WhatsApp-Button
Sistem Informasi Persuratan pada Pemerintahan

Sistem Informasi Persuratan pada Pemerintahan

  2019-12-23 15:31:52     Ulti Desi Arni     Dibaca 74 kali

Dalam sebuah instansi pemerintahan tentu saja tidak terlepas dari yang namanya surat menyurat. Banyak sekali urusan yang memiliki kaitan dengan surat, baik itu surat masuk maupun keluar hingga pengurusan atau pelayanan untuk keperluan masyarakat. Pentingnya surat menyurat ini tentu saja harus dikelola secara baik agar bisa menghasilkan informasi secara tepat sasaran.

Tidak hanya tepat sasaran saja, diharapkan setiap proses yang ada pada instansi pemerintahan harus mampu memberikan informasi dan menghasilkan pekerjaan secara cepat dan tepat. Hal ini disebabkan karena begitu pesatnya perkembangan teknologi sehingga menuntut setiap aspek pekerjaan haruslah cepat. Jika dulu kita sering mendengar kata biar lambat asalkan selamat, namun hal tersebut kini sudah tidak berlaku lagi. Zaman serba digital saat ini menuntut pekerjaan harus bisa dicapai secara cepat, tepat, akurat dan selamat.

Pada sebuah instansi sering kali menghadapi permasalahan terkait dokumen surat ini, seperti menumpuknya yang mengakibatkan proses disposisi surat terhambat. Akibat jika disposisi surat ini terlambat tentu saja berefek kepada pada bagian lain misalnya sebuah instruksi dimana seharusnya bisa segera diproses namun harus mengalami penundaan karena tidak langsung diterima oleh eksekutor lapagan.

Baca Juga : Jual Sistem Kuisioner Online/EDOM Kampus di Jambi

Kendala lainnya dalam surat menyurat ini adalah pada proses pencarian, dimana situasi akan semakin buruk karena terlalu banyak tumpukan dokumen surat sehingga menyulitkan proses pencarian ketika dibutuhkan. Selain itu, surat yang dalam bentuk dokumen atau tumpukan kertas membutuhkan banyak kertas dan itu akan memerlukan banyak anggaran di dalamnya.

Tentu saja permasalahan di atas baru sebagian kecil dari sekian banyak kendala jika sebuah institusi besar hanya mengandalkan cara manual dalam surat menyurat ini. Sementara itu Teknologi Informasi saat ini telah menawarkan banyak bantuan dimana hampir setiap bidang pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat dan efesien. Sehingga pengolahan data informasi ini bisa dirangkum dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam sebuah sistem informasi.

Sistem informasi ini akan menjadi media penghubung antara seluruh komponen pada instansi atau organisasi, sehingga semua transaksi yang ada bisa terhandle secara baik dan meminimalisir kemungkinan kesalahan. Begitu juga dalam surat menyurat, bisa dilakukan secara digital.

Meskipun harus dihadirkan secara digital, ternyata tidak semata-mata hal ini mudah untuk diterapkan. Dalam menjaga sistem tersebut mampu beroperasi secara baik tentu saja dibutuhkan infrastuktur yang tepat dan tenaga profesional. Meskipun saat ini banyak sekali aplikasi surat menyurat ini tersedia, namun setiap institusi tentu saja memiliki karakteristik surat yang unik sehingga membutuhkan aplikasi yang bisa dikostumisasi sesuai kebutuhannya.

Hadirnya aplikasi surat menyurat ini tentu saja dapat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan konsep Smart City. Sebagai solusi dari permasalahan di atas dalam menciptakan Sistem Informasi Persuratan ini menggunakan aplikasi Surat Menyurat dari Garuda Cyber Indonesia.

Dimana Garuda Cyber adalah perusahaan Software Development sekaligus konsultan IT yang diperhitungkan keberadaannya. Perusahaan ini memiliki tim kerja profesional dan sudah berhasil mengembangkan banyak sistem terintegrasi terutama dalam bidang pendidikan dengan produk mereka yaitu Smart Campus dan Smart School.

Baca Juga : Jual Aplikasi Penggajian Perusahaan di Jambi

Tidak hanya itu saja, Garuda Cyber juga sudah membantu banyak perusahaan dalam memberikan solusi terkait permasalahan dalam bidang teknologi. Nah, banyak sekali keunggulan yang akan di dapatkan oleh instansi apabila menggunakan Sistem Informasi Persuratan dari Garuda Cyber ini diantaranya adalah :

  1. Menciptakan kenyamanan kerja lebih baik
  2. Lebih efesien dan efektif dalam segi waktu
  3. Dokumentasi akan termanajemen menjadi lebih baik
  4. Sebagai bahan pendukung dalam pengambilan keputusan
  5. Surat menyurat terarsip secara digital
  6. Berkurangnya penggunaan kertas sehingga biaya operasional bisa lebih hemat.
  7. Disposisi dapat dilakukan secara real time dan mudah untuk dilacak
  8. Manajemen lebih terkendali begitu juga dalam proses pencarian akan lebih mudah dilakukan
  9. Koordinasi antar divisi jauh lebih mudah
  10. Paling penting citra pemerintah akan baik di mata masyarakat karena mampu memberikan pelayanan secara cepat dan tepat.

Begitu banyak kelebihan yang ditawarkan, tentu saja aplikasi ini juga akan menawarkan fitur terlengkap sesuai kebutuhan instansi pemerintahan dalam keperluan surat menyuratnya. Dalam pembuatan sistem, pihak instansi tidak perlu menyiapkan infrastruktur seperti server dan lainnya, karena tim GCI menyediakan sistem include dengan server.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : [email protected]

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Desember


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia