WhatsApp-Button
6 Indikator Penting Membangun Smart City

6 Indikator Penting Membangun Smart City

  2019-12-20 15:08:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 144 kali

Saat ini di Indonesia konsep Smart City cukup hangat diperbincangkan, hal itu terbukti ketika masa kmapanye kemarin bahwa banyak mereka mengusung Smart City di dalam program mereka. Pasalnya kita tahu bahwa saat ini kita seakan sudah melekat dengan teknologi. Hampir setiap saat hadir teknologi terbarukan sehingga mau tidak mau menuntut kita harus mampu mengikuti perkembangan tersebut.

Smart City di usung menjadi bagian dari pengimplementasian Internet of Things di Indonesia. Sehingga dengan hadirnya Smart City ini diharapkan setiap informasi baik itu dari kebutuhan masyarakat, infrastruktur dan pemerintah saling terintegrasi. Sehingga bisa menghasilkan pelayanan jauh lebih efesien dan terciptanya sebuah kota yang nyaman dan aman.

Sesuai namanya Smart City tentu saja menjadikan sebuah kota “cerdas” dan dalam mewujudkannya tentu saja memiliki tantangan tersendiri untuk setiap kota. Pasalnya permasalahan yang ada tentu saja tidak sama antara satu kota dengan kota lainnya. Sehingga sebelum menerapkan ini penting bagi pemerintahan kota terkait mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan untuk kota tersebut sehingga bisa menciptakan aplikasi yang tepat.

Nah, sebagai langkah awal agar target smart city bisa tercapai tentu saja indikator yang harus terpenuhi. Menurut perusahaan penyedia solusi perkotaan asal Jerman, Beesmartcity menjelaskan bahwa ada 6 indikator dalam mewujudkan Smart City ini, diantaranya :

Baca Juga : Wujudkan Kota Cerdas menggunakan 5 Komponen Teknologi Smart City

  1. Smart Economy

Dalam pengembangan Smart Economy ini yaitu mampu membuat ekonomi terus berkembang dengan hadirnya industri kreatif dalam dunia digital. Teknologi digital yang hadir dimanfaatkan bisa menjadi solusi yang efektif terkait permasalahan pada sebuah kota. Menjadi tugas berat disini adalah bagaimana caranya pemerintah dan masyarakat bisa bekerja sama untuk meningkatkan daya tarik kotanya sehingga para investor tertarik. Sehingga hal tersebut bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi serta mampu memberikan lapangan pekerjaan.

  1. Smart Environment

Selain terkait permasalahan ekonomi, pengolahan limbah, air dan energi alternatif ramah untuk lingkungan juga hal yang harus dipikirkan oleh pemerintahan kota. Pemerintah harus bisa memikirkan cara bagaimana menciptakan lingkungan yang ramah, bersih dan nyaman. Misalnya pemerintah harus bisa mengatasi persoalan sampah plastik yang begitu banyak dan hal lainnya.

  1. Smart Government

Indikator selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu dimana pemerintah harus mampu memfasilitasi untuk setiap perubahan dan perkembangan sosial secara baik. Misalnya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan transparasi terkait administrasi pemerintah bisa menciptakan ragam aplikasi alias memanfaatkan teknologi untuk menghindari kecurangan dari oknum tidak bertanggung jawab.

  1. Smart Living

Nah yang menjadi indikator selanjutnya dimana pemerintah harus memiliki tujuan bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Langkah yang bisa di ambul misalnya membangun fasilitas yang mendukung dalam peningkatan taraf kehidupan tersebut seperti ramah difabel, mengembangkan kurikulum melek digital, mudahnya mendapatkan informasi tentang kesehatan, serta informasi fasilitas lainnya.

  1. Smart Mobility

Indikator kelima ini terkait dengan apa yang menjadi fokus pada kota tersebut, jika di Jakarta mereka fokus pada kemacetan sehingga menciptakan alat transportasi untuk menghindarinya. Nah, jika di kota memiliki potensi pada bidang pertanian maka untuk mendukung proses pertanian tersebut anda bisa membangun teknologi yang tepat. Atau bisa memanfaatkan teknologi dalam proses memasarkannya agar bisa tersebar ke luar daerah.

Baca Juga : Manfaat Big Data dalam Membangun Smart City

  1. Smart People

Bisa dikatakan ini adalah poin lumayan terpenting, tentu saja sebuah kota tidak akan bisa menjadi “Pintar” jika masyarakatnya sendiri tidak “smart”. Kualitas pemerintah dan masyarakat adalah indikator muncul terwujudnya Smart City. Sehingga sangat dibutuhkan sekali kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, jika kerja sama bisa berjalan secara baik tentu saja bisa mewujudkan keinginan dengan mudah.

Itulah yang menjadi indikator penting untuk diperhatikan oleh pemerintah dalam mewujudkan Smart City. Tentu saja setiap indikator yang ada tersebut tidak mampu berjalan sendiri, setiap indikator memiliki kaitan antar satu indikator dengan indikator lainnya agar terwujudnya Smart City.

Karen Smart City adalah bagian menuju era Internet of Things tentu saja di dalamnya harus menghadirkan ragam teknologi dan aplikasi untuk kemudahan dalam pelayanan tersebut. Dalam menciptakan teknologi Smart City tersebut, pemerintah dapat menggandeng perusahaan IT yang memang memiliki fokus dan mampu membantu dalam proses pengembangnya.

Salah satu perusahaan yang bisa dilirik oleh pemerintah sebagai Mitra adalah Garuda Cyber Indonesia yang siap dalam membantu untuk mewujudkan kota menjadi “pintar”. Tentu saja Garuda Cyber memiliki tim profesional di bidang ini dan juga memiliki pengalaman dalam mengembangkan ragam aplikasi apalagi sudah lama turut membantu dalam bidang pendidikan dengan produk unggulan mereka Smart School dan Smart Campus.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : [email protected]

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Desember


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia