WhatsApp-Button
Hal yang Harus Kamu Hindari ketika Akan dan Sedang Presentasi

Hal yang Harus Kamu Hindari ketika Akan dan Sedang Presentasi

  2019-09-13 16:54:08     Ulti Desi Arni     Dibaca 100 kali

Di dalam dunia kerja, sekolah maupun kuliah presentasi adalah yang sangat penting, dimana presentasi ini memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak. Tidak hanya sekedar menyampaikan sebuah informasi, presentasi juga bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan diri agar orang tau bagaimana cara kamu berkomunikasi.

Ketika kita melakukan presentasi tentu saja kadang akan mengalami berbagai hal, terutama untuk yang pemula hal yang biasa terjadi yakni merasa gugup. Meskipun demikian, presentasi yang bagus tentu saja dituntut profesional dan menyampaikan informasi dengan baik ke para audiens sehingga audiens bisa menerima informasi tersebut dengan tepat.

Ada beberapa hal yang harus kita hindari ketika kita hendak melakukan presentasi atau sedang presentasi, kadang tanpa sadar hal ini kita lakukan justru terkesan tidak baik bagi audiens. Berikut beberapa hal yang harus dihindari yang memiliki penilaian kurang baik mengenai presentasi :

  1. Datang Terlambat

Poin pertama ini tentu saja harus sangat kita hindari, karena orang lain yang akan mendengarkan kita presentasi akan merasa kurang percaya dengan presentasi kamu, selain itu kamu juga akan merasa gugup karena merasa bersalah terlambat untuk datang. Sehingga, ketika kamu hendak presentasi kamu harus memastikan untuk datang lebih awal menimal tepat waktu, dengan datang tepat waktu bisa menggambarkan bahwa kamu adalah orang yang ontime dan mampu memanajemen waktu. Selain itu, kamu akan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan panggung presentasi kamu terlebih mengenai materi jika kamu datang lebih awal.

  1. Terlalu Sering Fokus Ke Power Point

Sebelum kamu melakukan presentasi, kamu harus memastikan bahwa materi yang akan kamu sampaikan sudah kamu kuasai sehingga kamu bisa menyampaikan materi tersebut dengan baik kepada audiens. Ketika presentasi diharapkan kamu tidak hanya fokus pada isi power point, namun kamu harus mengembangkan materi dari poin-poin yang ada pada slide kamu, selain itu melihat slide power point yang terus menerus juga akan menganggu konsentrasi audiens kamu, bahkan kamu bisa dianggap tidak siap untuk melakukan presentasi.

  1. Mata Tidak Tertuju pada Audiens

Kontak mata dengan audiens atau arah pandangan kepada audiens juga merupakan hal yang penting. Ketika kamu presentasi dengan memandang ke arah audiens bisa menandakan bahwa kamu memiliki interkasi dengan mereka, selain itu juga bentuk menghargai audiens yang ada di depan kamu. Adanya kontak mata ini, tentu saja audiens akan merasa terpana untuk fokus dalam memperhatikan kamu presentasi. Perlu kamu ingat, peserta yang menyaksikan kamu presentasi bukanlah benda mati.

  1. Menumpangkan Tangan di Depan Tubuh

Hal ini juga harus kamu hindari, karena dengan menumpangkan tangan di depan tubuh kamu bisa menimbulkan kesan yang tidak percaya diri. Kamu harus mengerakan tangan ketika melakukan presentasi untuk menunjukan bahwa kamu menguasai materi yang kamu sampaikan dan kamu juga percaya diri.

  1. Tidak to The Point

Melakukan presentasi dengan singkat, padat dan jelas memang sangat penting. Apabila kamu menyampaikan informasi secara berputar-putar bisa membuat audiens kamu perasa pusing dan bingung dengan apa yang kamu sampaikan. Sehingga penting sekali ketika presentasi kamu menyampaikan inti dari apa yang ingin kamu sampaikan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu hindari ketika hendak atau sedang melakukan presentasi. Bagi kamu yang sebelumnya pernah melakukan beberapa hal di atas, mulai sekarang kamu harus merubah gaya presentasi kamu. Buatlah para audiens merasa terkesan ketika kamu berada di depan mereka, ingat ketika presentasi panggung adalah milik kamu.

 

#GarudaCyber23September


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia