WhatsApp-Button
Tren Digital Marketing Unik yang Diperkirakan Akan Meningkat di Tahun 2020

Tren Digital Marketing Unik yang Diperkirakan Akan Meningkat di Tahun 2020

  2019-08-27 16:59:39     Ulti Desi Arni     Dibaca 146 kali

Saat ini dunia digital marketing haruslah dinamis dan harus berada di luar imajinasi apapun yang tidak pernah terpikirkan. Dalam digital marketing, seseorang akan berupaya mencari tren-tren terbaru agar bisa terus mengikuti perkembangan dan menampilkan hal yang baru untuk mengikat para audiesnnya. Dengan adanya tren baru tersebut, diharapkan akan meningkatkan penjualan atau pendapatan perusahaan. Sehingga hampir setiap tahunnya dalam dunia digital marketing akan lahir tren-tren baru.

Tentu saja tren ini tidak seolah-olah lahir dengan tiba-tiba setiap awal tahun, namun tren lahir ketika tahap awal mereka. Hanya saja seseorang mengaitkan naik turunnya mereka dengan bertahun-tahun untuk menandai titik "ingatan" dalam ingatan.

Begitu pula pada tahun 2020 mendatang diperkirakan akan muncul beberapa tren digital baru dan dari beberapa tren tersebut sudah dalam proses, namun ada dua buah tren yang benar-benar akan memiliki pengaruh di masa depan yaitu :

  1. Iklan Audio untuk Rumah Pintar (Smart Homes)

Kalau dahulu kita mungkin hanya menggunakan sistem keamanan rumah, dan ini bisa dikatakan hal yang mudah diidentifikasi orang saat ini. Mereka tahu siapa mereka dan tujuan dari keberadaan mereka. Namun, berbeda jika dibandingkan dengan rumah pintar. Meskipun di negara-negara maju sudah mempopulerkan konsep ini, negara-negara dunia ketiga bahkan tidak menyadari apa itu rumah pintar.

Sangat menarik bahwa di negara maju, rumah pintar telah menjadi bagian dari kehidupan keluarga. Sedemikian rupa sehingga hampir setiap perusahaan berusaha melompat ke kereta musik. Dalam departemen ini, Google dan Amazon saling berhadapan.

Rumah pintar ini memiliki kemampuan membantu keluarga dalam memberikan jawaban terkait pertanyaan apa pun yang mereka miliki tentang anggota keluarga mereka (yang terdaftar), pengetahuan umum, dll. Keluarga dapat mengatur alarm, meminta asisten untuk mengingat kata sandi mereka, menyalakan volume musik untuk mereka, dan hal lainnya.

Satu hal yang umum dalam semua ini adalah "suara". Keluarga yang memiliki rumah pintar ini menggunakan perintah suara untuk mengaktifkan perangkat ini dan dalam memberikan perintah. Sehingga sangat masuk akal jika perusahaan juga menggunakan suara dalam mengiklankan brand atau produk mereka.

Mereka harus menemukan cara cerdik untuk melakukan itu. Dan ya, mereka melakukan itu dengan cara yang paling pintar. Idenya adalah untuk tidak mengganggu sebanyak mungkin. Tentu saja, merek hanya akan merusak reputasi mereka jika mereka memutar iklan 20 detik saat seseorang mendengarkan musik.

Salah satu cara perusahaan memutuskan untuk membuat merek mereka dikenal keluarga melalui asisten suara adalah dengan menawarkan kiat, trik, resep, dan bantuan serupa. Misalnya, keluarga yang menggunakan rumah pintar dapat memilih nama merek tertentu sambil mengajukan pertanyaan tentang makanan atau minuman tertentu.

Misalnya, John dapat bertanya pada asisten rumah pintar tentang burger dengan merujuk Hardees atau McDonald's. Pertanyaannya bisa seperti, "Hai Asisten, bisakah Anda bertanya pada McDonald's apa saus terbaik untuk hamburger saya?"

  1. The Fight For Zero-click Result (Iklan Tanpa Klik)

Tren yang satu ini bisa dikatakan sudah ada, dan sudah banyak perusahaan mengambil tindakan dalam memanfaatkan iklan tanpa klik ini. Iklan tanpa klik ini merupakan iklan dimana orang yang melakukan pencarian tidak harus mengklik iklan yang ada untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau kebutuhan.

Contohnya jika seseorang bertanya kepada Google definisi obligasi investasi, jawaban akan muncul tepat di atas hasil Google yang akan memuaskan orang yang memasukkan pertanyaan di kotak pencarian.

Jawaban khusus dari Google ini bukan aset mesin pencari, namun merupakan jawaban khusus dalam bentuk potongan kecil dari beberapa web berupa tulisan yang sangat panjang. Namun, berkaitan dalam menjawab pertanyaan, Google menempatkan cuplikan ini di atas untuk memberikan jawaban instan kepada pengguna internet, bahkan tanpa mengklik tautan situs web.

Lalu muncul sebuah pertanyaan, apakah Google mengambil kredit dan uang dari perusahaan dengan menyediakan konten mereka kepada pencari dan tidak membiarkan mereka mendarat di situs web mereka? 

Jawabannya, Tidak semuanya! Google memberikan kredit kepada perusahaan dengan memberikan tautan perusahaan tepat di bawah cuplikan. Ini adalah iklan perusahaan tempat Google memilih cuplikan untuk memberikan jawaban kepada pencari.

Ya, ini adalah iklan lengkap perusahaan dengan tidak hanya tautan ke halaman tetapi juga judul halaman yang dicetak tebal. Google bahkan dapat memberikan gambar kecil dengan iklan jika tersedia di halaman. Iklan ini dipisahkan dari sisa hasil dan terlampir dalam sebuah kotak.

Bagi perusahaan, hal yang paling penting adalah mereka harus berada di antara perusahaan teratas yang dicari dan diberi peringkat di Google untuk menjadi orang-orang yang cuplikannya diperlengkapi di atas hasil pencarian. Biasanya, pembaca yang mencari jawaban terperinci akan langsung mengklik iklan perusahaan setelah membaca cuplikannya. 

Bisa kita katakan ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas di situs web dan juga cara yang sempurna bagi Google untuk memberikan informasi berharga kepada penggunanya. Tentu saja akan ada persaingan dalam melakukan hal ini, sehingga pembuat konten harus kreatif agar potongan katanya terindeks oleh google. Semakin mudah dan semakin bernilai konten bagi pengguna, semakin tinggi peluang untuk dipilih oleh Google.

 

#GarudaCyber23Agustus    


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia