Wujudkan Kota Cerdas menggunakan 5 Komponen Teknologi Smart City

Smart City saat ini masih hangat menjadi pembahasan di instansi pemerintahan, pasalnya mewujudkan kota menjadi cerdas adalah sebuah PR besar bagi mereka. Di zaman serba digital saat ini tentu saja teknologi telah memberikan jawaban untuk memudahkan dalam menyelesaikan hampir semua permasalahan yang ada termasuk juga di instansi pemerintahan.

Seiring dengan terus berkembangnya teknologi ini dan dalam meningkatkan citra pemerintahan maka mewujudkan kota cerdas dengan konsep Smart City adalah salah satu solusi yang tepat. Sebenarnya sudah banyak beberapa daerah menerapkan Smart City ini, sehingga dapat membantu untuk mengolah data suatu kota dan juga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya dengan menggunakan teknologi terbarukan.

Selain di Indonesia juga sudah banyak jauh sebelum-sebelumnya yang menerapkan konsep smart city ini seperti negara-negara maju Amerika, Singapore dan Prancis. Banyaknya hadir teknologi saat ini tentu saja dalam mewujudkannya maka setiap komponen teknologi dari Smart City haruslah terpenuhi. Maka, akan muncul pertanyaan “teknologi seperti apa yang harus digunakan agar sebuah kota bisa dikatakan sebagai Smart City?”.

Dalam mewujudkan smart city ini ada lima teknologi yang harus digunakan, berikut penjelasannya :

Baca Juga : Jual Sistem Penggajian Perusahaan

  1. Sensing

Teknologi ini digunakan untuk mengumpulkan seluruh informasi seperti keadaan laut, daratan, keadaan udara hingga keadaan luar angkasa (jika memungkinkan) yang ada pada sebuah wilayah menggunakan perangkat sensor dan video. Tentu saja informasi yang dikumpulkan tersebut dari seluruh aspek yang ada agar melalui teknologi ini maka taraf kehidupan masyarakat bisa meningkat.

Aplikasi yang digunakan untuk memperoleh semua informasi terkait tentu saja bisa bervariasi seperti aplikasi untuk merancang jalan raya, apabila terjadi kebakaran maka petugas kebakaran bisa menemukan “safe route”, aplikasi memprediksi bencana alam atau gempa serta memprediksi terjadinya kejahatan pada suatu tempat dan aplikasi lainnya.

  1. Authentication

Semua data yang diperoleh berdasarkan teknologi sensing tentu saja dibutuhkan penelaah kembali secara berkala baik itu dari segi lokasi atau kondisi harus dipastikan se-valid mungkin. Sementara itu ketika kita berbicara validasi data tentu saja ini sangat vital pada kebutuhan smart city ini. Untuk itu sangat penting sekali dibutuhkan se-realtime mungkin dalam memproses dan validasi data tersebut, karena bisa saja sangat dibutuhkan.

  1. Monitoring

Ketika mengumpulkan setiap data menggunakan teknologi sensing, dan authentication tentu saja akan ada kemungkinan anomali data. Sehingga sistem yang ada harus mampu menemukan anomali data tersebut dan hal ini dilakukan oleh teknologi Monitoring. Sebuah monitoring data yang baik tentu saja mampu mencegah terjadinya kejahatan, kecelakaan serta mampu melindungi setiap ases smart city dari bencana alam.

  1. Control

Setelah melakukan monitoring maka data tersebut hari dianalisa secara realtime dan terkontrol. Misalnya memaksimalkan penggunaan pendingin ruangan pada sebuah gedung, hal tersebut didapatkan berdasarkan informasi lokasi serta lingkungan orang yang bekerja membutuhkannya.

Baca Juga : Jual Aplikasi Executive Summary

  1. Cloud Computing

Berbicara data ini tentu saja ini hal yang sangat penting untuk di selamatkan dari ancaman kecelakaan maupun bencana alam, apalagi pada sebuah Smart City. Sebagai solusi terkait data ini maka cloud computing adalah teknologi yang tepat untuk digunakan, sehingga tidak harus waspada lagi jika akan adanya bencana. Selain itu, menggunakan server secara cloud ini juga memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi serta fleksible, sehingga data tersebut mudah dimanfaatkan kapanpun dan dimanapun.

Dalam mewujudkan Smart City maka penting sekali 5 komponen teknologi di atas saling terintegrasi secara baik, dan memang sedikit kompleks terlebih tidak semua di pemerintahan melek akan teknologi sehingga akan ada kendala-kendala tertentu ketika ingin menerapkannya.

Sebagai solusi, instansi pemerintahan bisa menggandeng pihak development IT dalam menerapkan smart city ini. Apalagi saat ini banyak sekali perusahaan IT yang juga turut mengembangkan teknologi smart city. Menggunakan perusahaan IT  yang profesional dalam pengembangan smart city tentu saja permasalahan 5 teknologi di atas tidak menjadi problematika lagi.

Salah satu perusahaan IT yang bisa digandeng oleh pemerintahan dalam membantu mewujudkan smart city adalah Garuda Cyber. Di dalamnya terdiri orang-orang profesional yang sudah berpengalaman dalam pembangunan teknologi. Apalagi sudah banyak portofolio yang dimiliki perusahaan ini dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Desember

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...