WhatsApp-Button
Inilah Cara-cara Atasi Laptop Overheat atau Cepat Panas

Inilah Cara-cara Atasi Laptop Overheat atau Cepat Panas

  2018-02-01 16:05:58     aknovia     Dibaca 270 kali

Semua barang elektonik tentunya akan pernah mengalami yang namanya overheat atau cepat panas saat digunakan. Apalagi pada laptop atau komputer yang sering membuat pusing, apalagi saat mengunakannya dalam waktu yang lama. Laptop yang sering overheat akan menimbulkan dampak yang buruk jika tidak segera diatasi. Dampaknya laptop akan sering restart sendiri, kadang hang dan yang lebih parah bisa menyebabkan processor mati.

Dampak-dampak yang ditimbulkan tersebut akan sangat mengganggu pekerjaan kita dan juga akan berakibat fatal bagi laptop. Untuk itu kita harus menemukan cara untuk mengatasinya,  tapi tidak perlu pusing ikuti saja tips berikut ini:

  • Menggunakan colling pad

    Colling pada merupakan teknologi berupa kipas pendingin yang digunakan untuk membantu meurunkan suhu pada laptop atau yang sejenis dengannya.Dengan adanya benda ini, suhu laptop yang panas akan terkurangi sebesar 1 sampai 5 derajat.

    Akan tetapi menggunakan colling pad juga tidak baik dalam jangka waktu lama dan tempat yang kurang bersih, karena colling pad punya kemungkinan akan membaa debu dan kotoran pada perangkat kita.
  • Kurangi aplikasi yang terbuka

    Ketika kita membuka banyak aplikasi sekaligus pada laptop, maka processor pada laptop akan bekerja secara exstra. Dengan demikian disarankan untuk menjalankan atau membuka aplikasi-aplikasi yang penting saja. Aplikasi yang tidak begitu berguna lebih baik ditutup saja untuk mengatasi cepat panas pada laptop, karena panas yang terbesar pada laptop tersebut berasal dari prosesor. 
  • Bersihkan Filter udara dan heatsink

    Untuk selanjutnya kita harus membersihkan komponen heatsink pada laptop karena terkadang heatsink yang ada didalam laptop sudah terlalu kotor dan tertutup debu yang sangat tebal. Hal ini dapat membuat kipas ttidak dapat berputar dengan kencang karena tersumbat debu tersebut.  Untuk membersihkannya kita harus melakukan pembongkaran dan kemudian membersihkannya menggunakan kain yang berbahan lembut sampai benar-benar bersih dan kalau bisa berikan pelumas. Tetapi saat melakukan pembongkaran harus ekstra hati-hati, jika belum berpengalaman lebih baik minta bantuan kepada yang ahli. Cara ini dapat dilakukan sebelum menggunakan laptop agar saat digunakan nanti tidak cepat panas.
  • Gunakan settingan laptop

    Selain melakukan setting yang secara fisik pada laptop dengan cara membersihkannya menggunakan perangkat tambahan, kita juga bisa melakukan setting ulang terhadap sistem laptop untuk membantu menurunkan suhunya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengubah pengaturan LCD dengan pencahayaan yang minim agar tidak menguras energi dan membuat laptop semakin panas.
  • Perhatikan posisi laptop saat digunakan

    Pada umumnya sirkulasi udara pada laptop ada pada bagian dari bawah kesamping. Untuk mengatasi supaya laptop tidak cepat panas, kita harus membuat agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Dengan demikian kita harus menghindari meletakkan laptop diatas bantal maupun kasur, karena dapat menyebabkan sirkulai udara memiliki gangguan atau tertutup dan juga akan cepat panas.
  • Mengganti Thermal Paste CPU

    Mengganti komponen-komponen yang sudah tidak layak atau sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan merupakan cara selanjutnya untuk mengatasi overheat. Salah satu komponen yang harus diganti adalah Thermal paste CPU yang memiliki fungsi untuk menghantarkan suhu panas CPU dan processor. Karena terlalu sering pemakaian dala wktu lama, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Jika ini terjadi  tentunya aktivitasnya akan berkurang sehingga menyebabkan panas terperangkap pada chip. Dengan demikian jika laptop menunjukkan gejala yang sering overheat atau blank, cara yang satu ini bisa dilakukan.
  • Dinginkan laptop sejenak

    Ada kemungkinan penyebab laptop overheat adalah karena hidup dalam waktu yang lama. Untuk itu coba matikan laptop sejenak untuk mendinginkan suhunya agar kembali normal. Dan bisa digunakan lagi setelah 30 menit kemudian.

    Hal ini dilakukan untuk memberi ruang sejenak kepada laptop untuk menurunkan suhunya yang telah melampaui batas.

Nah itulah cara-cara yang sederhana untuk mengatasi laptop yang cepat panas atau overheat, meskipun terlihat sedehana tetapi cara ini telah banyak digunakan dan terbukti ampuh untuk mengatasi permasalahan seperti ini.

Penulis : Wikhe Refila
#GarudaCyber14Januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia