WhatsApp-Button
Jual Sistem untuk Mengontrol Beban Kerja Dosen di Jambi

Jual Sistem untuk Mengontrol Beban Kerja Dosen di Jambi

  2019-12-10 15:31:50     Ulti Desi Arni     Dibaca 83 kali

Pada sebuah perguruan tinggi dosen merupakan salah satu komponen yang penting, setelah itu karyawan baik itu bagian administrasi atau bagian bidang lainnya. Tanpa adanya mereka tentu saja perguruan tinggi tersebut tidak akan beroperasional dengan baik. Dimana dosen ini mempunya tanggung jawab serta tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Tujuan dari pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas takwa bangsa, mewujudkan akhlak mulia, penguasaan ilmu pengetahuan dan ikut mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, dan beradab. Sehingga demi terwujudnya ini tentu saja kampus membutuhkan dosen profesional sesuai bidangnya. Sedangkan karyawan atau pegawai lainnya membantu dalam pengurusan administrasi dan hal lainnya sesuai bidang mereka.

Sebagaimana kita tahu administrasi pada perguruan tinggi tentu saja tidak sedikit dan banyak sehingga selain dosen sebagai tenaga pengajar kampus juga membutuhkan para pekerja di bidang lainnya. Dosen ini akan mewujudkan tujuan pendidikan nasional tentu saja ia mempunyai tugas utama yaitu melaksanakan Tridharma perguruan tinggi.

Dimana seorang dosen memiliki beban kerja mengajar setiap semesternya minimal 12 sks dan maksimal 16 sks. Terlepas dari mengajar ia juga memiliki beban dari kampus yaitu membimbing mahasiswa mengerjakan skripsi dan ada kalanya mereka juga harus melakukan penelitian. Namun yang paling penting dalam membuat karya ilmiah alias melakukan penelitian bahkan menulis buku adalah tugas seorang profesor atau guru besar. Agar semua tugas tersebut benar sudah terlaksana dengan baik demi keberlangsungan kampus maka secara periodik haruslah dosen terkait melakukan pelaporan atau dilakukan evaluasi.

Baca Juga : Jual Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di Medan

Kualitas dalam pelaksanaan Tridharma pada perguruan tinggi ini tentu saja ditentukan oleh kemampuan serta kompetensi yang dimiliki dosen terkait. Karena itulah setiap periodenya memerlukan evaluasi dalam menjamin pelaksanaan tugas dosen ini bisa sesuai kriteria yang sudah diatur dalam perundang-undangan.

Apabila kampus di Jambi dalam kegiatan memantau atau mengevaluasi setiap kegiatan atau beban kerja dosen ini tentu saja akan sangat kurang efektif. Kita tahu bahwa setiap tugas yang dikerjakan dan yang mesti mereka laporkan begitu komplek sehingga tidak terkontrol secara baik. Contoh sederhananya ketika dosen melaporkan beban sksnya dia harus mengisi secara manual dan menghitung sendiri disana akan ada kemungkinan kecurangan seperti manipulasi data. Itu semua tentu tidak bagus untuk citra dan kebaikan perguruan tinggi.

Saat ini teknologi tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan kita, dimana mereka hadir memberikan ragam kemudahan untuk banyak pekerjaan kita dan itu beriringan dengan tuntutan zaman sekarang dimana instansi harus mampu memberikan informasi secara cepat dan tepat. Nah, dalam hal ini tentu saja kampus di Jambi membutuhkan sebuah sistem untuk mengontrol beban kerja dosen ini.

Sistem yang dimaksud bisa di dapatkan dari Garuda Cyber Indonesia yaitu salah satu perusahaan IT Development terkemuka sekaligus konsultan IT yang kini hadir di Jambi dengan produk unggulan mereka yaitu Smart Campus. Di dalam Smart Campus ini terdapat sistem saling terintegrasi salah satunya yaitu Sistem BKD (Beban Kerja Dosen).

Sistem ini nantinya akan digunakan untuk mengelola setiap kerja dosen mulai dari proses pencatatan, pengelolaan informasi hingga proses pelaporan terkait kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen meliputi bidang : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan Penunjang Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dengan adanya sistem ini tentu saja bisa memberikan kemudahan dalam melakukan pengontrolan setiap yang menjadi beban kerja dosen. Kelebihannya lebih mudah dalam melakukan evaluasi dan hasilnya tentu saja dimanfaatkan untuk gambaran kualitas kinerja dosen dalam periode waktu tertentu. Sebagaimana tuntutan saat ini mampu memberikan informasi secara cepat dan akurat, maka sistem ini mendukung itu semua.

Baca Juga : Jual Sistem Tracer Study Kampus di Medan

Ragam fitur yang ditawarkan Garuda Cyber dalam sistem BKD adalah :

  1. Penginputan setiap beban kerja dosen yang dipergunakan untuk menginputkan bukti kegiatan dosen, sehingga pimpinan bisa melihat setiap yang menjadi tanggung jawab dosen terkait
  2. Pengelolaan List BKD untuk mengelola daftar bukti kegiatan dosen yang sudah pernah diinputkan sebelumnya.
  3. Menghasilkan laporan ataupun mencetak bukti kegiatan yang telah dilakukan dosen.
  4. Fasilitas evaluasi oleh bagian kurikulum atau petugas evaluasi
  5. Tersinkron dengan penggajian sehingga jika ada dosen yang tidak melengkapi BKD bisa mengurangi gaji mereka.
  6. Terintegrasi langsung dengan SIAKAD sehingga jadwal dan mata kuliah di ajarkan bisa terlihat langsung

Begitu banyak ragam fitur dan kemudahan yang ditawarkan dari Aplikasi ini sehingga memang sangat rekomendasi sekali untuk kampus di Jambi.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan Produk dari Garuda Cyber bisa mengunjungi langsung ke Garuda Cyber Indonesia Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

Untuk pemesanan hubungi :

Email : [email protected]

WhatsApp Only : 0811-7674-727 

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Semoga bermanfaat, terimakasih!!

 

#GarudaCyber23Desember


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia