WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Absensi Kampus Berbasis Android di Medan

Jual Aplikasi Absensi Kampus Berbasis Android di Medan

  2019-10-16 16:26:41     Ulti Desi Arni     Dibaca 58 kali

Absensi bisa dikatakan memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah perguruan tinggi. Hal ini akan mendata kehadiran warga kampus baik itu mahasiswa atau si dosen. Pentingnya absensi ini bermanfaat dalam memantau kehadiran pihak terkait sehingga juga berguna untuk mengambil tindakan selanjutnya demi kemajuan sebuah kampus.

Pada perguruan tinggi absensi mahasiswa dan dosen yang mengajar dibuktikan dengan kertas bertulis nama mahasiswa terkait setiap mata kuliah terkait. Jika mahasiswa hadir akan di ceklis atau menanda tangani absen tersebut, jika tidak maka akan ditulis alpha.

Penggunaan cara ini sebenarnya kurang efektif dan efesien karena akan ada kemungkinan kecurangan serta banyaknya penggunaan kertas. Selain itu, ketika membuat pelaporan juga membutuhkan proses lama harus merekap setiap kertas absensi tersebut.

absensi ini adalah salah satu syarat agar mata kuliah terkait bisa melaksanakan ujian tergantung kesepakatan setiap kampus. Misalnya seorang dosen baru bisa mengadakan ujian akhir semester jika sudah masuk selama 16 kali pertemuan, sedangkan mahasiswa bisa mengikuti ujian tersebut jika hadir minimal 80 persen dari total semua pertemuan selama satu semester.

Saat ini teknologi hadir memberikan ragam kemudahan untuk segala aspek kehidupan, dan tentu saja ini bisa digunakan dalam proses presensi mahasiswa dan dosen. Sudah saatnya setiap kampus beralih dari zaman kertas menuju zaman teknologi seperti absensi menggunakan satu ponsel saja yaitu absensi berbasis android.

Saat ini hadir terobosan baru untuk kampus di Medan dari Garuda Cyber Indonesia, dimana absensi tersebut cukup dengan ponsel atau gadget dosen mengajar. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan untuk kampus di Medan dalam proses presensinya dan mendapatkan laporan dengan cepat.

Jika absensi menggunakan kertas akan ada kecurangan seperti mahasiswa titip absen atau dosesn tidak berada di kelas, namun dengan aplikasi ini hal tersebut bisa dihindari. Bisa dikatakan sistem ini adalah pilihan tepat untuk kampus di Medan terapkan. Sistem ini menggunakan titik koordinat ponsel si dosen ketika login sehingga pihak kampus bisa memastikan bahwa si dosen dan mahasiswa memang berada di lingkungan kampus ketika mendata kehadiran.

Tidak hanya itu saja, proses presensi bisa dilakukan 15 menit sebelum dan setelah sesuai dengan jadwal perkuliahan dimulai dan ini akan meminimalisir dosen dan mahasiswa terlambat mengikuti perkuliahan. Kita contohkan jika dosen A masuk pukul 08:00 maka di bisa mendata kehadiran 15 menit sebelum pukul 08:00 atau 15 menit setelah pukul 08:00.

Pada sistem ini akan menampilkan semua data mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dilengkapi dengan foto mahasiswa terkait, maka kecurangan titip absen tadi bisa dihindari.

Banyak sekali manfaat bagi kampus di Medan jika menerapkan cara ini di kampusnya dan bekerja sama dengan Garuda Cyber. Sistem ini tidak hanya sekedar meminimalisir kecurangan tapi mampu menampilkan langsung progress belajar mengajar serta terintegrasi dengan SIAKAD kampus.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan di dapatkan kampud di Meda menggunakan aplikasi ini :

  1. Jadwal perkuliahan terkontrol dengan baik

Proses absensi ini tersinkronisasi dengan jadwal kuliah sehingga perkulihan akan berjalan dengan baik, selain itu kelas perkuliahan jauh lebih terartur dan terhindar dari yang namanya bentrok jadwal kuliah atau ruangan. Selain itu, tidak ada lagi istilah menanti dosen yang tak kunjung datang.

  1. Menghindari Resiko Kecurangan

Tidak akan ada lagi namanya kecurangan dalam melakukan absensi di Kampus Medan baik itu oleh dosen maupun mahasiswa karena absensi dilakukan secara online dan realtime.

  1. Efektif dan Efesien

Dosen dan mahasiswa akan berusaha untuk datang tepat waktu sehingga presensi akan jauh lebih efektif dan efesien.

  1. Terintegrasi SIAKAD

Keunggulan paling utama adalah sudah terintegrasi dengan Sistem Akademik kampus dimana mahasiswa bisa melihat langsung history kehadirannya di SIAKAD.

Semua kelebihan dan keunggulan tersebut bisa perguruan tinggi di Medan dapatkan dalam produknya Garuda Cyber Indoenesia yaitu Smart Campus. Cara ini adalah solusi cerdas kampus di Medan dalam memanajemen baik itu kehadiran dosen maupun mahasiswa.

 

#GarudaCyber23Oktober


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia