalu transparan kepada setiap anggotanya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem koperasi yang dapat diakses secara realtime oleh anggota koperasi, sehingga anggota dapat memantau secara langsung keuangan koperasi. Dengan demikian, anggota tidak menaruh curiga terhadap pengurus atau pemimpin koperasi akan melakukan tindakan korupsi. Acap kali terjadi kasus dimana anggota melaporkan pengurus atau pemimpin koperasinya karena kecurigaan dan praduga tak bersalah melakukan penggelapan uang koperasi.

Namun, anda tak perlu khawatir karena telah hadir suatu aplikasi koperasi yang akan memudahkan dalam mengatur koperasi anda. Aplikasi ini dikenal dengan nama G-Smart Koperasi. 

G-Smart Koperasi merupakan salah satu produk dari Garuda Cyber Indonesia. Aplikasi ini memudahkan pengurus dan anggota koperasi. Aplikasi ini dapat membantu pengurus koperasi dalam mengatur data dalam jumlah besar sehingga kegiatan koperasi dan berjalan lancar. Dan juga laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan serta laporan buku tabungan dapat dibuat hanya dengan klik, klik, dan klik. Disisi lain anggota dapat mengecek uang simpanannnya dan cek penarikan secara online melalui androidnya. Sehingga keuangan di koperasi menjadi transparan. Bukan hanya itu, aplikasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan koperasi anda.

Untuk info lebih lanjut kunjungi kami di : Jl. Subrantas No. 188 Panam-Pekanbaru-Riau

website : www.garudacyber.co.id

atau hubungi kami melaui :

email : [email protected]

Contact 
 (0761-6704399) 
 085263574074  (Bantuan,S.T)

085210832769  (Edi Purwanto,S.Kom )


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia