Manfaat Big Data dalam Membangun Smart City

Saat ini di Indonesia jumlah penduduk terus saja mengalami peningkatan dan itu diringi dengan begitu kompleks dan beragamnya permasalahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Sehingga bagi pemerintahan kota untuk bisa mewujudkan kemajuan kotanya dan memberikan kenyamanan bagi seluruh warganya tentu saja itu akan menjadi tantangan besar.

Smart City saat ini menjadi perbincangan dan diharapkan mampu menjadi langkah besar untuk kemajuan kota, sehingga banyak kota yang berlomba-lomba mengusung konsep Smart City ini. Dalam mewujudkan konsep ini sesuai namanya yaitu kota “cerdas” tentu saja harus memiliki ciri-ciri yang mencerminkan seperti efesien (efficient city) , berdaya tahan (efficient city), ramah lingkungan (eco city), berkelanjutan (sustainable city), layak hidup (liveable city) dan ciri lainnya.

Untuk bisa memenuhi semua ciri-cir tersebut agar mampu menjadi Smart City, maka kebutuhan data adalah hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Pasalnya data tersebut tentu saja sangat banyak jumlahnya dari berbagai sektor kehidupan. Agar semua data tersebut bisa mendukung dalam mewujudkan kota cerdas maka dibutuhkan sebuah teknologi yang bisa mengintegrasikan setiap data tersebut, menganalisisnya serta bisa bekerja secara real time.

Teknologi yang tepat dalam persoalan data agar bisa mewujudkan Smart City adalah Big Dara. Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengarnya, pasalnya Big Data ini juga sudah banyak diterapkan oleh perusahaan yang memang memiliki data dalam jumlah besar, begitu juga dengan perguruan tinggi. Layaknya otak manusia, begitulah peranan dari Big Data ini. Nah, dalam membantu untuk mewujudkan Smart City berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan menggunakan Big Data ini :

Baca Juga : Karakteristik Sistem Akuntansi Kampus yang Efektif

  1. Manajemen yang Lebih Baik

Hadirnya smart city ini tentu saja menawarkan konsep yang memudahkan setiap sektor kehidupan masyarakat di kota tersebut, baik itu aspek dalam pendidikan, pemerintahan, kesehatan, tata kota, transportasi, administrasi dan hal lainnya yang terkait. Untuk mewujudkannya tentu saja dibutuhkan manajemen yang baik yaitu menggunakan sistem yang saling terintegrasi dan itu semua terkait dengan jumlah data yang banyak.

Sehingga teknologi Big Data bisa menjadi solusi untuk mengolah data dengan jumlah banyak tersebut dalam rentan waktu relatif lebih cepat. Menggunakan ini tentu saja akan memberikan kemudahan untuk semua masyarakat, tidak ada lagi namanya birokrasi berbelit serta transportasipun mudah di akses.

  1. Lebih Cepat dalam Mengambil Keputusan

Hasil olahan dari Big Data yaitu berupa data analitik dimana mampu memberikan data pendukung yang akurat untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. Sehingga dalam menentukan langkah-langkah yang strategis untuk kemajuan sebuah kota bisa memanfaatkan data tersebut. Contoh sederhana dalam pengambilan keputusan yaitu pemberian subsidi, agar subside bisa tepat sasaran data ini bisa digunakan dalam menentukan warga yang berhak dan tidak berhak menerimanya.

  1. Terciptanya Lingkungan Sejuk dan Bersih

Smart city tentu saja tidak hanya sekedar memberikan banyak kemudahan saja, melainkan juga bisa membantu dalam menjaga lingkungan kota tetap nyaman dan layak huni. Melalui Big Data yang terintegrasi dengan kepolisian tentu saja akan mudah dalam mendapatkan informasi terkait pengurangan gas emisi dan polusi. Selain itu, ia juga akan membantu dalam pengelolaan sampah agar bisa ramah lingkungan serta mengetahui jumlah sampah yang harus dibuang setiap harinya.

Baca Juga : Hal yang Harus Kamu Hindari ketika Akan dan Sedang Presentasi

  1. Keamanan Terjamin

Karena cara kerja dari Smart City menggunakan teknologi Big Data ini adalah cepat dan akurat, maka mampu memberikan rasa aman terhadap masyarakat di kota dari berbagai tindakan kejahatan atau tindakan yang tidak diinginkan. Karena setiap penjuru kota tentu saja dilengkapi dengan sensor-sensor yang mampu memberikan informasi secara realtime dalam big data. Sehingga bisa diolah dan melakukan penanganan pun juga dengan cepat.

  1. Energi Efisiensi

Kemampuan Big Data ini lainnya yaitu mampu memonitoring dalam penggunaan energi setiap warga dalam kota tersebut. Tidak hanya energi listrik saja, melainkan juga mampu memonitor setiap saat penggunaan energi bahan bakar dan air bersih. Sehingga penggunaan energi dan sumber daya tersebut terdorong lebih efesien.

Begitu banyak kelebihan yang dihadirkan oleh Big Data jika digunakan dalam mewujudkan Smart City, saat ini pun penggunaan Big Data dalam mewujudkan kota “cerdas” juga banyak diterapkan oleh kota negara maju. Nah, sebagai negara yang juga perkembangan dan pertumbuhan yang pesat Indonesia sudah saatnya juga menggunakan Big Data mewujudkan kota “cerdas”.

Dalam menggunakan konsep Smart City dengan Big Data pada sebuah pemerintahan kota tentu saja tidak bisa dilakukan tanpa bantuan para ahlinya. Pemerintahan bisa menggandeng perusahaan IT dalam mewujudkan ini semua, dan salah satunya adalah Garuda Cyber Indonesia.

Garuda Cyber memiliki tim profesional yang siap menjadi mitra dalam mewujudkan Smart City dengan ragam produk unggulan yang dimilikinya. Saat ini tidak hanya siap dalam membantu agar Indonesia bisa lebih melek teknologi, Garuda Cyber juga sudah berperan dalam memajukan bidang pendidikan dari segi teknologi dengan produk unggulan mereka yang lainnya.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Desember

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...