Jual Aplikasi Kelola Perangkat Pembelajaran Guru dari Smart School

Kita tahu bahwa sekolah adalah lembaga pemerintahan dalam menunjang pendidikan. Pada sekolah akan ada proses belajar mengajar antara siswa/murid dengan guru, dimana guru ini memiliki tugas dalam menumbuh kembangkan ilmu sekaligus potensi dasar yang dipunyai oleh siswa atau peserta didiknya. Hal yang harus dikembangkan tersebut tidak hanya seputar aspek ilmu atau intelektual saja, namun guru juga memiliki tugas dalam mendidik pada budi pekerti, kepribadian, tingkah laku serta tata krama para pelajar.

Tugas sekolah tidak hanya sebatas memberikan nilai-nilai akademik kepada siswa, namun sekolah juga ambil andil dalam membimbing, mengajarkan, mendidik serta membentuk kepribadian muridnya supaya bisa menjadi lebih baik. Tentu saja banyak sekali aktivitas dalam sekolah ini dan proses penilaiannya.

Dalam proses pendidikan ini, tidak terlepas dari peran guru. Guru mempunyai beban kerja seperti beban mengajar dan itu semua harus dilengkapi dengan perangkat pelajaran. Setiap guru ini harus memiliki perangkat ini dan ini termasuk ke dalam beban kerjanya.

Banyaknya yang harus dikelola oleh sebuah sekolah tentu saja dengan menggunakan Smart School itu semua bisa jauh lebih mudah. Smart School ini adalah salah satu produk milik Garuda Cyber Indonesia dimana di dalamnya terdapat banyak sistem informasi dan tentunya saling terintegrasi. Salah satu sistem di dalamnya adalah berfungsi mengelola perangkat pembelajaran guru.

Seperti kita katakan di atas bahwa setiap guru per semesternya memiliki tugas dengan poin presentasi berbeda-beda. Apabila salah satu dari sekian banyak point tersebut tidak dikerjakan akan menyangkut pada jumlah honor guru tersebut. Salah satunya poin itu adalah RPP atau Rencana Perangkat Pembelajaran Guru.

Dalam pembuatan RPP ini sering terjadi kendala seperti kurang pahamnya guru dalam membuatnya atau menyusunnya dengan baik, belum lagi kurikulum yang sering kali mengalami perubahan sehingga pihak bagian pengecekan RPP ini akan kesulitan dalam memantau RPP setiap guru ini. Ribetnya dalam penyusunan ini membuat sebagian guru merasa malas dalam mengerjakannya dan tidak menutup kemungkinan RPP yang dikerjakan para guru tersebut tidak maksimal.

Kendala lainnya berkaitan dengan pengarsipan, jika RPP harus disimpan dalam bentuk kertas maka akan membutuhkan ruang yang banyak untuk mengarsipkannya dan itu juga akan mengakibatkan penumpukan kertas. Tidak menutup kemungkinan juga jika seperti akan ada kehilangan atau berkas yang habis di makan rayap.

Menggunakan Smart School ini maka sekolah akan terhindar dari semua permasalahan di atas. Karena sistem menyediakan data ceklis dan contoh format RPP. Guru harus mengupload RPP mereka ke dalam sistem, dan bagian pemeriksaan bisa langsung mengecek tanpa memanggul guru yang bersangkutan. Aplikasi juga menyediakan validasi langsung oleh Wakil Kurikulum, sehingga guru tidak dapat membuat RPP dengan sembarangan, karena data akan dicek oleh wakil kurikulum. Jika ada guru tidak melakukan upload RPP ini maka sesuai kesepakatan sekolah misalnya adanya pemotongan terhadap honor guru bersangkutan.

Di dalam Smart School dari GCI ini tidak hanya mengelola RPP saja tapi juga ada beberapa sistem lainnya yang tentunya sudah saling terintegrasi. Berikut beberapa produk dalam Smart School :

  1. Sistem penerimaan siswa baru
  2. Sistem akademik sekolah
  3. Sistem penjadwalan
  4. Sistem surat-menyurat (e-Office)
  5. Sistem beban kerja guru
  6. Sistem beban kerja pegawai
  7. Sistem keuangan
  8. Sistem penggajian
  9. Sistem perpustakaan
  10. Ujian sekolah berbasis CAT

Perlu diketahui bahwa Garuda Cyber menawarkan keunggulan pada produknya ini yaitu bisa terintegrasi dan disinkronisasikan dengan sistem Dapodik, Simpatika dan Emis.

 

#GarudaCyber23Oktober

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...