WhatsApp-Button
Karakteristik Sistem Akuntansi Kampus yang Efektif

Karakteristik Sistem Akuntansi Kampus yang Efektif

  2019-09-20 14:10:06     Ulti Desi Arni     Dibaca 78 kali

Sebagaimana kita ketahui sejak dahulu hingga kini bahwa akuntansi memiliki peranan yang begitu penting dalam mengelola informasi serta memberikan informasi terkait keuangan. Begitu juga dengan berhasil atau tidaknya aktivitas yang dilakukan sebuah perguruan tinggi juga bisa dikatakan peran informasi dari akuntansi dalam mengelola keuangan kampus tersebut.

Akuntansi ini haruslah memberikan informasi yang relevan dan akurat agar bisa mencapai tujuannya. Karena itulah jika perhitungan terkait akuntansi ini dilakukan dengan cara manual tentu saja masih ada faktor human error di dalamnya sehingga kadang informasi yang tersampaikan masih kurang akurat. Sehingga, solusinya akuntansi ini haruslah didesain melalui sebuah proses atau sebuah sistem yang dinamakan dengan sistem informasi akuntansi.

Sistem informasi akuntansi merupakan kumpulan dari formulir terkait pengeluaran, catatan serta laporan yang ditampilkan dalam bentuk sedemikian rupa sehingga mampu menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. Selain itu, sistem informasi akuntansi ini juga akan memudahkan bagian keuangan atau pengelola kampus atau perguruan tinggi dalam mengelola keuangan. Apabila dibutuhkan sebuah laporan sewaktu-waktupun akan jauh lebih mudah dan lebih cepat didapatkan.

Unsur utama dari sistem akuntansi ini adalah formulir (form) serta catatan yang terdiri dari jurnal, buku pembantu dan laporan. Sehingganya sebuah sistem akuntansi haruslah terdiri dari prosedur-prosedur, dimana prosedur ini adalah urutan-urutan kegiatan klerikal. Kegiatan klerikal ini terdiri dari aktivitas yang dilakukan dalam mencatat informasi ke dalam formulir (form) pada sistem, buku jurnal seperti menulis, menggandakan, menghitung, mendaftar, memilih, memberi kode, memudahkan serta membandingkan.

Dengan adanya sistem informasi akuntansi ini tentu saja akan diharapkan setiap aktivitas keuangan yang ada di kampus, baik itu khas besar, khas kecil, uang masuk, keluar, aset dan segala rupanya akan terinput secara baik dan informasi yang dibutuhkan juga akan bisa diperoleh dengan maksimal.

Sebuah sistem informasi akuntansi yang baik dan efektif tentu saja memiliki karakteristik tertentu seperti :

  1. Mampu mengidentifikasikan dan mencatat semua transaksi yang sah.

Seperti yang dikatakan bahwa fungsi dari sistem akuntasi adalah memudahkan dalam pengelolaan keuangan kampus atau perguruan tinggi, sehingga penting sekali harus diperhatikan bahwa sistem informasi yang baik harus sistem yang memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi dan mencatat semua transaksi yang sah sesuai aturan kampus. Sehingga, jika semua transaksi tercatat dengan baik maka akan berdampak baik pula untuk kampus dalam pengambilan keputusan untuk ke depannya.

  1. Waktu dan rinci transaksi tergambarkan dengan tepat

Sebuah sistem akuntansi haruslah memberikan kemudahan dalam merincikan setiap transaksi lengkap dengan menampilkan waktu secara detail, sehingga memungkinkan pengelompokan secara semestinya.

  1. Menyajikan laporan dan detail transaksi semestinya

Sebuah sistem akuntansi yang baik tentu saja menampilkan informasi dari detail transaksi dengan semestinya, dan juga akan sesuai atau balance dalam pelaporan keuangan tersebut.

  1. Memiliki standar dalam pencatatan transaksi setiap periode

Standar tersebut diukur dengan cara yang memungkinkan pencatatan transaksi pada periode akuntansi yang semestinya atau seharusnya.

Di Indonesia sistem akuntansi ini sangat banyak sekali jenisnya, namun untuk keuangan kampus atau perguruan tinggi tentu saja berbeda dengan sistem keuangan lainnya. Sehingga, kampus atau perguruan tinggi haruslah menggunakan sistem keuangannya sendiri seperti sistem keuangan yang dimiliki oleh Garuda Cyber Indonesia. Sistem keuangan dari GCI ini adalah sistem keuangan khusus yang didesain sesuai kebutuhan kampus dan berbasis cloud atau bisa di akses dari mana saja.

Tentu saja sistem informasi keuangan dari GCI ini sudah berstandar akuntansi yang lengkap membantu kampus atau perguruan tinggi dalam menyusun laporan serta pembukuan keuangan, dan kampus akan terbantu dengan sistem ini.

Saat ini sudah banyak kampus yang mempercayakan sistem keuangannya dengan GCI, karena GCI mengutamakan kepuasan dan kepercayaan dari client. Para client tidak perlu merasa khawatir terkait keamanan data, karena GCI adalah perusahaan yang berpengalaman dan menjaga keamanan data para clientnya.

Keunggulan yang paling utama dari sistem keuangan kampus ini dia berbasis cloud, sehingga kampus tidak perlu pusing dalam memikirkan server. Terkait server, GCI memiliki tim yang cekatan dalam mengatasinya.

 

 

#GarudaCyber23September


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia