WhatsApp-Button
Digital Strategy dalam Digital Marketing

Digital Strategy dalam Digital Marketing

  2019-08-27 16:59:56     Ulti Desi Arni     Dibaca 120 kali

Ketika datang ke strategi pemasaran digital, Anda dapat membuat gulir panjang dari setiap teknik atau teknologi yang tersedia saat ini. Meskipun Anda mungkin akan mendengar banyak saran bahwa semua atau beberapa strategi pemasaran digital lebih baik daripada yang lain, mana yang paling penting?

Untuk bersaing dalam lanskap digital yang terlalu kompetitif di tahun 2019, Anda harus fokus pada dua belas bidang tertentu.

Meskipun Anda mungkin pernah mendengar tentang ini, berapa banyak detail yang benar-benar Anda ketahui untuk membuat masing-masing efektif? Mereka semua standar untuk tahun ini dan dalam dekade mendatang.

Lihatlah masing-masing dan lihat seberapa banyak Anda benar-benar tahu. Kemudian nilai elemen apa yang perlu Anda asah. Ini semua berkisar dari SEO ke halaman arahan. Di sela-sela, Anda dapat mempelajari beberapa hal baru tentang pemasaran pencarian lokal dan format video yang selalu populer.

  1. SEO

Tidak ada yang lebih penting untuk pemasaran digital daripada SEO, sesuatu yang mungkin masih membingungkan Anda dalam kompleksitas yang sedang berlangsung. Meskipun benar Google algoritme masih dapat membingungkan, Anda dapat lebih memahami bagaimana kerjanya ketika Anda bekerja lebih banyak dengan konsep tersebut.

Itu selalu lebih baik untuk memiliki ahli untuk mengelola SEO untuk Anda jika Anda ingin benar-benar berhasil. Meskipun Anda dapat mempelajari beberapa dasar, Anda akan menginginkan seseorang yang bekerja di dalamnya sebentar untuk sepenuhnya membantu Anda mewujudkan strategi terbaik.

Satu strategi baru-baru ini melibatkan persyaratan HTTPS baru yang sudah memengaruhi hasil SEO. Jika Anda terbiasa menggunakan halaman HTTP, Google sekarang menyarankan Anda untuk beralih ke format HTTPS. Alasan di balik ini adalah banyak formulir kontak yang menggunakan halaman HTTP tidak dianggap cukup aman.

Sekarang Google akan memberi label "tidak aman" ini, penting untuk memperbarui situs web Anda dengan penetapan HTTPS. Kalau tidak, memiliki stempel “tidak aman” di situs Anda bisa menjadi surat merah untuk penempatan Anda di mesin pencari.

Seorang pakar SEO dan spesialis pemasaran digital membantu Anda melakukan perubahan ini.

  1. Search Engine Marketing

Jika Anda baru mengenal pemasaran mesin pencari, Anda biasanya akan melihatnya disingkat SEM. Ini adalah bentuk pemasaran Internet tempat Anda meningkatkan SERP Anda melalui metode iklan berbayar.

Anda juga ingin seorang ahli membantu Anda dalam bidang ini, terutama yang bekerja dengan Iklan Google dan mencari / menampilkan iklan. Dalam hal Google Ads, Anda ingin mendidik diri Anda terlebih dahulu tentang cara proses itu bekerja.

Yang paling Anda hargai adalah Google membuat Iklan Google mereka mudah digunakan melalui perhatian mereka pada penyesuaian. Mereka memungkinkan Anda memilih apakah Anda ingin iklan bergambar, iklan video YouTube, iklan pencarian berbasis teks, atau iklan seluler dalam aplikasi. Semua ini akan tergantung pada gaya bisnis Anda dan target pelanggan yang perlu Anda jangkau.

Google membuatnya lebih mudah dengan kemampuan iklan yang dilokalkan, ditambah metrik yang unggul untuk melacak seberapa baik iklan Anda bekerja.

Jangan lupa tentang peluang iklan berbayar lainnya, terutama Iklan Facebook. Yang terakhir memberi Anda banyak kesempatan untuk menyesuaikan ke berbagai format iklan.

  1. Local Search Marketing

Anda melihat lebih banyak perhatian pada pemasaran pencarian lokal beberapa tahun terakhir. Ini akan terus menjadi penting hingga dekade mendatang ketika bisnis lokal menyadari nilai yang ditemukan oleh konsumen lokal.

Untuk memulai pemasaran pencarian lokal, Anda dapat memanfaatkan lebih banyak lagi hadiah dari Google. Melalui Google Bisnisku, Anda dapat membuat daftar Anda muncul ketika seseorang melakukan pencarian Google berdasarkan kata kunci pengguna. Ini termasuk bisnis Anda muncul di Google Maps.

Google memudahkan Anda memperbarui listing Anda sehingga tidak ada yang ketinggalan zaman. Jangan lupa tentang betapa pentingnya ulasan online, serta reputasi sosial Anda. Anda ingin menginspirasi pelanggan untuk menulis ulasan positif di tempat-tempat seperti Yelp. Di media sosial, memulai percakapan dan memposting konten yang ditargetkan membantu Anda memanfaatkan pemasaran masuk. Teknik masuk menarik pelanggan untuk Anda daripada Anda mencari mereka.

  1. Content Marketing (Pemasaran Konten)

Sebagai string penghubung ke pemasaran inbound di atas, pemasaran konten adalah bagian besar untuk menarik audiens yang ditargetkan. Apa yang penting tentang pemasaran konten adalah Anda perlu membuat konten Anda berharga, relevan, dan konsisten untuk menjadikannya sepadan dengan waktu orang-orang yang mengkonsumsinya.

Di masa sekarang, Anda perlu fokus untuk membuat konten yang dapat mengatasi titik sakit dan tetap hijau. Menggunakan cara pintas atau taktik SEO topi hitam hanya untuk pindah ke puncak mesin pencari tidak akan berhasil berkat mata Google yang melihat semuanya.

Jadi selalu simpan “puas sebagai raja”, karena banyak yang suka menyebutnya. Agar pemasaran konten berfungsi dengan baik, Anda harus fokus pada konten seluler, iklan bawaan, pemasaran influencer, dan otomatisasi pemasaran.

Pikirkan dengan serius tentang konten seluler karena smartphone sudah membuat 50% dari semua perangkat global. Ini akan memengaruhi iklan digital, dan bagaimana influencer mempromosikan merek Anda.

Alat otomatisasi mengirim konten ke prospek di perangkat seluler mereka pada waktu yang tepat.

  1. Remarketing (Pemasaran ulang)

Aspek penting lain untuk pemasaran digital adalah mencari calon pelanggan lagi dengan konten pemasaran jika mereka tidak menanggapi iklan spanduk situs Anda untuk pertama kalinya. Ini berfungsi dengan melacak pengunjung ini melalui cookie dan membuat iklan baru di situs terkait.

Anda juga dapat membuat iklan baru di situs Anda untuk menargetkan prospek Anda dengan lebih baik. Informasi yang Anda dapatkan dari pengunjung situs Anda memberi Anda data berharga untuk mengubah iklan Anda ke titik sakit mereka.

Pada akhirnya, pemasaran ulang membantu Anda tetap lebih terlibat dengan prospek, membantu dalam kesadaran merek, dan meningkatkan konversi. Anda juga dapat memperoleh pelanggan dari pesaing Anda, membantu membayar kembali investasi yang Anda lakukan dalam membuat iklan baru.

  1. Desain Web Responsif

Mencapai pelanggan dengan seluler lebih kurang standar sekarang, dan itu akan berlanjut ke dekade mendatang. Membuat situs web Anda sesuai dengan layar seluler adalah salah satu bagian terpenting dari pemasaran digital. Satu-satunya cara Anda dapat membuat pekerjaan ini berhasil adalah melalui desain web yang responsif.

Dengan pemrograman responsif, Anda dapat membuat situs web Anda secara otomatis sesuai dengan semua layar ponsel. Ini berarti lebih dari satu format, termasuk tablet dan peningkatan penggunaan jam tangan pintar.

Meskipun Anda harus bekerja dengan perancang web untuk membuat karya ini, Anda akan menginginkan pakar SEO untuk aspek lain dari RWD. AMP (atau Accelerated Mobile Pages) adalah kode sumber terbuka baru yang membantu membuat laman web seluler dimuat lebih cepat.

Google memberikan prioritas pada situs web yang menggunakan ini, jadi anggap serius. Ini sangat berguna jika Anda memiliki situs penerbitan atau memposting konten ke situs web Anda secara teratur.

  1. Pemasaran Email

Tidak diragukan lagi Anda telah melakukan beberapa pemasaran email, tetapi seberapa efektifkah itu dalam mencapai target yang Anda tuju pada waktu yang tepat? Pemasaran email sudah merupakan alat yang hebat untuk menghasilkan lebih banyak prospek daripada mungkin melalui metode pemasaran lainnya. Anda juga dapat meningkatkan tingkat penjualan dan konversi Anda.

Jika Anda sudah menderita pengeluaran berlebihan pada pemasaran digital lainnya, pemasaran email adalah salah satu metode yang paling terjangkau di luar sana. Dalam beberapa kasus, gratis, kecuali menggunakan layanan outsourcing.

Karena Anda dapat menggabungkannya dengan media lain, itu juga salah satu metode pemasaran yang paling terintegrasi. Anda dapat menambahkan ikon berbagi sosial, plus sistem hadiah referensi. Pemasaran email pada akhirnya membantu Anda mempersingkat siklus penjualan saat menggunakan konten yang menarik.

  1. Pemasaran Media Sosial

Tidak diragukan lagi Anda sudah memposting konten ke media sosial. Namun, apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih efektif tahun ini dan selanjutnya?

Untuk menangkap pemirsa hari ini, Forbes mencatat berbagai hal, termasuk otomatisasi untuk memposting konten Anda ketika Anda tahu audiens Anda sedang membaca. Menggunakan alat-alat seperti Hootsuite untuk penjadwalan pasca sangat membantu ketika menjangkau pengguna di zona waktu lainnya.

Anda juga ingin membuat beberapa konten jika memungkinkan untuk membuktikan pengaruh Anda. Jangan terlalu bangga melakukan ini karena itu menambah kilau pada keahlian dan merek Anda. Saat Anda membuat konten dari orang lain, mereka kemungkinan akan membalas.

Plus, jangan lupa merekrut influencer untuk mengirim konten untuk Anda di saluran media sosial populer.

  1. Otomasi Pemasaran

Seperti yang Anda lihat, otomatisasi pemasaran adalah elemen penting dalam banyak teknik pemasaran digital. Mengetahui lebih banyak tentang hal itu secara umum harus menjadi prioritas utama karena menjadi standar untuk bisnis di seluruh dunia.

Dengan 91% dari bisnis yang sukses sekarang mengatakan otomatisasi sangat penting untuk kesuksesan mereka, Anda bisa mendapatkan visi tentang apa itu pemasaran saat ini dan masa depan.

Untuk menjadi sukses dengan ini, cobalah mencari platform CRM dengan otomatisasi pemasaran. Ini dapat bekerja sama dengan baik karena CRM Anda sudah memiliki informasi kontak. Mengotomatiskan konten pemasaran langsung ke daftar kontak Anda membantu Anda mengintegrasikan pemasaran Anda semua di satu tempat daripada menggunakan sumber yang berbeda.

Yang paling penting dengan otomatisasi adalah menjaga konten Anda konsisten di semua saluran untuk menghindari kebingungan merek.

  1. Pemasaran Influencer

Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana Anda dapat melakukan kampanye pemasaran digital tanpa harus menghabiskan banyak uang? Meskipun Anda dapat menghemat uang dengan melakukan pemasaran email dan teknik inbound, mempekerjakan influencer juga melakukan hal yang sama.

Jika Anda berpikir merekrut influencer untuk mempromosikan merek Anda secara online adalah tentang merekrut selebritas, pikirkan lagi. Orang yang berpengaruh di media sosial tidak selalu harus berarti menjadi selebritas. Itu bisa saja seseorang dengan banyak pengikut dan rekam jejak yang baik dalam mempromosikan produk.

Catatan Forbes Anda perlu mengidentifikasi influencer teratas terlebih dahulu, yang akan melibatkan sedikit riset. Anda dapat melakukan ini dengan melakukan pencarian tagar di tempat-tempat seperti Twitter untuk melihat apa yang orang katakan tentang topik yang terkait dengan industri Anda.

Jangkau influencer ini di media sosial dan tanyakan apakah mereka mau mempromosikan merek Anda. Beberapa mungkin menawarkan untuk melakukannya dengan imbalan produk gratis. Namun, sebagian besar akan meminta bayaran.

Pastikan untuk melacak hasil Anda untuk memastikan ROI Anda. Ingatlah mereka yang memiliki fol lebih sedikit lebih rendah dapat memiliki pengaruh sebanyak yang memiliki sepuluh kali jumlah pengikut.

 

Penulis : Indri


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia