WhatsApp-Button
Cara Daftar Dana Dompet Digital

Cara Daftar Dana Dompet Digital

  2019-08-15 15:40:09     Ulti Desi Arni     Dibaca 47 kali

Dulu kita terbiasa membawa uang, entah itu berada di dalam dompet ataupun langsung dimasukkan kedalam kantong, untuk berbelanja ataupun bertransaksi untuk kepentingan masing-masing. Selama ini hal itu merupakan hal yang lumrah, akan tetapi banyak kekurangan dalam menggunakan menggunakan cara konvensional ini, solusi lainnya ialah menggunakan kartu debit/kredit untuk bertransaksi, tapi cara ini juga memiliki kelemahan lainnya, contohnya terkadang kartu yang tidak terbaca oleh sistem, atau ribetnya saat membuka dompet hanya untuk mengambil kartu yang diinginkan.

Namun sekarang berbeda, dengan adanya dana dompet digital semuanya itu dapat diatasi, dikarenakan dengan menggunakan dana kita tidak perlu membawa uang secara fisik, maupun membawa kartu-kartu untuk kepentingan transaksi kita. Cara menggunakan dana dalam transaksi juga terhitung mudah, kita hanya perlu membawa smartphone yang sudah terpasang aplikasi dana di dalamnya. Saat ingin bertransaksi, tinggal menunjukkan barcode kepada kasir untuk di pindai kemudian selesai, sangat mudah, cepat, dan efisien sekali bukan.

Sebelum menggunakan aplikasi dana untuk transaksi sehari-hari kita, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mendaftar di aplikasi dana dompet digital. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

1            Install aplikasinya

Langkah pertama ialah menginstal aplikasinya. Caranya yaitu pertama kunjungi google play store lalu ketikkan dana dompet digital lalu pilih aplikasi yang sesuai dengan gambar yang diatas.  Cara lainnya ialah kunjungi https://play.google.com/store/apps/details?id=id.dana jika kamu membukanya melalui smartphone android maka akan akan langsung mengalihkan ke aplikasi google play store, jika kamu pengguna iOS dapat mengunjungi situs berikut https://itunes.apple.com/id/app/dana-dompet-digital-indonesia/id1437123008?l=id&mt=8. Jika sudah ketemu maka instal aplikasi berikut. Tunggu hingga selesai sebelum melanjutkan ke langkah sebelumnya. Jangan lupa sambungkan smartphone ke internet.

2            Buka aplikasinya

Selanjutnya ialah membuka aplikasinya, kamu nanti akan disuguhkan slide yang menampilkan kelebihan-kelebihan dari aplikasi dana dompet digital seperti diatas saat pertama kali membuka aplikasinya. Kamu bisa menggeser slidenya untuk melihat fitur-fitur serta kelebihan-kelebihannya sampai ada tombol lanjut yang muncul. Atau kamu bisa langsung menekan tombol lewati seperti gambar yang diatas.

3            Masukkan nomor telepon

Setelah itu, masukkan nomor telepon kamu yang aktif dan bisa dihubungi untuk membuat akun baru. Nomor telepon ini penting untuk verifikasi akun kamu selanjutnya.

4            Verifikasi kode OTP

Jika kamu sudah memasukkan nomor telepon, kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP untuk memverifikasi akun kamu. Nomor kode OTP ini berasal dari pesan yang akan dikirimkan pihak dana kepada nomor yang kamu masukkan sebelumnya. Peringatan, kode OTP ini jangan kamu bagikan ke siapapun, untuk mencegah dari penyalahgunaan akun kamu di masa depan nanti.

5            Izin mengakses data lokasi

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengaktifkan gps agar aplikasi dana dapat mengakses data lokasi kamu. Kamu bisa mengizinkannya atau pun tidak. Untuk tidak memberikan akses tekan lain kali.

6            Kode promo

Kamu bisa memasukkan kode promo jika kamu atau temanmu yang sudah bergabung sebelumnya memilikinya, jika tidak maka kamu bisa melewatinya.

7            Masukkan identitias diri

Masukkan nama panggilanmu yang akan digunakan di aplikasi dana nanti.  Dan juga secara opsional kamu bisa mengunggah foto yang ingin ditampilkan di profil kamu,jika kamu tidak menginginkannya, kamu bisa tidak memasukkan foto jika kamu. Jika sudah selesai kamu menekan tombol daftar yang terletak di pojok kanan atas.

8            Masukkan pin

Masukkan kombinasi angka yang ingin kamu jadikan sebagai PIN keamanan kamu, setelah itu nanti kamu akan diminta memasukkan kembali kombinasi PIN yang sudah kamu masukkan sebelumnya untuk verifikasi. Kode PIN ini sangat penting dan rahasia sehingga sebisa mungkin untuk tidak membagikannya kepada orang lain.

9            Selesai

Jika sudah selesai maka selamat kamu sudah memiliki akun dana dan dapat menggunakannya untuk melakukan transaksi secara cashless atau mendapatkan promo yang disediakan oleh pihak dana.

Demikianlah tutorial cara mendaftar akun dana semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu.

 

Penulis : Randhi


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia