WhatsApp-Button
Pengertian Youtube Marketing

Pengertian Youtube Marketing

  2019-08-23 15:08:47     Ulti Desi Arni     Dibaca 148 kali

Youtube

Youtube adalah sebuah website yang memberikan penggunanya fasilitas untuk berbagi video yang dimiliki, atau juga hanya bisa melihat video-video yang di unggah oleh orang-orang di Youtube. Video klip musik, short movie, trailer film, video blog para vlogger, video edukasi, video tutorial, dan masih banyak jenis video-video yang di unggah ke Youtube.

Berdiri sejak 2005, Youtube mampu mencuri perhatian para pengguna sosial media. Bahkan perusahaan sebesar Google langsung membeli Youtube dengan harga US$ 1,65 miliar pada November 2006.

Sekarang pengguna Youtube tidak hanya orang dewasa saja, bahkan anaka-anak usia dibawah satu tahun sudah diperkenalkan dengan yang namanya Youtube. Bahkan sekarang banyak kalangan anak-anak yang menjadikan Youtube sebagai pengantar tidurnya.

Youtube memang mudah menggunakannya, dan semuanya sekarang sudah ada di Youtube. Belum lama ini sudah banyak kita dengar kata-kata Youtube more than TV, artinya Youtube melebihi Televisi. Karena kalau Tv hanya menyediakan tayangan yang sudah ditentukan oleh pihak siarnya, sedangkan Youtube menyediakan apa saja yang kita inginkan.

Marketing

Marketing sendiri jika kita dengar dalam kehidupan sehari-hari sering disebut sebagai sales. Namun marketing disini bukanlah seorang sales atau sejenisnya. Karena marketing mempunyai arti pemasaran sedangkan sales adalah penjualan.

Sebuah proses dimana para perusahaan melakukan pemasaran produk dengan berbagai macam cara kepada masyarakat, itulah yang disebut dengan marketing.

Marketing disini tidak hanya disebut sebagai proses saat pemasaran saja, namun juga mengenai strategi yang digunakan perusahaan, dan cara memberikan fasilitas yang membuat konsumen puas akan produk kita. Seorang marketing harus paham dengan konsep marketing itu sendiri. Diantaranya produksi, produk, penjualan, dan pemasaran.

Youtube Marketing

Youtube marketing sering disebut sebagai suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan melalui Youtube. Sebagai contohnya, misalkan kalian memiliki sebuah usaha jasa travel. Kemudian kalian membuat dan membagikan video panduan wisata di YouTube. Berarti dalam video tersebut kalian sudah memuat promosi tentang jasa travel yang kalian punya, itu sudah termasuk kategori Youtube Marketing.

Youtube marketing dapat dilakukan oleh siapapun yang berjalan dalam bidang pemasaran. Apakah itu para internet marketer, blogger, pemilik online shop, pemilik UKM, dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya itu saja, Youtube marketing juga bisa dilakukan oleh perusahaan yang sudah besar namanya. Yang pastinya perusahaan harus sudah eksis di kalangan umat manusia dan media sosial agar lebih dekat dengan pelanggan dan target pasar mereka. Brand-brand besar seperti Shopee, BukaLapak, Tokopedia, dikenal cukup sering melakukan pemasaran melalui Youtube.

Disni ada dua jenis video promosi di YouTube. Diantaranya adalah :

  1. Video Hard Selling

Saya menggunakan istilah hard selling untuk video-video promosi yang secara blak-blakan langsung menawarkan suatu produk atau jasa. Contoh video hard selling ini adalah video iklan yang secara langsung menawarkan suatu produk atau jasa.

  1. Video Soft Selling

Video soft selling adalah video promosi yang secara halus menawarkan suatu produk atau jasa. Umumnya, produk hanya sekedar ditampilkan dalam video (tidak ada ajakan langsung untuk membeli). Atau brand si pemilik produk menjadi sponsor dari video tersebut.

Jenis video yang lebih tepat untuk digunakan dalam sebuah YouTube marketing adalah video soft selling. Karena saat orang-orang membuka YouTube, jika ingin mencari informasi dan hiburan, sangat jarang orang membuka YouTube karena ingin melihat iklan. Jika saja mereka hanya mencari referensi produk, mereka mungkin lebih membutuhkan sebuah edukasi, bukan paksaan untuk membeli.

Cara melakukan Youtube Marketing adalah dengan cara membuat video (apakah itu soft selling maupun hard selling). Selanjutnya video yang sudah kita buat tadi akan kita publikasikan atau kita share di YouTube. Tujuannya adalah agar orang-orang akan semakin tahu terhadap produk atau bisnis kita.

Jadi, apa saja yang perlu dilakukan?

Pertama, membuat video-video untuk YouTube marketing. Selanjutnya membuat channel di YouTube. Karena channel inilah yang akan menjadi media publikasi video-video kita di YouTube.

 

Penulis : Iqbal 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia