WhatsApp-Button
Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

  2019-08-26 15:06:25     Ulti Desi Arni     Dibaca 54 kali

Apa sih digital marketing itu? Jika kamu pernah melihat suatu barang atau produk yang di jual atau di promosikan di media internet seperti website, youtube, facebook, Instagram dll. Dan bahkan kamu mungkin pernah melihat perusahaan yang memiliki sosial media dan website? Hal-hal tersebut lah yang disebut dengan Digital Marketing. Baiklah berikut penjelasan lengkap seputar digital marketing.

  • Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu usaha untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk, brand dan jasa di media internet dan digital.  Tujuan nya adalah untuk menjangkau konsumen yang jauh di kawasan tempat pemasaran produk tersebut, atau lebih singkatnya untuk memperluas jangkauan penjualan produk tersebut.

Secara singkatnya adalah digital marketing ini ialah suatu cara untuk memasarkan produk dan brand di media internet, seperti memasang iklan di website, youtube, instagram, facebook dan banyak lagi.

  • Jenis-jenis digital marketing

  1. Search engine marketing

Maksud dari search engine marketing ini ialah usaha untuk membuat website perusahaan kamu mudah ditemukan dalam mesin pencarian google, supaya dapat diletakkan di halaman utama oleh google, membutuhkan waktu dan teknik yang sangat lama untuk menerapkannya.

Search engine ini memiliki 2 kategori yaitu kategori organik dan kategori anorganik, kategori organic atau biasa disebut dengan SEO (Search engine optimization) yang murah dan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan gratis, tapi dengan teknik ini membutuhkan waktu yang sangat lama karena teknik ini di peruntukan untuk investasi jangka panjang.

Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) ialah suatu teknik yang berbayar dan cepat membuat website kita berada diatas mesin pencarian google.

  1. Website

Sekarang website sangat penting untuk perusahaan, marketing, dan lain-lain, website ini menjadi salah satu persyaratan utama untuk menang dalam dunia persaingan digital. Data menunjukkan bahwa 97% orang mencari suatu produk ataupun jasa melalui media internet. 70% dari mereka hanya untuk mencari perbandingan harga dan fitur suatu produk maupun jasa sejenis. 88% memiliki keputusan untuk membeli produk yang telah di review nya.

Website ini juga dapat dikatakan sebagai toko digital anda, bahkan website digital ini mampu memberi anda keuntungan lebih disbanding toko fisik anda maupun tenaga kerja konvensional.

Adapun peran utama website dalam perusahaan anda adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sales representative 24 jam
  • Media promosi yang lebih hemat dan sangat efektif
  • Menunjukkan profesionalisme perusahaan anda
  • Sebagai media untuk penjualan produk anda sehingga menjadi lebih mudah
  • Membantu customer untuk mengetahui dan memahami barang yang anda jual.

Digital marketing memiliki banyak jenis ragam, yang dapat membantu jalan nya perusahaan anda sehingga lebih mudah. Dan untuk menemukan cara yang lebih tepat dalam menjalankan bisnis anda. Dan pada dasarnya digital marketing ini dapat berubah-rubah karena sifatnya yang dinamis, bahkan kadang akan melakukan suatu pekerjaan yang bertentangan dengan strategi yang sebelumnya.

  • Peranan digital marketing agency

Digital marketing agency merupakan suatu bidang usaha yang fokus di bidang jasa dan pelayanan dalam membantu mempromosikan suatu brand dan produk tertentu. Digital marketing dan digital marketing agency ini sangat berhubungan satu sama lain, digital marketing merupakan sebuah objek, dan digital marketing agency ini adalah toolsnya. Jadi, dengan kata lain dengan pesatnya perkembangan it sekarang ini, digital marketing pun juga tak luput dalam perkembangan it untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk dan jasa.

Berikut peranan digital marketing agency dalam hal ini :

  1. Digital marketing agency ini akan menganalisa apa permasalahan yang dihadapi klien tersebut. Biasanya berupa penjualan, pemasaran produk, pengembangan dan bahkan pembuatan produk baru. Dalam tahapan ini harus dilaksanakan dengan teliti karena jika salah sedikit saja, itu akan mempengaruhi tahap-tahap selanjutnya.
  2. Tahapan digital marketing agency yang kedua ini ialah memberikan solusi dan strategy dalam analisa permasalahan sebelumnya. Dalam tahap ini digital marketing dan digital marketing agency akan melakukan brifing berkali-kali untuk memastikan bahwa strategy yang akan digunakan sejalan dengan strategy klien. Agar strategy yang telah di gunakan akan berjalan lancer dengan semestinya.
  3. Setelah strategi di setujui dan telah dilakukan brifing berkali-kali, digital manager dan digital marketing akan membagikan pekerjaan ke divisi masing-masing, bisa desain grafis, media sosial, marketing, tim IT dan lain-lain.

Digital agency akan memulihkan kembali website klien, memperbarui website tersebut, membuat desain yang baru, semua hal tersebut akan dibagikan ke seluruh media clien agar promosi digital dapat berjalan dengan lancar.(Dany)


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia