WhatsApp-Button
Jual Sistem Manajemen Asset (Sarpras) Kampus di Medan

Jual Sistem Manajemen Asset (Sarpras) Kampus di Medan

  2019-10-17 16:18:42     Ulti Desi Arni     Dibaca 72 kali

Aset merupakan hal apa saja yang dimiliki oleh sebuah institusi, baik itu berupa perlengkapan hingga luas tanah bangunan. Dalam bahasa sederhananya, mengelola aset berarti mampu memahami setiap aset yang dimiliki oleh institusi tersebut. selain itu, juga harus paham apa saja yang ada kaitannya dengan aset ini, kebutuhan apa saja agar meningkatkan kualitas yang dipunya serta apa saja yang menjadi faktor dalam mengelola aset ini.

Salah satu yang menjadi institusi strategis adalah kampus dimana di dalamnya banyak sekali memiliki aset penting sehingga haruslah ada fokus yang terintegrasi. Bahasa sederhananya, kampus harus mempunyai sebuah sistem yang mendata dengan baik serta mampu menangani seluruh kebutuhan dalam mengelola aset tersebut dengan baik.

Pengelolaan aset di kampus biasanya bisa berupa aset tetap seperti ruangan dan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh kampus tersebut. Tentu saja jika aset pada kampus dikelola dengan baik mampu merangkum keseluruhan data kebutuhan setiap ruangan dalam sebuah sistem terintegrasi. Dengan ini semua akan memberikan banyak kemudahan pada bagian Sarana Prasarana Kampus.

Untuk mewujudkan itu semua maka kampus haruslah memiliki sebuah Sistem yang memanajemen aset tersebut tapi haris terintegrasi keseluruhan dalam lingkungan kampus. Tujuan adanya ini agar administrasi pengelolaan serta pendataan barang tersebut bisa berjalan dengan tertib.

Aplikasi ini nanti akan berguna dalam pengelolaan semua inventaris aset kepunyaan perguruan tinggi. Untuk pemberian kode (kodefikasi) terhadap aset serta format yang digunakan untuk pelaporan juga bisa dihasilkan oleh aplikasi yang  tentunya semua dirancang sesuai standar Permendagri 17 Tahun 2007 (untuk barang dan aset negara).

Bisa dikatakan bahwa sistem ini adalah pilihan tepat sekaligus menjadi solusi untuk setiap kampus, tidak hanya itu saja kemudahan lainnya sistem ini juga memiliki kemampuan menambahkan kode barang local yang digunakan institusi.

Jika sebuah perguruan tinggi mempunyai cara pengelolaan aset dengan baik tentu saja akan memudahkan dalam melacak dan menyimpan setiap detail jika adanya perubahan. Mengenai keamanan, pihak kampus tidak perlu khawatir karena akses pada sistem disesuaikan sehingga tidak akan bisa diakses dengan bebas. Berkaitan aset juga hal sensitif dan ada beberapa informasi memang bersifat khusus maupun rahasia sehingga tidak boleh diketahui oleh semua orang. Nah, apabila ini bisa dilaksanakan dengan baik maka tentu saja keamanan dari aset tersebut bisa dengan mudah dipantau dan di manajemen.

Bagi kampus di Medan jika ingin mempertimbangkan dalam menggunakan sistem ini berikut kelebihannya jika kampus anda menerapkannya :

  1. Pendataan dan Penerimaan Barang Terdata

Dengan adanya pengkodean untuk setiap barang mengenai aset kampus di Medan, sistem bisa mendata dan penerimaan barang dengan tepat dan cepat selain duplikat data bisa diminimalisir.

  1. Penempatan Barang

Pada Sistem ini mampu melakukan pendataan unit serta lokasi penempatan barang yang disesuaikan dengan kebutuhan kampus di Medan. Jika ingin menempatkan semua untuk pada unit dan lokasi sama, sistem juga mampu mendatanya.

  1. Perencanaan Barang

Jika ada unit yang ingin merencanakan sebuah barang maka sistem memfasilitasi untuk setiap unit melakukan sendiri pendataan pengadaan barang yang dibutuhkan untuk tahun berikutnya.

  1. Transaksi Barang

Memudahkan dalam pencatatan setiap transaksi terhadap barang misalnya peminjaman atau pengembalian antar unit. Selain itu kehilangan data ataupun barang juga bisa terhindari.

  1. Monitoring Barang

Setiap unit di kampus medan mampu melakukan usulan pemeliharaan dan admin pusat juga akan memonitoring secara langsung.

  1. Penghapusan Barang

Jika ada barang rusak dan memang tidak dibutuhkan lagi atas perintah pimpinan, terdapat fitur tersebut di dalam sistem.

  1. Laporan Aset Lengkap

Paling penting dari keunggulan ini adalah mampu memberikan serta membuat laporan aset dengan lengkap sesuai dengan jumlah, kondisi serta transaksi yang dapat dilihat oleh executive stakeholder.

Begitu banyak kelebihan serta keunggulan dalam aplikasi ini, maka sudah seharusnya kampus di Medan menggunakan aplikasi ini. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi menggunakan ini dan mempercayai Garuda Cyber sebagai mitra mereka dalam menyediakan sistem Sarpras ini.

 

#GarudaCyber23Oktober


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia