Ini Alasannya Kenapa Pemerintahan Kota Harus Menerapkan Smart City

Sebuah sistem yang baik tentu saja akan memberikan banyak kemudahan dan manfaat kepada para penggunanya, begitu juga dengan sebuah kota. Tentu saja sangat menginginkan bahwa setiap yang menjadi kebutuhan bisa tercukupi. Seperti kebutuhan akan energi terbarukan bisa di akses dengan mudah, mempunyai sistem transportasi terintegrasi yang mudah digunakan, kebutuhan akan air bersih bisa terpenuhi, keamanan masyarakat terjamin, surat-menyurat bisa terekap secara baik, pendataan penduduk dilakukan secara mudah dan banyak hal lainnya yang tentu saja menjadi impian setiap kota.

Kemudahan-kemudahan tersebut tentunya tidak lain ingin meningkatkan kualitas hidup setiap warganya apa lagi kita ketahui bahwa keberadaan kota sangat dipenuhi oleh penduduk. Banyak yang memilih hidup di perkotaan sehingga kota harus bisa menyediakan setiap kebutuhan dasar seperti menyediakan air bersih, makanan sehat, kecukupan energi, memastikan stabilitas sosial, ekonomi dan kelestarian lingkungan.

Dalam memenuhi semua kebutuhan tersebut jika sebuah pemerintahan kita menggunakan sistem yang tepat tentu saja akan tepat juga dalam penggunaanya akan mendatangkan banyak manfaat untuk setiap warganya. Sistem terintegrasi juga akan memudahkan dalam berbagai hal. Dalam hal ini tentu saja pemerintahan kota harus bisa berpikir dan berupacaya dalam memenuhi dengan cara seperti penggunaan Smart City. Dimana sistem atau teknologi yang saling terintegrasi bisa dikatakan sebuah tantangan bagi kita, dimana di dalamnya dibutuhkan sebuah kerja sama antar beberapa pihak.

Baca Juga : Jual Aplikasi Manajemen Perusahaan di Medan

Mungkin akan ada beberapa alasan kenapa sebuah pemerintahan kota harus menggunakan Smart City? Agar kota bisa mencapai setiap visi dan misi dan kita juga melihat beragam aspek yang ada saat ini tentu saja ada beberapa yang menjadi landasan agar menerapkannya. Berikut beberapa alasan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan pemerintahan kota agar menerapkan Smart City :

  1. Pertumbuhan populasi yang makin banyak

Sebagaimana kita tahu dan bukan hal yang tabu lagi bahwa negara berkembang seperti Indonesia ini mempunyai tingkatan populasi penduduknya yang begitu tinggi dan pesat. Apalagi banyak sekali di depan mata kita saat ini generasi-generasi muda. Nah, jika pemerintahan kota tidak memanfaatkan peran teknologi dalam memanajemen kota tentu saja hasilnya akan kurang maksimal. Bisa saja akan terjadi kesenjangan terjadi dalam pelayanan terkait kebutuhan mereka. Sehingga jika menggunakan Smart City maka akan terminimalisisr kemungkinan-kemungkinan yang menjadi permasalahan tersebut.

  1. Dampak pertumbuhan populasi terhadap lingkungan

Tentu saja ini sangat beriringan jika populasi penduduk terus meningkat maka akan meningkat pulalah kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, banyak pemerintahan kota kadang lupa dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Tentu saja jumlah pendudukan yang banyak juga akan meningkatkan dalam penggunaan energi serta limbah sampah yang dihasilkan juga akan meningkat, bahkan limbah tersebut bisa menyebabkan lingkungan tidak sehat. Jika sebuah kota menerapkan Smart City tentu saja hal tersebut bisa di atasi karena mendukung penggunaan energi terbarukan selain itu juga akan menciptakan kiat dalam mendaur ulang limbah.

  1. Kebutuhan perawatan kota secara menyeluruh

Sebuah kota bisa tetap nyaman serta aman ditinggali tentu saja dibutuhkan perawatan secara berkala, selain itu pemerintah juga harus mampu responsif dan dapat mengcover setiap wilayah dalam menghindari akan adanya kecemburuan sosial. Nah, sebagai solusinya adalah Smart City yang mampu membantu ha tersebut karena di dukung dengan pemetaan terkait hal tersebut. Selain itu, nantinya sistem juga bisa di akses setiap warga dengan hak akses tertentu agar mereka bisa memberikan informasi secara real time terkait hal apa yang mesti diatasi terlebih dahulu.

Baca Juga : Jual Sistem Informasi Riset Kampus di Medan

  1. Kebutuhan teknologi integrasi untuk tata kota

Kita ketahui bahwa saat ini hadirnya internet tentu saja memberikan ragam kemudahan untuk kita, dan itu juga menuntut setiap teknologi yang digunakan mampu memberikan informasi saling terhubung. Sehingga konsep penggunaan smart city dimana di dalamnya ada sistem terintegrasi akan sangat berpotensi baik untuk mengelola tata kota. Selain itu kemungkinan akan adanya human error akan terminimalisisr.

  1. Kebutuhan kualitas pelayanan yang efektif dan efisien

Mampu melayani secara tepat dan cepat tentu saja adalah impian setiap pemerintahan agar pendudukannya tidak perlu menunggu lama dalam setiap kebutuhan mereka. Seperti mengurus surat perizinan, pembuatan paspor, perpanjangan sim dan lain sebagainya jika dapat dilakukan dengan mudah maka akan mampu memangkas waktu tunggu. Semua itu akan bisa terwujud dengan Smart City dimana dalam pelayanan akan jauh lebih efektif dan efesien.

Dengan lima alasan seharusnya sudah cukup meyakinkan untuk pemerintahan kota kenapa harus menerapkan Smart City. Karena teknologi ini tidak hanya akan menguntungkan satu pihak saja namun pihak pemerintahan dan warganya bisa dimudahkan dan terbantu. Menggunakan smart city tentu saja mampu meningkatkan taraf kualitas hidup setiap elemen kota.

Dalam mewujudkan Smart City tersebut, Garuda Cyber hadir dan memberi andil di dalamnya dengan menawarkan produk Smart City. Dimana Garuda Cyber sudah berpengalaman dalam menghadirkan teknologi terintegrasi yang memberikan begitu banyak kemudahan dan  keunggulan. Beberapa produk yang berhasil di antaranya ada Smart Campus, Smart School, Smart Medical, dan banyak produk lainnya dan kini Garuda Cyber siap juga membantu dalam pemerintahan kota dengan produk Smart Citynya.

Mengenai kualitas kerja tim Garuda Cyber memang sudah tidak diragukan lagi, karena mereka memiliki tim profesional dan siap membantu mulai dari penganalisaan, pembuatan, pengembangan hingga memaintenancenya.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : garudacyberindo@gmail.com

WhatsApp Only : 0811-7674-727

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Desember

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...